Harian Nusantara

Fungsi Corong Buchner Alat Laboratorium

review produk 141 View

Fungsi Corong Buchner Alat Laboratorium – Kamu tertarik dengan dunia ilmiah? Mungkin kamu pernah mendengar istilah Corong Buchner. Alat yang satu ini bisa kamu jumpai di laboratorium. Alat ini memiliki banyak rongga sama seperti saringan.

Corong Buchner memang hanya bisa kamu temui di laboratorium. Hal tersebut karena fungsi dari alat ini yang sangat dibutuhkan dalam kegiatan ilmiah. Tahukah kamu apa fungsi sebenarnya Corong Buchner itu sendiri? Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai fungsi dari Corong Buchner pada laboratorium.

Apa Itu Corong Buchner?

Sesuai dengan namanya, Corong Buchner berbentuk seperti corong yang memiliki saringan pada bagian atasnya. Prinsip kerja dari Corong Buchner adalah menitik beratkan dengan adanya udara. Nantinya alat ini akan memisahkan larutan dari endapan melalui bantuan udara yang disedot. Tekanan udara yang ada pada bagian luar nantinya menjadi lebih kecil bila dibandingkan dengan bagian dalamnya. Untuk beberapa kasus, alat ini dapat ditambahkan juga dengan tambahan kertas penyaring dengan diameter disesuaikan dengan diameter pada corong. Kertas tersebut nantinya akan diletakan pada bagian permukaan alas bagian dalam. Untuk membuat kertas tersebut menempel, kertas saring tadi perlu dibasahi dengan larutan yang sejenis dengan larutan sampel yang akan diteliti. Corong bucher biasanya terbuat dari bahan yang solid seperti porselin, plastik, maupun kaca. Alat ini bisa dengan mudah dikenali dengan melihat banyaknya pori-pori yang dimiliki.

Loading...

Fungsi Corong Buchner

Sebagai media penyaringan cairan

Pada pembahasan sebelumnya bahwa alat ini mampu menyaring sebuah larutan. Sistem penyaringannya bertujuan untuk memisahkan suatu cairan tertentu dari endapan atau residu yang ada pada cairan tersebut. Cairan yang sudah dipisahkan tadi dinamaan dengan filtrat. Nantinya, filtrat ini dapat digunakan untuk proses penelitian selanjutnya. Bagian residu tersebut tidak terlalu dibutuhkan pada suatu penelitian. Proses ini biasanya digunakan untuk meneliti kandungan cairan tertentu.

Mempercepat proses pengeringan dari endapan

Jika pada poin sebelumnya alat ini digunakan untuk mendapatkan cairan yang murni, untuk fungsi yang satu ini justru sebaliknya. Ada kalanya, penelitian bertujuan untuk meneliti suatu kandungan tertentu dalam sebuah larutan. Sebagai contoh, jika kamu ingin meneliti kandungan sari pati dari larutan apel, maka kamu harus memisahkan terlebih dahulu antara larutan apel tersebut dengan sari patinya. Nantinya, sari pati tersebut bisa berlanjut ke tahap pengeringan. Tentunya pada fungsi ini merupakan sebuah hal yang berbeda dengan fungsi pertama. Pada fungsi ini, justru pada bagian filtrat tidak lagi diperlukan.

Mampu menyaring jauh lebih cepat dibandingkan model konvensional

Pada corong buchner, sistem penyaringan yang dilakukan jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan sistem konvensional. Hal tersebut karena sistem ini memanfaatkan metode vakum dari udara. Udara tersebut dimanfaatkan untuk memisahkan partikel residu dengan larutan yang diinginkan. Dengan menggunakan alat ini, tentu kamu bisa menghemat banyak waktu bila dibandingkan menyaring dengan cara konvensional. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan hasil yang lebih baik setelah menggunakan alat ini.

Dari semua keuntungan yang didapat dari penggunaan Corong Buchner, dapat diambil sebuah kesimpulan bahwa alat ini sangat berguna di Laboratorium. Pada laboratorium sendiri, para peneliti tentu sering dihadapkan dengan beragam jenis larutan yang ada. Dengan adanya Corong Buchner, peneliti bisa menghemat waktu dan juga mendapatkan hasil lebih maksimal. Tentunya untuk menggunakan Corong Buchner juga diperlukan pemahaman dasar mengenai cara kerjanya dan juga sistem larutan yang sering dijumpai.

Harga Corong Buchner

Di tokopedia kalian dapat membeli Corong Buchner dengan harga paling murah 30 ribu sampai ratusan ribu bahkan sampai ada yang jutaan.

 

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai fungsi dari Corong Buchner yang ada pada laboratorium. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam mempelajari lebih lanjut mengenai peralatan laboratorium, khususnya Corong Buchner. Pastikan bahwa kamu memahami terlebih dahulu terkait cara penggunaan alat ini sehingga kamu tidak akan mengalami kendala yang berarti ketika menggunakannya. Selain itu, kamu juga harus mempelajari berbagai macam jenis larutan terutama jika larutan tersebut cukup keras dan berbahaya. Patuhi selalu ketentuan yang belaku di laboratorium sehingga kamu bisa meneliti dengan nyaman dan mendapat hasil memuaskan.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019