Harian Nusantara

Fungsi Corong Pisah

review produk 100 View

Fungsi Corong Pisah

Alat-alat laboratorium ada banyak jenisnya. Adapun Alat-alat tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Namun fungsi tersebut berkaitan antara satu dengan lainnya. Salah satu alat laboratorium yang memiliki kegunaan sangat penting adalah corong pisah. Alat ini memiliki peranan yang sangat penting karena fungsinya. Corong Pisah juga merupakan alat hasil revolusi yang panjang. Dengan adanya alat ini kita bisa menghasilkan ekstraksi cairan dengan memisahkannya antar pelarut dan densitas benda dengan sangat mudah. Lalu seperti apakah corong pisah itu?

 

Apa itu Corong Pisah

Corong Pisah merupakan salah satu alat laboratorium yang memiliki fungsi sangat penting. Alat ini digunakan dalam proses pengekstrasian cairan. Dengab alat ini kita bisa memisahkan antara komponen di dalam campuran tersebut mulai dari fase pelarut serta densitas dari benda yang di ekstraksi. Biasanya fase yang digunakan dalam alat ini adalah fase yang berbentuk larutan air serta fase lainnya yang merupakan pelarut organik lipofilik. Fase pelarut organik lipofilik ini antaranya seperti eter, MTBE, kloroform, etil asetat, dab diklorometana. Pelarut pelarut ini nantinya berada di atas daripada fase yang berbentuk cairan. Namun hal ini tidak berlaku untuk pelarut dari unsur halogen. Kesimpulannya adalah, corong pisah digunakan untuk memisahkan komponen di dalam suatu campuran zat cair dengan dua fase yang memiliki kepadatan berbeda-beda. Secara bentuknya sendiri, alat corong pisah ini berbentuk layaknya sebuah kerucut. Kemudian alat ini ditutupi dengan setengah bola. Pada bagian atas dan juga bawah terdapat sebuah penyumbat. Dalam laboratorium, corong pemisah terbuat dari bahan baku berupa kaca borosilikat. Sementara itu untuk kerannya terbuat dari Teflon dan juga kaca. Untuk ukurannya bervariasi mulai dari 50 mililiter sampai yang terbesar yaitu 3 liter. Alat ini juga digunakan dalam bidang industri. Namun dalam bidang industri alat ini berukuran sangat besar serta dipasang alat sentrifugasi

Loading...

Cara Penggunaan Corong Pemisah

Cara Menggunakan alat ini sebenarnya sangat teknis. Untuk menggunakan corong ini kita bisa melakukannya dengan campuran dari dua fase pelarut yang dimasukkan dan dicampurkan ke dalam corong yang ditutup. Setelah corong ditutup, corong dikocok dengan kuat tujuannya adalah untuk mencampurkan dua fase tersebut. Setelah itu Corong ini diputar tujuannya adalah untuk mengalirkan tekanan uap yang berlebihan. Sehingga dengan begini dibiarkan berdiri dengan alat pemisah diantara larutan fase. Atau cara mudahnya adalah dengan memasukkan campuran serta pelarutannya ke dalam corong keran yang ditutup. Setelah ditutup lalu digoyangkan dengan kuat. Setelah tercampur kita tinggal membalikkan serta membuka keran tersebut untuk melepaskan uap. Setelah itu proses pemisahan dilakukan dengab cara didiamkan.

Fungsi Corong Pisah

Corong Pisah merupakan alat yang digunakan dalam praktek laboratorium. Alat ini sangat penting, seperti kita ketahui bahwa fungsinya adalah

A. Memisahkan Dua Cairan

Salah satu fungsi utama dari alat corong pisah adalah untuk memisahkan antara dua cairan. Corong pisah ini memisahkan keduanya dengan akurasi dan presisi yang tinggi dengab begitu alat ini mampu untuk memisahkan dua cairan pada polaritas yang berbeda-beda yang tidak tercampur. Bahasa ilmiahnya adalah dengab corong pemisah ini kita bisa menggunakannya dalam pemisahaka ekstrasi. Namun sebelum memisahkan cairan ini kita disarankan untuk mencampurkannya dengan cara mengocoknya.

B. Mengencerkan Larutan

Selain untuk memisahkan larutan, alat ini juga memiliki fungsi lain sebagai pengenceran aruran. Alat ini bisa menjadi solusi dalam proses pengenceran yang membutuhkan tingkat keakuratan yang tinggi. Alat ini juga dapat digunakan dalam pemisahan komponen secara otomatis dengab begitu pelarutan akan terdapat kepadatan yang maksimal. Dalam.pemisahan larutan ini terutama untuk cairan yang tidak ingin bercampur dikarenakan kepolaran cairan yang berbeda.

Harga Corong Pisah

Sebagai alat kimia yang memiliki fungsi penting. Corong pisah ternyata memiliki harga yang cukup tinggi. Dengan material berupa kaca borosilikat ini membuatnya memiliki harga yang cukup mahal. Apalagi proses pembuatannya harus sesuai prosedur yang ditetapkan. Untuk harganya berkisar antara ratusan ribu hingga jutaan. Namun di aplikasi Shopee kami menemukan harganya dipatok Rp.275.000.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019