Harian Nusantara

Fungsi alat berat scapper

review produk 155 View

Fungsi alat berat scapper

Nama scraper mungkin tidak sefamiliar dozer ataupun crane. Tetapi fungsi scraper langsung sekaligus ada beberapa yaitu melakukan pengerukan, mengangkut, serta membongkar hasil muatan untuk kemudian diratakan. Perataan tanah ini bisa dilakukan menjadi beberapa lapisan oleh scraper. Karena scraper juga sebagai alat untuk mengangkut maka jarak tempuh scraper ini relatif cukup panjang sekitar 2000 meter.

Arti dari alat berat scraper

Scraper merupakan alat berat yang umumnya digunakan pada sebuah proyek yang difungsikan untuk alat pengeruk tanah, menangangkut tanah dan memindahkan tanah yang telah dikeruk. Alat ini bisa dioperasikan untuk alat angkut dengan jarak tempuh yang relatif jauh sekitar (+- 2.000) pada tanah datar dengan menggunakan alat penggerak roda ban.

Loading...

Fungsi dan manfaat alat berat scraper

Fungsi dari alat scraper ini adalah untuk memudahkan proses pengerukan tanah, mengangkut tanah dan menaburkan tanah hasil dari proses pengerukan tanah di suatu tempat yang digarap.

Berdasarkan tipenya, scraper biasanya dikelompokkan menjadi 3 yaitu :

Towed scraper

Ini adalah alat berat scraper yang memiliki kekuatan mesin sampai 300 hp lebih dan memiliki daya angkut material yang di bawanya sebanyak 8 sampai 10 meter kubik. Dalam prakteknya towed scraper banyak dibantu dengan alat dozer. Walopun alat ini bekerja lamban, tetapi mempunyai kelebihan. Diantaranya adalah :

  • Bisa mengangkut ‘heavy load’
  • Perputarannya hanya dalam radius kecil
  • Dapat melakukan penyebaran material secara merata tanpa dibantu alat lain
  • Tidak memerlukan biaya yang besar pada saat pembukaan lahan.

Motorized scraper / scraper bermotor

Motorized scraper ini mempujyai kekuatan sekitar 500 hp atau lebih dan untuk kecepatan dari alat berat ini bisa mencapai 60km per jam karena scaper ini menggunakan alat penggerak ban di bagian depan dan belakangnya. Daya tampung motorized scraper ini bisa menampung 15-30m kubik. Akan tetapi motorized scraper ini memiliki kelemahan yaitu daya cangkram ban terhadap tanah kurang baik, sehingga dalam pengoperasiannya scraper jenis ini membutuhkan bantuan crawler tractor yang dilengkapai dengan pisau ataupun scraper lain. Pengoperasian motorized scraper dengan menggunakan alat bantu ini bisa dilakukan dengan menggunakan dua cara yaitu :

Push loaded

Yaitu alat bantu ini hanya dipakai pada saat melakukan pengerukan dan pengisian tanah. Ketika bak penampung telah terisi penuh, maka alat berat scaper ini dapat bekerja dengan sendirinya. Dengan melihat kondisi seperti ini, maka alat bantu dapat dipakai oleh beberapa scraper lain. Jarak tempuh dari alat scaper ini bisa mencapai 3KM dengan bantuan alat bantu.

 

Push pull

Adalah dua alat scraper dapat dioperasikan secara bersamaan dimana keduanya salung membantu untuk melakukan pengerukan. Caranya yaitu scapar pada bagian belakang akan mendorong scapaer yang di depannya untuk melakukan proses pengerukan.

Self loading scraper

Self loading scraper ini diperlukan jika jika lahan yang akan diangkat top soilnya terlalu luas dan kedua alat scraper diatas tidak bisa memuat sendiri hasil pengerukannya maka scraper ini dilengkapi conveyor untuk dapat memuat tanah.

Jenis scaper ini umumnya difungsikan untuk beratakan tanah yang sedang digarap. Tetapi pekerjaan ini hanya bisa dilakukan jarak pendek saja. Jika jarak tempuh kurang dari 100 m, maka penggunaan alat ini bisa dibandingkan dengan dozer atau grader.

Cara mengoperasikan alat berat scraper

Cara kerja scraper ini dibagi kedalam tiga tahapan yaitu :

Tahap pengerukan dan pemuatan material

Biasanya tahap pengerukan dan pemuatan material ini dilakukan secara bersamaan. Pada saat melakukan pengerukan, bagian apron yang terdapat pada scraper terbuka sementara bagian bowl mempunyai fungsi seperti sekop yang bisa mengeruk bagian permukaan tanah yang dilewatinya. Hasil pengerukan dari tanah ini selanjutnya akan tersimpan di dalam bowl. Ketika bowl sudah penuh,maka  apron ini akan tertutup.

Tahap pengangkutan material.

Pada saat melakukan pengangkutan material, bowl ini akan terangkat sedikit ketika scraper sedang berjalan. Ini dimaksudkan agar bowl tidak mengenai material yang dilewatinya.

Tahap pembongkaran material.

Pada tahap ini biasanya scraper akan melakukan pembongkaran tanah sedikit demi swsikit secara merata. Pada waktu pembongkaran, apron ini bisa dibuka dan ditutup beberapa kali. Setelah material yang ada dibagian depan bowl kosong,  maka bagian ejector akan mendorong sisi material yang terletak dibelakang bowl.

  

Harga Alat Berat Scapper

Scraper di my.liytlesalesman.com

  • Harga Rp 1.310.899.700
  • Year 2000
  • Manufactured Catterpilar
  • Model 615 C II
  • Condition used
  • MLS number 9686995

 

Scraper di C-crepairs.com

  • Harga : $ 21.500.00
  • IT5-14B Terex scraper
  • Twin 6V53 Detroit engines or
  • We have one that has twin 4-71 Detroit diesel engine with optional push-pull unit

Scraper di Machines4u

  • Harga $95.000
  • Catterpilar 627B motor scraper
  • 1980 model
  • 14s series

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019