Harian Nusantara

Fungsi alat mikropipet

review produk 88 View

Fungsi alat mikropipet

semakin canggih teknologi maka semakin tinggi juga keinginan manusia dalam berinovasi untuk menunjang kehidupannya dalam berbagai aspek salah satu aspek yang paling penting adalah aspek kesehatan. Teknologi yang semakin maju membuat manusia lebih mudah dalam mengembangkan berbagai penemuan untuk dapat memecahkan permasalahan yang ada. Misalnya saja ketika para ilmuan menemukan obat untuk suatu penyakit maka akan mengujinya dulu di laboratorium sebelum di konsumsi oleh manusia. Untuk menunjang penelitian tersebut maka laboratorium memerlukan berbagai alat khusus yang memang hanya di gunakan untuk penelitian dan terjaga kebersihannya serta steril dari kuman. Salah satu alat di laboratorium yang cukup umum di gunakan adalah mikropipet.

Apa itu mikropipet?

Mungkin bagi sebagaian dari anda masyarakat umum dan masyarakat awam belum mengerti betul apa itu mikropipet, hal ini wajar karena mikropipet memang tidak digunakan untuk keperluan sehari-hari namun hanya di gunakan untuk kepentingan penelitian di laboratorium. Mikropipet adalah alat laboratorium yang masuk ke dalam kategori alat laboratorium basis atau umum seperti timbangan, mikroskop, wadah cairan dan lainnya. mikropipet sendiri digunakan untuk mengambil atau memindahkan cairan dari satu wadah ke wadah lainnya dalam jumlah yang sangat kecil bahkan kurang dari setetes namun tetap akurat. Perbedaan dari pipet biasa adalah jika mikropipet takarannya akurat dan sesuai timbangan namun pipet biasa biasanya tidak memiliki keakuratan yang pasti.

Loading...

Fungsi mikropipet

Ada beberapa fungsi mikropipet yang perlu anda ketahui terutama untuk anda yang bekerja dalam bidang penelitian laboratorium atau anda yang sedang belajar atau kuliah di jurusan kesehatan, kimia, fisika yang hubungannya dengan penelitian laboratorium. Berikut bebrapa fungsi mikropipet untuk lebih jelasnya.

Memindahkan cairan

Fungsi utama dari mikropipet dalam penelitian laboratorium adalah untuk memindahkan cairan dalam jumlah yang sangat kecil namun tetap akurat, dengan begitu kandungan cairan yang sedang diteliti akan akurat sesuai dengan kadarnya.

Ukuran cairan yang akurat

Selanjutnya mikropipet juga dapat digunakan sebagai ukuran yang akurat untuk cairan yang sedang di teliti di laboratorium, dengan begitu hasil penelitian nantinya akan akurat dan tidak meleset sedikitpun.

Alat pemindah cairan yang simpel

Mikropipet juga merupakan alat untuk memindah cairan yang simpel karena dalam mikropipet ini anda dapat mengatur volume cairan dengan menggeser atau mengatur skala volume yang terdapat pada batang pipet.

Jenis-jenis mikropipet

Mikropipet juga memiliki beberapa jenis tergantung penggunaanya, karena masing-masing mikropipet berbeda jenis dan keguanaanya. Berikut jenis-jenis mikropipet yang umum ada di laboratorium.

Micropipette single channel

Mikropipet single chanel ini adalah mikropipet yang hanya memiliki satu ujung untuk masuk dan keluar cairannya sehingga micropipette single chanel ini cocok untuk di gunakan pada penelitian yang misalnya hanya meneliti satu senyawa atau satu cairan saja.

Micropipette multi chanel

Selnjutnya selain single chanel juga terdapat micropipette multi chanel yakni micropipette yang memiliki lebih dari satu ujung untuk masuk dan keuarnya bahkan bisa dalam jumlah banyak. Micropipette ini sangat cocok untuk di gunakan untuk meneliti cairan maupun senyawa yang banyak dalam satu penelitian.

Bagian pada micropipette

Setelah anda mengetahui tentang micropipette beserta fungsi dan kegunaanya, anda juga perlu mengetahui bagian bagian micropipette sehingga anda dapat dengan mudah mengoperasikannya. Berikut bagian-bagian pada micropipette yang perlu anda ketahui.

  1. Tombol penekan yang berfungsi untuk menyedot maupun mengeluarkan cairan dari micropipette
  2. Tombol skala volume di gunakan untuk mengetahui seberapa banyak cairan yang masuk dan yang keluar dari micropipette ini secara akurat.
  3. Pipet tip sebagai ukuran keakuratan micropipette, dengan adanya pipet tip ini maka anda akan dengan mudah melihat apakah sudah akurat atau belum ukuran cairan yang akan anda teliti.
  4. Display merupakan bagian tampilan yang memberikan gambaran volum cairan yang ada pada micropipette.

Harga alat mikropipet

Untuk kalian yang membutuhkan alat kesehatan bernama alat mikropipet, kalian bisa membeli alat ini dengan harga alat mikropipet di toko online mulai dari 200 ribu sampai 2 juta bahkan lebih mahal juga ada.

Demikianlah beberapa ulasan dan penjabaran mengenai micropipette beserta fungsi dan kegunaanya serta jenis dan bagian-bagiannya yang perlu anda pahami sehingga anda dapat menggunakan micropipette ini sesuai kegunaanya dengan baik dan benar.

 

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019