Harian Nusantara

Fungsi burdah alat music khas sumatera selatan

review produk 88 View

Fungsi burdah alat music khas sumatera selatan

Provinsi Sumatera selatan merupakan daerah yang ada di pulau sumatera bagian selatan dan merupakan daerah yang cukup memiliki sejarah panjang dalam peradaban di Indonesia. hal ini di karenakan di sumatera selatan ini dulunya terdapat salah satu kerajaan terbesar di asia tenggara yang pusatnya berada di kota Palembang di sumatera selatan, oleh sebab itu sumatera selatan memiliki ragam budaya dan ciri khas yang khas di banding daerah lain dan memiliki banyak akulturasi budaya baik dari Negara lain seperti dari cina dan arab maupun dari daerah di seluruh nusantara. Salah satu akulturasi budaya yang cukup mencolok dan khas adalah terdapat pada alat musiknya.

Mengenal alat music burdah khas sumatera selatan

Alat music burdah merupakan alat music khas sumatera selatan atau juga di kenal sebagai gendang OKU (Ogan komering ulu), alat music burdah ini ditemukan di daerah ogan komering ulu dan di jadikan sebagai alat music untuk kegiatan-kegiatan adat maupun kegiatan islami. Burdah sendiri merupakan alat music pukul sejenis rebana yang cara mainnya adalah dengan di pukul atau di tabuh dengan tangan dengan irama-irama tertentu. Burdah ini masih banyak di gunakan oleh warga sumatera selatan terutama ketika acara adat dan acara pengajian sebagai pengantar al-barzanzi sebelum ceramah di mulai.

Loading...

Fungsi alat music burdah khas sumatera selatan

Adapun fungsi alat music burdah, layaknya alat music lainnya yakni sebagai pengiring, untuk itu berikut beberapa fungsi alat music burdah secara mendalam yang perlu anda ketahui.

  1. Sebagai iringan lagu-lagu islami ketika pengajian

Seperti kita tau, banyak pengajian yang saat ini masih mencampurkan budaya setempat dengan budaya islam sehingga memunculkan akulturasi budaya. Misalnya saja ketika sedang pengajian, sebelum ceramah dimulai biasanya akan di lakukan puji-pujian menggunakan alat music salah satunya menggunakan alat music burdah ini. dengan menabuh burdah dan memanjatkan puji-pujian kepada alloh maka akan semakin meningkatkan keimanan jamaah yang hadir maupun yang mendengarkannya.

  1. Sebagai pengiring acara adat

Selanjutnya adapun fungsi dari alat music burdah ini juga biasa di gunakan untuk mengiringi acara-acara adat misalnya seperti acara pernikahan dan adat lainnya. karena burdah ini sarat akan nilai seni dan mengandung nilai budaya yang tinggi bagi warga sumatera selatan.

Cara memainkan alat music burdah khas sumatera selatan

Untuk memainkan alat music burdah ini caranya cukup mudah karena anda hanya cukup menabuhnya atau memukulnya dengan telapak tangan, namun anda tidak bisa menabuhnya dengan sembarangan karena jika anda menabuhnya sembarangan maka tidak akan terdengar nyaring dan merdu. Biasanya ada teknik-teknik tersendiri bagaimana cara menabuh burdah yang baik dan benar, selain itu juga ada teknik tersendiri agar irama burdah antara pemain yang satu dengan pemain yang lainnya sinkron.

 

Bahan pembuatan alat music burdah khas sumatera selatan

Cara pembuatan alat music burdah ini juga tergolong mudah dan bisa di buat oleh siapapun bahkan di rumah, karena alat music burdah ini merupakan alat music yang terbuat dari kulit binatang misalnya sapi atau kerbau. Sedangkan rangkanya sendiri terbuat dari kayu pohon nangka, langkah membuatnya cukup mudah yakni kulit sapi atau kulit kerbau yang telah di kuliti kemudian di jemur hingga kering kemudian setelah itu siapkan kayu pohon nangka dan buatlah bentuk lingkaran. Setelah kulit sapi atau kulit kerbau tersebut sudah kering maka tinggal pasang pada kayu nangka yang telah dibentuk lingkaran tersebut. karena bahannya banyak tersedia di sekitar daerah sumatera selatan maka warga dapat dengan mudah membuat burdah sendiri entah itu untuk di rumah sendiri maupun untuk acara adat, keagamaan dan lainnya.

Demikianlah beberapa ulasan mengenai burdah alat music khas sumatera selatan ini, perlu anda ketahui biasanya burdah ini memiliki ukuran diameter yang lebih besar dari rebana pada umumnya. Hal inilah yang membedakan antara burdah dengan rebana yang biasa di gunakan di daerah lainnya sebagai alat music untuk kegiatan keagamaan.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019