Harian Nusantara

Contoh Teks Prosedur

surat 276 View

Ketika seseorang tidak mengetahui suatu cara melakukan sebuah hal, maka di orang tersebut harus mencari tahu dengan membaca atau menononton tutorial. Tutorial sendiri tak jauh beda dengan yang dinamakan teks prosedur. Dalam bahasa Indonesia, teks prosedur memiliki arti sebuah ulasan yang menjelaskan mengenai langkah-langkah melakukan sesuatu. Tujuan dari teks prosedur sendiri adalah untuk menjelaskan step by step dalam melakukan suatu hal.

Kerap kita jumpai di dalam sebuah bungkusan makanan seperti mie instan, pada bungkus belakang biasanya terdapat cara memasak mie instan. Nah, cara memasak mie instan yang ada pada bungkus belakang tersebut merupakan salah satu contoh teks prosedur. Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara detail mengenai apa itu teks prosedur beserta dengan beberapa contohnya.

Pengertian Teks Prosedur

Sebelum membahas lebih dalam mengenai teks prosedur, alangkah baiknya kita membedah terlebih dahulu definisi dari teks prosedur. Teks prosedur secara sederhana bisa di artikan sebagai sebuah tulisan yang menjelaskan mengenai melakukan suatu hal atau langkah-langkah dan cara melakukan sesuatu. Sesuatu dalam hal ini bersifat universal dan bisa apa saja.

Secara umum teks prosedur terdiri atas sebuah kalimat perintah yang di kombinasi dengan kalimat imperatif. Selain itu, teks prosedur biasanya terdapat kata kerja aktif dan juga kata konjungsi atau penghubung sehingga step by step yang di jelaskan pada teks prosedur tersebut dapat bekerja dengan maksimal. Dan sebuah kata prosedur biasanya menggunakan kata keterangan semisal waktu dan tempat atau suasana.

Loading...

Kaidah Kebahasaan Teks Prosedur

Sama seperti jenis teks lain, teks prosedur juga memiliki kaidah bahasa tersendiri. Biasanya, teks prosedur menggunakan konjungsi temporal atau kata penghubung yang memberi pertanyaan sebuah waktu dari kegiatan. Kata konjungsi temporal tersebut antara lain adalah kemudian, berikutnya, selanjutnya dan lain sebagainya.

Kaidah kebahasaan dari teks prosedur berikutnya adalah tingkah laku dan verba material. Verba material bisa di artikan secara sederhana sebagai kata kerja yang aktif.  Untuk verba tingkah laku adalah tindakan yang dilakukan oleh subjek dengan menggunakan sebuah kata ungkapan untuk menggambarkan tingkah laku.

Kaidah lain dari teks prosedur adalah partisipan manusia. Dalam teks prosedur di butuhkan partisipan manusia untuk melakukan step by step yang tertulis di dalam teks prosedur tersebut. Dan kaidah berikutnya dari teks prosedur adalah kerja imperatif. kerja imperatif  ini bisa di artikan secara mudahnya sebagai ungkapan perintah atau juga sebuah larangan.

Contoh Teks Prosedur Sederhana

Setelah kamu mengetahui definisi dari teks prosedur dan juga tentang kaidah kebahasaan yang melekat pada sebuah teks prosedur, berikutnya akan kami berikan beberapa contoh teks prosedur sehingga kamu bisa lebih memahami teks prosedur tersebut. Berikut ini adalah beberapa contoh teks prosedur yang bisa kamu perhatikan dengan seksama. Contoh teks prosedur di bawah ini bisa kalian simak untuk dijadikan referensi saat menulis teks prosedur :

1. Contoh Teks Prosedur Mengoperasikan Vacuum Cleaner

Vacuum cleaner merupakan sebuah alat atau mesin yang digunakan untuk membersikan ruangan dengan cara menyedot debu-debu pada ruangan tersebut. Bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara menggunakan vacuum cleaner, berikut ini akan kami jelaskan step by step cara menggunakan alat vacuum cleaner untuk membersihkan ruangan dari debu-debu.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menyolokan kabel vacuum cleaner ke stop kontak.
  • Setelah itu kamu klik tombol ON yang terdapat pada mesin vacuum cleaner tersebut.
  • Jika mesin vacuum cleaner tersebut telah menyala atau ON, maka kamu bisa langsung dekatkan pada ruang atau tempat yang penuh debu dan ingin kamu bersihkan.
  • Setelah vacuum cleaner selesai kamu gunakan, maka kamu bisa langsung klik tombol OFF pada mesin vacuum cleaner dan cabut kabel dari stop kontak.

