Harian Nusantara

Fungsi Kompas serta Jenis dan Cara Menggunakannya

review produk 70 View

Fungsi Kompas serta Jenis dan Cara Menggunakannya – Kompas meripakan salah satu alat yang banyak digunakan oleh orang-orang sejak dahulu kala. Dengan adanya kompas, manusia bisa mengetahui arah mata angin dengan mudah. Hal tersebut tentu memudahkan proses navigasi yang biasanya dikombinasikan dengan peta.

Seiring dengan berjalannya waktu, muncul jenis-jenis kompas di dunia ini. Hal tersebut tentu semakin baik karena konsumen bisa memilih jenis mana yang paling sesuai. Untuk mengenal kompas secara lebih jauh, artikel ini akan membahas lebih dalam mengenai fungsi, jenism dan cara menggunakan kompas yang benar.

Apa Itu kompas?

Kompas pada dasarnya merupakan sebuah alat yang memiliki fungsi utama untuk menunjukkan arah mata angin secara tepat. Alat ini bisa menunjukkan arah mata angin dengan tepat karena adanya hubungan dengan medan magnet di bumi. Penggunaan kompas hingga saat ini masih menjadi sebuah alat yang penting, terutama untuk mengenal medan yang akurat tanpa adanya bantuan dari perangkat digital.

Loading...

Dahulu kala, kompas berhasil menggantikan peran posisi bintang yang masih rancu ketika digunakan. Meskipun begitu, memahami teknik penggunaan kompas merupakan hal wajib sehingga nantinya tidak salah arah. Pemahaman mengenai cara menggunakan kompas tentu harus dipelajari jauh-jauh hari sebelum memutuskan turun langsung ke lapangan. Jangan sampai kamu hanya bermodalkan coba-coba lalu malah terserat di alam rimba.

Fungsi kompas

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, kompas merupakan alat yang bisa membantu manusia dalam menentukan arah mata angin. Untuk lebih jelasnya, fungsi kompas antara lain:

  1. Menentukan posisi dan orientasi dengan tepat
  2. Membantu manusia dalam membaca peta
  3. Menentukan ukuran sudut pada peta

Jenis kompas

Seiring dengan perkembangan zaman, tentu kompas juga memiliki banyak variasi model. Jenis-jenis dari kompas antara lain:

1. Kompas analog

Kompas jenis ini merupakan jenis yang paling sering ditemui. Jenis analog ini bisa didapatkan dengan mudah dan murah. Pada jenis ini, kompas terbuat dari jarum yang terendam dalam cairan dan bisa digunakan ketika kondisi tenang.

2. Kompas bidik

Jenis kompas bidik merupakan salah satu jenis yang difavoritkan untuk digunakan. Dengan kompas bidik, kamu bisa menentukan arah yang tepat dengan cara membidik sesuai dengan kordinat. Kompas bidik yang bagus biasanya memiliki indikator yang jelas dan bisa menyala ketika di kegelapan.

3. Kompas silva

Untuk jenis silva memang cukup jarang ditemui. Kompas silva cenderung digunakan oleh orang yang bergerak di bidang topografi. Bentuk dari kompas silva terbuat dari kompas yang tergabung dengan protektor datar dan nantinya akan mudah digunakan dalam peta topografi.

4. Kompas digital

Seiring dengan perkembangan zaman, muncul juga versi digital dari kompas. Pada jenis ini, tingkat akurasinya bisa dibilang termasuk yang terbaik. Dengan data digital, tentu kamu akan lebih mudah dalam membacanya.

5. GPS

Kamu pasti familiar dengan adanya GPS. Dengan adanya GPS, kamu bahkan bisa menentukan posisimu dengan tepat karena adanya dukungan dari satelit. Bahkan GPS saat ini sudah tergabung dengan peta digital dan bisa kamu gunakan untuk menuju suatu tempat dengan akurat.

6. Kompas kiblat

Kompas jenis ini mungkin tidak setiap orang membutuhkannya. Meskipun begitu, bagi kamu yang muslim dan suka bepergian, kompas kiblat merupakan sebuah alat yang sangat membantu. Kamu bisa menentukan kiblat dengan akurat sehingga arah solatmu menjadi benar. Kamu juga bisa menggunakannya ketika membangun masjid.

Cara menggunakan kompas

Untuk cara menggunakannya, letakan kompas pada bidang yang datar dan terbebas dari gangguan magnet. Tunggulah hingga jarum pada kompas berhenti berputar yang artinya sudah pada kordinat yang tepat. Untuk kompas bidik, kamu bisa membidiknya dengan bantuan scope yang ada pada kompas. Jadikanlah sebuah objek yang menonjol sebagai penanda. Selain objek bidik, carilah objek balik yang terletak pada kebalikan dari sudut bidik tadi. Gunanya adalah agar memudahkanmu untuk kembali ke tempat semula. Pastikan kamu sudah melakukannya dengan baik dan benar sehingga tidak akan membuat kamu tersesat di tempat yang tidak kamu kuasai medannya.

 

Harga Kompas Terbaru 2020

Jika kalian ingin membeli kompas di market place seperti tokopedia, bukalapak dan shopee, kalian akan menemukan harga kompas di kisaran harga 20 ribu sampai ratusan ribu tergantung dari jenis kompas dan merk, spesifikasi dan modelnya.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019