Harian Nusantara

Rekomendasi 9 Minuman Untuk Meredakan Batuk Dengan Bahan Alami

rekomendasi 105 View

Rekomendasi 9 Minuman Untuk Meredakan Batuk Dengan Bahan Alami

Apa cara yang aman dan efektif untuk mengobati batuk tanpa obat? Pada artikel ini, kami akan menunjukkan beberapa rekomendasi minuman untuk meredakan batuk dengan menggunakan bahan alami.

Batuk adalah mekanisme fisiologis yang melindungi tubuh, tetapi juga bisa merupakan gejala dari sejumlah penyakit lain. Batuk yang terus-terusan dan bertahan lama sering menyebabkan masalah dalam kehidupan sehari-hari.

Pada artikel ini kami ingin memperkenalkan kepada Anda beberapa pengobatan rumahan yang paling efektif untuk mengobati batuk, dan sudah terbukti banyak yang telah menerapkannya dan berhasil meredakan batuk.

Loading...

1. Air hangat

Air hangat adalah minuman yang baik untuk penderita batuk dan sakit tenggorokan. Air hangat membantu melarutkan, melonggarkan dahak, dan membantu membersihkan lendir serta menghangatkan tenggorokan. Karena itu, ketika batuk dan sakit tenggorokan, yang terbaik adalah minum air hangat setiap hari untuk meredakan batuk.

Seperti yang direkomendasikan oleh para ahli, pasien harus minum 2 – 2,5 liter air per hari. Tergantung pada kondisi setiap orang, Anda harus menggunakan jumlah air yang sesuai. Minum terlalu sedikit atau terlalu banyak juga tidak baik dan dapat mempengaruhi kesehatan.

2. Cara mengobati batuk dengan jahe

Jahe telah lama dianggap sebagai minuman meredakan batuk yang sangat baik. Jahe merupakan bahan alami yang terkenal dalam mengobati batuk jangka panjang karena perubahan cuaca, masuk angin, batuk kering, batuk jangka panjang yang tidak kunjung sembuh.

Cara mengobati batuk dengan jahe sesederhana: jahe dicuci dan dipanggang sampai kulit jahe hangus.

Lalu, kupas kulitnya, hancurkan dan ekstrak airnya, tambahkan madu dan minuman jahe hangat siap untuk diminum.

Untuk mengobati batuk dengan minuman jahe segar paling baik, Anda harus menghangatkan air jahe hingga hangat sebelum diminum. Setelah 2 hingga 3 hari, batuk akan mereda dan sembuh.

3. Cara mengobati batuk dengan bawang putih

Kombinasi bawang putih dan madu adalah cara paling aman dan paling aman untuk mengobati batuk.

Yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan 4-5 siung bawang putih, dilumatkan dan dicampur dengan madu lalu direbus. Rebus sampai Anda air berwarna kehitaman, lalu angkat dan biarkan hingga dingin.

 

Gunakan minuman obat ini secara teratur 2-3 kali / hari, gunakan 1-2 sendok kecil akan mengurangi batuk dengan sangat cepat.

4. Cara menyembuhkan batuk dengan jeruk nipis atau lemon

Cara menggunakannya sebagai berikut: Anda harus merendam lemon dengan air garam encer selama 15 menit dan kemudian rebus. Ketika lemon direbus, bahan-bahan dalam lemon akan membentuk efek antiseptik, yang bermanfaat unutk mengobati batuk dan sakit tenggorokan dengan sangat baik.

Untuk membantu pengobatan batuk yang lebih baik, Anda harus menambahkan madu saat akan dikonsumsi. Kombinasi ini akan berfungsi untuk menghangatkan paru-paru, mengurangi batuk, mengurangi suara serak bagi pasien.

5. Teh chamomile

Salah satu minuman untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan yang tidak bisa diabaikan adalah teh chamomile. Chamomile mengandung antioksidan, memiliki kemampuan untuk menghilangkan peradangan, mendukung penyembuhan luka dan merangsang penyembuhan kulit. Selain itu, jenis bunga ini juga memiliki efek sedatif, mengurangi gejala sendawa, mulas, muntah dan mual penyakit perut.

Untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan dengan teh chamomile, pasien dapat meminum 1 cangkir teh chamomile setiap hari di pagi hari. Cara melakukan hal berikut:

  • Masukkan air mendidih ke dalam cangkir, tambahkan beberapa bunga chamomile atau kantong teh chamomile kering
  • Setelah 5 – 10 menit, keluarkan kantong teh atau chamomile
  • Tambahkan sedikit madu agar mudah minum dan untuk meningkatkan efektivitas pengobatan.

Catatan: Untuk menghilangkan kafein teh, bilas teh dengan air mendidih selama setengah menit dan kemudian buang airnya. Setiap hari hanya minum 1-2 cangkir teh kecil, karena jika terlalu banyak menggunakan dapat menyebabkan efek samping seperti mengantuk, mual, keguguran dan kelahiran prematur untuk wanita hamil.

6. Madu – pengobatan batuk dan sakit tenggorokan yang efektif

Madu tidak hanya dikenal untuk banyak kegunaan dalam perawatan kulit tetapi juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki gejala yang disebabkan oleh sakit tenggorokan seperti batuk berdahak, sakit tenggorokan, dan suara serak . Selain itu Madu juga memiliki sifat antibakteri yang kuat yang membantu tubuh membunuh bakteri yang menyebabkan infeksi.

Untuk mengobati batuk dan sakit tenggorokan, Anda bisa mencampurkan sedikit cuka sari apel dengan madu ke dalam secangkir air hangat. Minum secara teratur sehari sekali di pagi hari maka Anda akan melihat gejala ini membaik secara signifikan. Metode ini hanya cocok untuk diatas 3 tahun dan orang dewasa. Karena madu mengandung spora bakteri toksik, madu dapat memengaruhi kesehatan anak-anak, terutama anak-anak di bawah 1 tahun.

7. Jeruk Nipis atau Lemon dan madu

Jeruk nipik atau lemon dan madu telah lama dianggap sebagai obat yang berharga untuk meredakan batuk. Kulit dan daun lemon mengandung banyak minyak atsiri yang efektif dalam mengobati batuk, sakit tenggorokan, flu, dan demam, sehingga sering dimasukkan dalam komposisi minuman limun. Jeruk mengandung banyak vitamin A, B1, B2, terutama vitamin C , memiliki efek pendinginan, diuretik, anti-inflamasi, detoksifikasi. Selain itu, lemon mengandung kandungan asam tric (sekitar 8% dari berat kering) yang signifikan sehingga sangat efektif dalam mencegah batukn dan suara serak. .

Ketika direndam dengan madu, efektivitas jus lemon akan meningkat pesat, karena madu memiliki sifat antiseptik dan efektif mengobati sakit tenggorokan. Dengan minuman jeruk nipis dan madu kalian bisa meminumnya di pagi hari campurkan 1 cangkir air hangat 30 derajat C + 1 sendok teh madu dan 1 irisan jeruk nipis/lemon. Minumlah segera setelah bangun tidur.

8. Nanas

Menurut penelitian, ketika mencampur jus nanas dengan madu, dan garam dapat membantu melarutkan lendir di paru-paru pasien TB. Dalam kasus lain, para peneliti juga menemukan bahwa ekstrak nanas mampu mengurangi lendir di paru-paru lima kali lebih cepat daripada obat batuk, terutama mampu mengurangi gejala batuk kering.

Nanas efektif dalam meredakan batuk karena dua alasan: Pertama, nanas mengandung bromelain, enzim yang memiliki efek antiinflamasi dan pencernaan. Selain itu, nanas juga mengandung sejumlah besar mangan, membantu membentuk jaringan ikat dan meningkatkan fungsi saraf, sehingga membantu mencegah batuk dan mengurangi penumpukan lendir di paru-paru.

Anda dapat membuat minuman nanas dengan sangat sederhana: Siapkan blender untuk mencampur  1 cangkir jus nanas, 1/4 cangkir jus lemon segar, 1 potong jahe, 1 sendok makan madu dan 1/2 sendok makan lada Cayenne. Setiap minum 1/4 gelas, 2-3 kali sehari dan minum secara teratur setiap hari.

9. Madu dan Sereh

Ambil segenggam daun sereh yang sudah dicuci, masukkan ke dalam mangkuk, campur dengan madu, lalu rebus air sampai kedua bahan ini tercampur rata, saring airnya dan minumlah segera. Daun sereh yang dikombinasikan dengan madu akan membantu menghilangkan dahak dan meredakan bantuk serta sakit tenggorokan dengan sangat baik.

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019