2. Contoh Teks Prosedur Cara Menggunakan Senter Tangan

Senter merupakan alat yang digunakan untuk menyorotkan sinar ketika berada di sebuah keadaan atau ruangan yang gelap. Berikut ini adalah cara menyalakan senter dengan baik dan benar.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masukan baterai terlebih dahulu pada badan dari senter tersebut.
  • Setelah baterai kamu masukan pada senter, langkah berikutnya adalah kamu klik tombol ON pada badan senter dan senter sudah menyala.

3. Contoh Teks Prosedur Mencuci Motor

Mencuci motor merupakan sebuah aktivitas yang bisa di lakukan ketika motor sudah terasa kotor penuh dengan debu yang menempel. Berikut ini adalah contoh prosedur dalam mencuci motor dengan baik dan benar.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengguyur motor dengan merata mulai dari bagian depan hingga bagian belakang.
  • Setelah itu kamu gunakan sabun dan busa untuk membersihkan body motor dengan cara di gosok-gosok secara merata dan menyeluruh.
  • Langkah berikutnya jika telah selesai menggosokan sabun pada body motor, kamu bisa gunakan air dari selang untuk menyemprot dan membersihkan motor tersebut agar lebih mudah.
  • Setelah semua busa hilang dan tidak meninggalkan bekas, langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mengelap motor tersebut dengan kain kering
  • Maka motor mu sudah bersih mengkilap seperti baru pertama kali turun dari dealer.

4. Contoh Teks Prosedur Menyalakan Motor Matic

Motor matic merupakan jenis motor yang terbilang mudah digunakan tanpa perlu mengatur gigi ataupun kopling. Meskipun motor matic gampang di gunakan, akan tetap masih banyak yang belum tahu bagaimana cara menyalakan motor matic. Berikut ini adalah prosedur dalam menyalakan motor matic yang baik dan benar ketika ingin menggunakan motor matic :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memasukan kunci pada kontak motor tersebut. Setelah kunci masuk kamu arahkan ke arah kanan.
  • Motor matic akan menyala. Jika motor sudah menyala langkah berikutnya adalah kamu naikan standar motor terlebih dahulu. Karena motor matic tidak akan berjalan jika masih dalam keadaan di standar.
  • Setelah standar di naikan, kamu tekan tombol starter yang berada di sebelah kanan. Maka motor matic sudah menyala dan siap di jalankan.

5. Contoh Teks Prosedur Cara Membuat Mie Instan Goreng

Mie goreng merupakan makanan instan yang memiliki rasa nikmat dan lezat. Terlebih bagi anak kost di akhir bulan ketika menyantap mie goreng berasa menjadi orang yang paling spesial dan istimewa. Berikut ini adalah prosedur dalam memasak mie goreng instan dengan baik dan benar.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka bungkus mie goreng instan tersebut.
  • Pisahkan mie dengan bumbu sehingga akan mudah untuk dapat melakukan step berikutnta.
  • Langkah selanjutnta adalah nyalakan kompor gas yang telah di taruh tempat memasak dengan air yang secukupnya saja.
  • Sembari menunggu air sedikit panas, kamu buka dan tuangkan semua bumbu-bumbu mulai dari penyedap rasa, saus, kecap dan juga minyak ke dalam piring atau mangkuk. Khusus untuk bumbu kriuk akan di tabur setelah mie instan matang.
  • Setelah itu kamu masukan mie pada tempat memasak tersebut. Biarkan beberapa menit sampai mie goreng instan tersebut matang.
  • Langkah selanjutnya setelah mie goreng instan matang adalah kamu tiriskan mie tersebut dan buang semua air hasil rebusan tadi.
  • Setelah mie di tiriskan, berikutntya adalah kamu taruh mie goreng tersebut pada piring yang telah di tuangkan bumbu-bumbu.
  • Aduk-aduk mie dengan bumbu-bumbu tersebut hingga mencampur dengan merata dan menyeluruh.
  • Setelah mie dan bumbu tercampur, tahap terakhir adalah dengan menaburkan bumbu kriuk diatas mie goreng agar lebih nikmat.
  • Maka mie goreng instan sudah dapat engkau santap

