Harian Nusantara

Fungsi alat musik tradisional gambus

review produk 104 View

Fungsi alat musik tradisional gambus

Bermain music menjadi kegemaran atau hobi tersendiri bagi sebagian besar orang, bahkan bagi orang yang tidak bisa bermain music pun banyak yang suka mendengarkan music. Karena music itu bersifat universal dan dapat mewakili perasaan pendengarnya, baik itu music yang bergenre pop, rock, jazz dan lainnya. music sudah ada sejak jaman dahulu bahkan sejak masa kerajaan, music sudah ada dan biasanya di gunakan sebagai salah satu ritual ataupun sebagai hiburan kerajaan dan rakyatnya. Setiap daerah di manapun memiliki ciri khas dan keunikan music tersendiri, begitupun di Indonesia. setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas music masing-masing.

Mengenal alat music gambus

Salah satu alat music tradisional dari Indonesia yang cukup popular dan menjadi ciri khas daerah di Indonesia adalah alat music gambus. Alat music gambus ini merupakan alat music tradisional khas melayu yang tersebar di daerah sumatera bahkan hingga ke Malaysia, namun lebih spesifik lagi jika di Indonesia alat music ini berada di jambi dan kepulauan riau. Alat music gambus ini merupakan alat music jenis petik yang baerasal dari timur tengah ketika era perdagangan masuk ke nusantara, kemudian diterima oleh warga lokal pribumi dan akhirnya menjadi akulturasi budaya nusantara terutama di daerah jambi dan kepulauan riau.

Loading...

Fungsi alat music gambus

Sebagai alat music tradisional, tentunya alat music gambus ini memiliki banyak fungsi yang digunakan oleh masyarakat sekitar dengan media gambus ini. untuk itu, berikut beberapa fungsi dari alat music gambus yang perlu anda ketahui.

  1. Memberikan sentuhan kultur islami dan sebagai media dakwah melalui music

Seperti kita tau, masuknya agama islam ke Indonesia melalui banyak cara yang salah satunya adalah dengan melalui akulturasi kebudayaan berupa music. Para pendakwah menggunakan music dengan media gambus sebagai alat untuk berdakwah dan menyebarkan agama islam terutama di dataran melayu seperti Malaysia dan sumatera. Oleh karena itu music dari Sumatra memiliki ciri khas yang sangat kental dengan petikan gambus dan alunan melayu dengan percampuran timur tengah yang kuat.

  1. Memberi warna baru terhadap music melayu

Gambus juga memberikan warna baru terhadap music melayu sehingga music melayu menjadi kaya akan instrumental dan lebih berwarna. Dengan adanya gambus ini cukup memberikan efek yang signifikan terhadap perubahan music melayu hingga saat ini.

  1. Meningkatkan wawasan music melayu

Dengan adanya alat music gambus ini juga dapat meningkatkan wawasan terhadap music melayu, bahkan ada disiplin ilmu tersendiri yang saat ini ada di universitas-universitas yang berkonsentrasi mempelajari seni music dan salah satunya adalah seni music melayu ini.

  1. Menjadi referensi dan inspirasi untuk seniman

Alat music gambus ini juga bisa di jadikan sebagai referensi atau inspirasi bagi para seniman untuk menciptakan lagu maupun menciptakan karya seni yang indah dengan perpaduan berbagai alat music termasuk alat music gambus ini di dalamnya.

  

Harga alat musik tradisional gambus

Jika kalian mengeceknya di toko online harga alat musik tradisional gambus ini dijual dengan harga sekitar 500 ribu sampai 2 jutaan.

Demikianlah beberapa fungsi, manfaat serta pengertian mengenai alat music gambus yang perlu anda ketahui, dengan semakin banyaknya wawasan yang kita tau maka akan semakin memperkaya ilmu yang kita miliki. Meskipun alat music seni gambus ini hanya ada di daerah sumatera terutama jambi dan riau namun tidak ada salahnya anda mempelajarinya sehingga anda bisa mengenal lebih dekat alat music tradisional khas Indonesia ini.

 

 

 

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019