Harian Nusantara

Fungsi Kertas Indikator universal

review produk 115 View

Kertas Indikator Universal

Pernahkah anda berfikir apa perbedaan antara air sabun dan air jeruk? Perbedaan yang paling mendasar dari kedua larutan ini adalah dari segi zat penyusun dan sifat kimia bahannya. Untuk air jeruk ini memiliki sifat kimia yang asam selain itu memang rasanya juga masam, sementara itu untuk air sabun memiliki sifat zat kimia berupa basa. Perbedaan penyusunan zat kimia ini bisa kita ukur lho. Untuk proses pengukuran tingkat keasaman kita menggunakan metode pH. PH ini merupakan derajat keasaman dari suatu zat. Memiliki rentang satu hingga 14 dimana untuk angka satu menunjukkan asam kuat selanjutnya untuk angka 14 menunjuka basa kuat. Dalam melakukan proses pengukuran kita bisa menggunakan cara alami maupun menggunakan metode laboratorium. Untuk mengukur tingkat keasaman menggunakan metode laboratorium kita bisa menggunakan bantuan dari indikator kertas universal. Lalu apa sih indikator kertas universal ini?

Apakah itu Kertas Indikator Universal

Kertas indikator universal adalah sebuah kertas yang berfungsi sebagai alat mengecek indikator suatu pH larutan atau suatu zat. Kertas ini menunjukkan PH dari perubahan warna warna yang ada pada PH meter ini. Untuk rentangnya mulai dari 1 sampai 14 untuk menentukan kondisi dari PH ini kita harus mencocokkan pada indikator warna. Misalnya warna merah untuk menunjukkan kondisi asam dan warna kebiruan untuk menunjukkan kondisi basa. Kertas ini hanya digunakan sekali pakai. Setelah digunakan untuk mengetes kadar keasaman dari suatu larutan maka kertas ini harus dibuang karena tidak bisa digunakan lagi.

Cara Menggunakan Kertas Indikator universal

Sebenarnya cara menggunakan alat kertas indikator ini tidak terdapat teknik khusus. Karena cara Penggunaannya sangat mudah. Karena prinsipnya untuk menunjukkan tingkat keasaman dan kebasaan dari suatu zat berdasarkan warna larutan maka pertama kita butuh zat yang memiliki tingkat air yang tinggi. Atau akan lebih baik jika kita menggunakan suatu larutan tertentu. Apabila anda ingin mengetes bahan padat, sebaiknya Anda Haluskan dulu bahan tersebut sampai menjadi bubur halus. Untuk cara Penggunaannya adalah dengan mencelupkan kertas ini pada larutan yang ingin kita tes tingkat keasamannya. Tunggu sampai air meresap pada alat indikator ini. Jika sudah maka angkat dan keringkan. Setelah itu anda bisa menganalisis kandungannya dengan mencocokkan kertas indikator yang sudah dicelupkan tadi dengan standar warna yang berlaku. Biasanya standar warna ini terletak pada bagian kemasan indikator.

Loading...

Fungsi Kertas Indikator universal

Fungsi utama dari kertas indikator universal ini adalah untuk mengukur dan mengidentifikasi suatu larutan terhadap tingkat keasamannya. Dengan begini kita dapat dengab mudah mengidentifikasi mana larutan yang masuk kategori asam ataupun kategori basa. Salah satu penggunaan dari alat ini adalah membantu dalam membuat media. Tingkat keasaman PH pada media ini sangat berpengaruh pada perkembangan mikroba dan mikroorganisme. Kertas Indikator universal ini juga digunakan untuk mengetes kadar keasaman di perairan warga sehingga bisa menentukan apakah air tersebut bisa dikonsumsi sehari-hari atau tidak. Nantinya pH kertas indikator inu akan dicelupkan pada larutan yang ingin diuji sampai warnanya tidak berubah kembali. Setelah itu anda bisa mencocokkan dengan skala yang biasanya tertera di kemasannya. Disana anda bisa menentukan nilai pH antara 1 sampai dengan 14.

Bagian-bagian dari Indikator Kertas Universal

Kertas: Komponen utama dari indikator ini adalah kertas strip dimana kertas tersebut memiliki sifat yang bisa berubah warnanya apabila dikenai suatu zat. Kertas tersebut sensitif terhadap keasaman ataupun kebasaan dari suatu larutan. Apabila kertas tersebut dikenai asam maka warnanya akan berubah menajdi kemerahan. Sementara itu warnanya akan berubah menjadi biru apabila dikenai larutan basa. Strip ini bisa di tetesi larutan atau dicelupkan kepada larutan.

Larutan: untuk indikator universal ini memiliki komponen utama penyusunannya yaitu timol biru, bromotimol biru, fenolftalein atau metil merah. Tingkat sensitivitas yang berbeda-beda dimiliki setiap larutan tersebut. Larutan tersebut juga menunjukkan warna yang berbeda-beda apabila dikenai zat.

Harga Kertas Indikator Universal

Harga dari kertas indikator universal ini berkisar di angka puluhan ribu rupiah. Untuk di aplikasi Shopee sendiri kami menemukan untuk produk ini dihargai Rp.79.500. Namun bisa saja harga ini berkembang seiring berjalannya waktu.

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019