Contoh Teks Prosedur Kompleks

Teks prosedur kompleks berbeda dengan teks prosedur yang telah kamu lihat contohnya diatas. Kalau contoh diatas merupakan teks prosedur yang simple dan juga sederhana, lain hal dengan teks prosedur kompleks yang lebih khusus dan menjelaskan secara spesifik dengan runut. Beberapa contoh dari teks prosedur kompleks bisa kalian lihat referensinya di bawah ini :

1. Prosedur Membuat KTP Elektronik

KTP elektronik merupakan kartu tanda penduduk yang di keluarkan oleh pemerintah Indonesia. Kartu tersebut hanya perlu dibuat sekali dalam seumur hidup tanpa perlu melakukan perpanjangan. Berikut ini adalah persyaratan yang harus di penuhi dalam membuat kartu tanda penduduk atau KTP Elektronik.

  • Warna negara Republik Indonesia
  • Telah berusia 17 tahun ke atas
  • Membawa surat keterangan/pengantar dari RT/RW dan Desa atau kelurahan
  • Fotocopy kartu keluarga atau KK
  • Kutipan akte kelahiran penduduk
  • Pas foto dengan ukuran 3×4

Setelah semua syarat di penuhi, maka penduduk yang akan membuat kartu tanda penduduk atau ktp elektronik harus mendatangi kantor sipil atau kecamatan terdekat guna melakukan pembuatan ktp elektronik. Berikut adalah langkah-langkah membuat kartu tanda penduduk atau ktp elektronik.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengisi formulir yang di sediakan oleh pihak perangkat kelurahan. Kamu isi semua kolom yang ada di formulir tersebut.
  • Setelah itu kamu datang dan mengambil nomer antrean untuk membuat ktp elektronik. Kamu tunggu sampai nomer antrean mu di panggil oleh pihak kelurahan.
  • Jika kamu telah di panggil oleh petugas kelurahan, maka tahap selanjutnya adalah kamu mengisi data diri secara digital. Biasanya petugas akan membantu mengisikan formulir F1.01.
  • Langkah selanjutnya adalah kamu bubuhkan tanda tangan pada alat perekam yang di tunjukan oleh petugas.
  • Setelah itu petugas akan mengarahkan kamu untuk merekam retina mata mu menggunakan alat yang ada di kantor kelurahan tersebut.
  • Jika sudah maka kamu akan mendapatkan surat untuk pengambilan ktp elektronik ketika ktp tersebut sudah selesai cetak. Harap pastikan bahwa surat tersebut telah mendapat stempel dari petugas.
  • Setelah kurang lebih selama dua minggu kamu bisa datang lagi ke kantor kelurahan guna mengambil kartu tanda penduduk atau ktp elektronik dengan membawa surat yang kamu dapatkan waktu pembuatan ktp tersebut.

2. Prosedur Membuat SIM C

SIM C merupakan surat izin mengemudi untuk jenis kendaraan sepeda motor. SIM C ini harus di miliki oleh seseorang yang ingin mengendarai sepeda motor. Namun, untuk membuat SIM C ini seseorang perlu memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Berikut ini adalah persyaratan dan prosedur dalam membuat SIM C.

