Harian Nusantara

Fungsi Meteran

review produk 161 View

Fungsi Meteran

Mungkin bagi para pekerja yang berhubungan dengan konstruksi, mebel, dan pembuatan alat alat tertentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya meteran. Alat ini memang berkaitan erat dalam proses pengukuran panjang. Bahkan merupakan alat yang wajib ada oleh para petugas ukur. Sebenarnya alat ukur panjang ini ada banyak, semuanya disesuaikan dengan kebutuhan dan Fungsinya. Untuk alat ukur benda benda yang berukuran kecil kita bisa menggunakan jangka sorong atau mikrometer sekrup. Untuk melakukan pengukuran sedang kita bisa menggunakan penggaris. Namun untuk pengukuran yang lebih panjang kita perlu alat yang bernama meteran atau roll meter. Lantas apa sebenarnya meteran itu!

Apa itu Meteran?

Meteran ini memiliki nama sebutan yang berbeda-beda, meteran juga biasa disebut sebagai pita ukur, tape, dan juga roll meter. Merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur Panjang suatu daerah dengan panjang biasanya 25-30 meter. Meteran ini bisa digulung dan ditarik ketika kita ingin mengukur. Orang yang berkaitan erat dengan alat ini adalah pekerja konstruksi, pengukur tanah dan jalan dan lainnya. Meskipun roll meter bisa mengukur bagian yang panjang namun roll meter juga memiliki tingkat ketelitian yang cukup tinggi. Bahkan tingkat ketelitiannya ini mencapai 0,5 mm. Bahan baku pembuatan roll meter ini berasal dari plastik ataupun besi yang tipis.

Untuk satuan yang di pakai dalam pengukuran roll meter ini yaitu mulai dari militer, centimeter, kaki dan juga inci. Untuk panjang dari pita ukur ini bermacam-macam. Panjangnya yaitu antara 10 meter, 15 meter, 20 meter, bahkan ada yang sampai 100 meter. Pembagian interval pada pita ukur ini yaitu pada setiap 5 mm dan juga 10 mm. Karena terbuat dari bahan besi, roll meter ini juga memiliki daya regang dan juga daya muai. Ketika terjadi perubahan suhu udara, roll meter menjadi memuai apabila terkena udara panas. Sementara itu daya regang inu ditimbulkan karena regangan dan tarikan terutama untuk roll meter yang bahan dasarnya buka besi.

Loading...

Cara menggunakan Meteran

Cara untuk menggunakan meteran ini sangat mudah dengan unsur teknik yang cukup dasar. Apabila anda sering menggunakan alat ukur panjang seperti penggaris dan mistar maka pastinya Anda bisa menggunakan alat ukur yang satu ini. Namun sebelum anda memulai pengukuran anda harus memperhatikan beberapa hal diantaranya: Satuan ukuran yang terdapat untuk menyatakan ukuran di meteran, untuk produk internasional biasanya menggunakan satuan satuan Inggris seperti yard, inci dan kaki. Serta dilengkapi juga dengan satuan metrik seperti Milimeter, centimeter dan juga meter. Untuk satuan yang paling kecil di meteran ini adalah Milimeter dan kaki. Sebelum anda melakukan pengukuran maka anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa angka nol di teladan di ujung dari benda yang hendak diukur. Biasanya terdapat kait untuk meletakkannya di ujung benda. Rentangkanlah meteran ini mulai dari ujung benda yang ingin diukur dengan ujung lainnya. Dengan catatan anda meletakkan angka nol di awal objek yang hendak diukur. Agar pengukuran lebih akurat maka anda bisa dibantu oleh dua orang atau lebih dimana satu orang bertugas memegang ujungnya dan satunya lagi melihat angka yang tertera di skalanya. Tarik meteran tersebut secara lurus sembari menyesuaikan pada titik tertentu. Setelah itu anda bisa membaca data yang tertera disana.

Fungsi Meteran

Fungsi dari meteran ini sebenarnya bisa anda jawab sendiri. Karena kita pasti tahu bahwa meteran berfungsi sebagai alat ukur panjang. Dengan begitu fungsi utama dari meteran ini adalah untuk mengukur Panjang dari suatu benda, daerah dan lainnya. Untuk besaran panjang ini.meliputi jarak, lebar, tinggi, panjang dan lainnya. Karena meteran terdapat banyak jenisnya, maka tiap tiap jenis tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda, misalnya saja untuk meteran jahit digunakan sebagai pengukur panjang, lebar yang berkaitan dengan badan manusia. Hal ini tentu saja berbeda dengan meteran dari pekerja konstruksi dan pengukur jalan.

Harga Meteran

Untuk meteran berjenis roll meter harganya dipatok di bawah seratus ribu. Kisarannya antara 40 ribu hingga seratus ribu. Namun untuk meteran yang lebih kecil biasanya lebih murah. Meteran ini di Shopee di jual dengan harga Rp.41 ribuan hingga 97 ribu

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019