Harian Nusantara

Fungsi Klem Arteri

review produk 88 View

Fungsi Klem Arteri

Alat alat kedokteran dan sains kini semakin canggih dan beragam. Dengan alat alat ini kita jadi lebih mudah lagi dalam menyelesaikan pekerjaan. Salah satunya adalah mengambil bagian yang kecil. Karena keterbatasan organ tubuh manusia kita sering kali kesulitan mengambil benda yang kecil. Seperti ukuran benda benda mikro dan nano. Selain itu kita juga pastinya akan kesulitan jika ingin menata atau memasang suatu bagian yang kecil dalam suatu benda. Untuk itu kita memerlukan alat yang digunakan untuk proses pemindahan materi yang berukuran kecil ini. Alat ini dinamakan dengan Klem Arteri

Apa itu Klem Arteri

Bagi orang awam pastinya akan sulit untuk mengenali alat ini. Arteri Klem ini merupakan alat yang berfungsi sebagai penjepit, pemegang, atau penekanan benda. Khususnya untuk benda benda yang berukuran kecil. Klem arteri ini ada dua jenis yaitu ada klem arteri bengkok dan kelm arteri lurus. Sebenernya fungsi utama dari klem arteri ini adalah untuk hemostatis jaringan yang memiliki ukuran tipis dan lunak. Bentuknya sangat mirip dengan gunting. Dimana terdapat penjepit di bagian bawah digunakan untuk memegang benda. Walaupun mirip gunting namun klem arteri memiliki penampang yang tidak tajam karena memang fungsi utamanya adalah sebagai pemegang bukan penggunting. Biasanya penggunaan sari klem arteri ini adalah untuk pemasangan karet behel yang dilakukan oleh ahli gigi. Sering juga digunakan oleh dokter bedah.

Loading...

Fungsi dari Klem Arteri

Sebenarnya fungsi utama dari alat bernama klem arteri ini adalah untuk menghentikan proses pendarahan yang terjadi pada pembuluh darah seseorang. Klem arteri ini nantinya akan menggenggam jaringan yang memiliki ukuran kecil dengan baik agar tidak terjadi kerusakan pada jaringan tersebut. Klem arteri ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan needle-holder. Namun kita bisa melihat jelas perbedaannya terletak pada struktur jepitannya. Pada klem arteri terdapat struktur jepitan memilikinjalur pararel pada permukaan. Ukuran dari.klem arteri ini memiliki panjang pola jepitan sampai handle yang lebih panjang dibandingkan dengan needle holder. Untuk klem arteri sendiri terdapat dua jenis yaitu dengan bentuk lurus dan bengkok. Untuk proses bedah minor biasanya menggunakan klem arteri berjenis bengkok atau disebut juga dengan mosquito.

Cara Penggunaannya

Sebenarnya cara penggunaan dari klem arteri ini sangat sederhana. Namun ada teknik khusus dalam melakukannya. Pertama kita harus paham bahwa dalam klem arteri ini terdapat ratchet dimana ratchet inu membuat posisi klem arteri menutup atau dalam keadaan terkunci. Dalam ratchet terdapat tiga derajat, untuk proses penutupan jangan gunakan derajat yang terakhir karena agak sulit untuk dilepaskan dan mengikat secara otomatis. Untuk melepas klem ini pertama tama anda harus menekan pada bagian dalam handlenya. Setelah itu pasangan handlenya dengab membukanya. Untuk mengopersikannya gunakanlah jari jempol dan jari manis. Dengan begitu nantinya jari telunjuk digunkaan sebaiknya pendukung instrumen kerja dengan begitu posisi jepitan akan tepat. Untuk jepitan klem arteri ini bentuknya sangat halus disertai dengan jalur lintang yang memiliki bentuk channel lingkaran ketikan alat ini ditutup. Bentuk dari jepitan ini lumayan panjang sehingga memungkinkan kita menggenggam jaringan lebih halus dengan tanpa terjadinya kerusakan.

Selanjutnya untuk jepitan yang berbentuk agak melengkapi pada bagian ujungnya atau kita sebut dengab mosquito ini memiliki fungsi dalam hal pengikatan pembuluh darah. Sangat tidak disarankan untuk menggunakan ujung klem ini dalam hal menjahit. Hal ini karena struktur dari jepitannya tidak tersedia untuk menaruh needle atau benang. Karena kita tahu bahwa fungsi dari Klem ini bukan untuk menjahit. Pada prinsipnya klem arteri ini menghentikan pendarahan dari pembuluh darah yang kecil dengan cara menggenggam jaringan yang lainnya dengan tepat. Sehingga tidak terjadi kerusakan akibat proses ini.

Harga Klem Arteri

Harga dari klem arteri ini masih terjangkau untuk jenis peralatan peralatan medis. Tidak seperti alat lainnya yang harganya mencapai ratusan ribu rupiah. Untuk alat klem arteri ini berkisar antara belasan ribu hingga mencapai 100 ribu. Namun pada aplikasi Shopee harga yang termurah untuk alat jenis klem arteri ini adalah Rp.15 ribu rupiah untuk yang berjenis mosquito dengan panjang 12.5. Cm.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019