  • Menyiapkan terlebih dahulu dokumen-dokumen seperti fotocopy KTP sebanyak lima eksemplar atau lembar.
  • Menyiapkan surat keterangan cek kesehatan yang biasanya di lakukan di polsek tempat pembuatan SIM C.
  • Dokumen dan surat cek kesehatan kemudian kamu serahkan pada loket pendaftaran. Maka kamu akan mendapatkan formulir yang harus kamu isi secara lengkap dan benar.
  • Formulir tersebut kemudian kamu serahkan kepada petugas dan kamu akan mendapatkan bukti penyerahan formulir. Bukti tersebut akan digunakan sebagai syarat untuk mengikuti tahap tes berikutnya.
  • Tahap berikutnya adalah mengikuti tes teori yaitu berupa pemahaman dasar mengenai rambu-rambu lalu lintas. Apabila kamu berhasil menjawab semua pertanyaan, maka kamu lolos dan selanjutnya adalah mengikuti tahap tes praktek.
  • Setelah itu kamu tulis nama pada buku registrasi tes praktek. Tes praktek yang harus kamu selesaikan antara lain adalah lurus, zig-zag, angka 8, dan bidang oval. Jika tes gagal maka kamu harus mengulangi lagi di hari esok.
  • Namun, jika kamu berhasil menyelesaikan semua tes tersebut maka kamu dinyatakan lolos. Setelah lulus maka kamu datang ke loket pembayaran dengan menyerahkan berkas-berkas yang telah kamu bawa tadi dan membayar uang adminitrasi sebesar 100 ribu rupiah dan 30 ribu rupiah untuk biaya asuransi.
  • Langkah berikutnya adalah kamu melakukan entri data dan juga melakukan foto untuk SIM C tersebut.
  • Jika semua tahap sudah selesai maka kamu hanya tinggal menunggu SIM C tersebut selesai di cetak dan kamu sudah bisa mengambil SIM C milik mu tersebut.

3. Prosedur Membuat Rekening Bank Baru

Rekening Bank merupakan buku tabungan yang bisa digunakan untuk menabung, transfer uang dan penarikan tunai. Membuka rekening Bank baru sebenarnya sangatlah mudah. Prosedur yang berlaku dalam pembuatan rekening Bank baru bisa kalian simak berikut ini :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan dokumen berupa ktp elektronik dan uang sebesar 500 ribu rupiah untuk saldo awal rekening bank milik mu.
  • Setelah itu kamu datangi kantor bank terdekat dan mengambil nomor antrean. Tunggu nomor antrean mu di panggil oleh teller bank.
  • Jika kamu telah di panggil oleh teller bank maka langkah berikutnya adalah kamu menyerahkan dokumen ktp elektronik dan juga uang sebesar 500 ribu rupiah tadi untuk saldo awal rekening bank.
  • Teller bank akan memberikan formulir yang harus kamu isi dengan baik dan benar. Setelah kamu mengisi formulir tersebut kemudian kamu di suruh membuat pin untuk kartu atm bank milik mu.
  • Jika sudah selesai maka buku tabungan rekening bank dan juga kartu atm tersebut sudah siap digunakan.

4. Prosedur Mengirim Paket Ke JNE

JNE merupakan salah satu jasa ekspedisi yang bisa kamu gunakan untuk mengirim paket berupa barang ke alamat yang kamu inginkan. Untuk dapat mengirimkan barang melalui jasa ekspedisi JNE kamu perlu mengikuti syarat dan prosedur yang berlaku di jasa ekspedisi JNE tersebut. Berikut ini adalah prosedur mengirim paketan ke jasa ekspedisi JNE.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengemas atau packing barang yang ingin kamu kirimkan tersebut dengan kemasan yang rapi dan rapat.
  • Setelah itu kamu datangi kantor JNE terdekat yang ada di kota atau tempat tinggal mu.
  • Tahap berikutnya adalah petugas akan meminta kamu untuk menyebutkan data diri dari pengirim dan penerima barang.
  • Langkah berikutnya kamu membayar sejumlah uang yang sesuai dengan berat barang dan ongkos kirim yang berlaku di JNE tersebut.
  • Jika semua sudah di lakukan, maka barang tersebut akan segera di kirimkan menuju alamat penerima dalam beberapa waktu ke depan.

5. Prosedur Membuat SKCK

SKCK merupakan surat yang digunakan untuk dapat melamar pekerjaan. Biasanya perusahaan atau kantor memberi syarat untuk dapat di terima bekerja adalah telah cukup umur dengan di lampirkan bukti berupa SKCK tersebut. Untuk dapat membuat SKCK kamu harus mengikuti syarat dan prosedur yang berlaku. Berikut ini adalah syarat dan prosedur dalam pembuatan SKCK.

Persyaratan SKCK

  • KTP
  • Kartu Keluarga
  • sebanyak 10 lembar Pas Foto 4×6 dengan background berwarna merah
  • Akta Kelahiran
  • Biaya Administrasi 30.000
  • Surat Pengantar Dari Desa atau Kelurahan

Setelah syarat tersebut kamu lengkapi maka tahap berikutnya adalah mengikuti langkah-langkah yang akan kami jelaskan di bawah ini.

  • Langkah pertama adalah mendatangi kantor kepolisian terdekat dari tempat tinggal kamu saat ini
  • Setelah itu kamu masuk di ruangan pendaftaran SKCK dan kamu serahkan semua persyaratan kepada petugas yang berjaga
  • Kamu akan di berikan formulir pendaftaran dan kamu isi formulir tersebut sesuai dengan data pribadi yang ada di ktp milik mu
  • Kemudian kamu melakukan pengecekan sidik jari dengan biaya adminitrasi sebesar 5 ribu rupiah Kamu akan di berikan berkas sidik jari dan kamu bawa pada ruangan pendaftaran SKCK
  • Tahap terakhir adalah membayar biaya admnitrasi sebesar 30 ribu rupiah maka SKCK milik mu sudah jadi dan bisa kamu gunakan untuk melamar pekerjaan
  • Sebanyak 10 lembar SKCK kalian legalisir. SKCK tersebut berlaku selama kurun waktu 6 bulan dan setelah 6 bulan maka kamu harus memperpanjang SKCK tersebut

Contoh Teks Prosedur Protokol

Teks prosedur protokol adalah sebuah teks prosedur yang memberikan kemudahan dalam memahami step by step dari penjelasan teks tersebut. Agar lebih jelas, beberapa contoh teks prosedur protocol lebih jelas dan lengkapnya simak di bawah ini :

1. Prosedur Membuat Akun Gmail

Gmail adalah sebuah platform surat elektronik yang di ciptakan google untuk memudahkan pengguna dalam berkomunikasi dengan relasi. Langkah-langkah dalam membuat akun Gmail bisa kalian lakukan dengan step berikut ini :

  • Langkah pertama adalah masuk ke web browser.
  • Kemudian ketikan gmail pada kolom pencarian dan klik pada web yang paling atas.
  • Setelah masuk ke beranda dari situes gmail, kamu cari menu atau link create an account gmail.
  • Kamu akan di perintah untuk mengisi formulir berupa data diri dengan lengkap dan benar sesuai identitas mu.
  • Setelah itu kamu klik halaman konfirmasi dan masukan nomer telepon mu yang masih aktif.
  • Pihak google akan mengirimkan kamu kode verivifikasi untuk dapat mengaktifkan akun gmail tersebut.

2. Prosedur Memasang Tenda

Naik gunung merupakan aktivitas yang menyenangkan. Terlebih setelah bersusah payah mendaki hingga sampai puncak, maka kelelahan tersebut akan terbayar lunas ketika sudah sampai di puncak gunung. Dalam naik gunung di perlukan skill untuk memasang tenda. Prosedur memasang tenda yang baik dan benar dapat kalian lakukan dengan berapa langkah berikut :

  • Persiapkan terlebih dahulu peralatan semisal tenda dan juag tiang penyangga.
  • Langkah berikutnya adalah meletakan tenda bagian punggug pada paling atas.
  • Kemudian kamu pasang tiang penyangga dan juga patok tenda.
  • Langkah selanjutnya kamu tegakan tiang penyangga dan ikat dengan kuat pada setiap sudut patok tenda.
  • Tiang depan kamu ikat pada patok yang telah di pasang dan ikat dengan kuat menggunakan tali.
  • Kemudian kamu ikatka sudut-sudut tenda pada patok yang telah kamu pasang dengan kuat.
  • Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mamasukan tiang penyangga pada sudut tenda.

3. Prosedur Mendownload Video Dari Youtube

Youtube merupakan platform untuk menonton video yang paling populer di Indonesia dan di seluruh dunia. Youtube sayangnya tidak memfasilitasi pengguna untuk mendownload atau mengunduh video di platformnya. Kamu tetap bisa mendownload video di youtube dengan cara mengikuti step by step yang akan kami jelaskan di bawah ini.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke platform youtube dan cari video yang ingin kamu download.
  • Kamu klik video tersebut, pada halaman link bar yang ada di atas kamu tambahakan kata “ss” di depan kata “youtube”.
  • Setelah itu kamu klik enter dan kamu akan di bawa menuju halaman download.
  • Pada halaman download tersebut kamu pilih kualitas video yang ingin kamu download.
  • Setelah terpilih kamu klik download maka video tersebut segera terunduh dan kamu bisa menontonnya tanpa perlu koneksi internet.

4. Prosedur Membuat Akun Sosial Media Twitter

Twitter adalah platform sosial media yang banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Twitter masih terbilang cukup populer sampai hari ini. Kebanyakan isi twitter biasanya adalah joke-joke receh dan sarkastik yang bikin ketawa. Bagi kamu yang belum memiliki akun twitter, berikut ini adalah cara membuat akun twitter.

  • Langkah pertama adalah masuk website dari twitter yaitu twitter.com.
  • Setelah itu kamu klik sign up pada halaman beranda dari twitter tersebut.
  • Langkah berikutnya adalah kamu isi semua form yang di sediakan pada halaman twitter dan setelah terisi kamu klik sign up.
  • Kamu akan di bawa ke halaman registrasi awal twitter dan pada halaman tersebut kamu klik Ayo pada halaman ini.
  • Twitter akan merekomendasikan minat yang mungkin akan kamu sukai untuk di follow.
  • Setelah itu kamu follow 40 akun twitter terlebih dahulu sesuai dengan yang kamu inginkan.
  • Langkah berikutnya adalah kamu pasang foto profil pada akun twitter milik mu tersebut.
  • Langkah terakhir adalah kamu masukan alamat email untuk melakukan verifikasi dan jika sudah maka akun twitter mu sudah bisa digunakan untuk posting.

5. Prosedur Transfer File HP Android

Transfer file ke HP Android sebenarnya sangatlah mudah dilakukan. Sebelum secanggih sekarang dulu jika ingin mengirim file maka perlu menggunakan bluetooth. Sekarang sudah ada aplikasi yang bisa digunakan untuk mengirim file dengan sangat cepat. Berikut ini adalah cara menggunakan aplikasi share it untuk mengirim file dari ponsel android.

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah buka aplikasi share it yang telah kamu unduh dan instal tersebut.
  • Setelah itu kamu klik tulisan send atau kirim pada halaman beranda dari aplikasi share it.
  • Jika kamu ingin mengirim aplikasi, maka kamu klik bagian aplikasi. Begitu juga jika kamu ingin mengirim file foto, video, audio maka kamu klik pada bagian file tersebut.
  • Setelah itu kamu klik file yang kamu inginkan dan langkah berikutnya adalah klik kirim.
  • Aplikasi share it akan mencari perangkat ponsel terdekat dan kamu klik ikon ponsel dari pengguna lain yang ingin kamu kirimkan file tersebut.
  • Jika file tidak terlalu besar maka hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja file tersebut sudah terkirim.

6. Prosedur mematikan ponsel android

Ponsel android merupakan teknologi yang bisa mendekatkan yang jauh dan bisa menjauhkan yang dekat. Jika ponsel android mu terasa panas ketika di pegang, maka kamu harus mematikan terlebih dahulu ponsel android tersebut. Berikut ini adalah prosedur mematikan ponsel android yang baik dan benar.

  • Langkah pertama adalah kamu tutup semua aplikasi yang sedang di jalankan.
  • Setelah itu kamu klik tombol on off yang berada di samping kanan.
  • Tekan tombol tersebut beberapa saat sampai muncul pilihan menu di layar ponsel mu.
  • Kamu pilih menu yang paling atas yaitu matikan daya. Setelah itu maka ponsel mu secara otomatis akan menonaktifkan sendiri.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019