Harian Nusantara

Fungsi Mikrometer Sekrup

review produk 120 View

Fungsi Mikrometer Sekrup

Alat Ukur dalam proses perkembangan sains bermacam macam jenis dan bentuknya. Dengan alat ukur ini kita bisa membaca dan mengolah data dengan lebih mudah lagi. Kecanggihan teknologi membuat peran alat ukur menjadi sangat penting. Kita bisa mendapatkan sebuah data yang valid lagi ketika kita mengukur sesuatu. Dengan kecanggihan teknologi ini membuat proses ukur mengukur jadi lebih mudah lagi. Kita bahkan bisa mengukur sesuatu dengan keakuratan yang pas. Untuk mengukurnya kita memerlukan alat tertentu. Misalnya untuk mengukur Panjang dan diameter benda kita bisa menggunakan alat bernama mikrometer sekrup.

Apa itu Mikrometer Sekrup?

Bagi anda yang pernah sekolah di sma pasti sudah kenal dengan alat yang satu ini. Karena mikrometer sekrup bisa masuk dalam praktek sekolah ketika menginjak masa sma. Mikrometer sekrup merupakan alat yang memiliki fungsi untuk mengukur suatu panjang materi dari ukuran tebal suatu benda dan diameter luar yang memiliki bentuk lingkaran atua bulat. Untuk tingkat keakuratan dari alat ini sangat tinggi. Dalam proses pengukuran mencapai 0.01 mm. Ditemukan pada abad ke 17 mikrometer sekrup ini menurut sejarahnya. Willaim Gascoigne merupakan penemu dali alat micrometer sekrup ini . Alat ini merupakan upgrade dari alat jangka sorong dimana, mikrometer sekrup memiliki keakuratan yang jauh lebih persisi. Pada awal penggunanya alat ini digunakan sebagai pengukur benda luar angkasa dengan cara menentukan sudut di antara bintang bintang. Seperti namanya yang berasal dari kata mikro yaitu artinya kecil, mikrometer ini jauh lebih unggul daripada alat sebelumnya yaitu jangka sorong. Namun baik jangka sorong ataupun mikrometer sekrup memiliki kesamaan dari segi fungsi yaitu untuk proses pebgjitungan, diameter, tebal dan panjang dari suatu materi. Salah satu perbedaan mendasar antara keduanya adalah dari segi keakuratan dalam membaca ukuran. Untuk mikrometer jauh lebih akurat sebanyak 10 kali jika kita bandingkan dengan jangka sorong dengan ketelitian mencapai 0.01. Kesimpulannya adalah mikrometer sekrup memiliki presisi yang lebih baik.

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup sebenarnya tidak terlalu sulit, terdapat lima langkah yang bisa anda lakukan saat melakukan pengukuran.

Loading...

Langkah pertama adalah dengan memastikan pengunci dari alat mikrometer sekrup ini sudah dalam keadaan terbuka. Setelah itu langkah yang ke dua adalah dengan mengecek kedua Poros dalam mikrometer. Seperti Poros geser dan Poros Tetap. Pastikan juga skala tetap dan skala nonius dalam keadaan angka nol. Langkah berikutnya adalah dengab membuka bagiannya rahang pada alat ukur. Caranya adalah dengan pemutar ke kiri. Dengan begitu benda yang ingin anda ukur di letakkan ke dalam rahang. Langkah selanjutnya adalah dengan meletakkan benda yang ingin anda ukur.letakkan benda tersebut diantara poros geser dan poros tetap. Setelah itu anda bisa menjepit benda tersebut dan menutup rahang agar siap untuk dikunci. Langkah terakhir adalah dengab mengunci mikrometer terhadap benda tersebut dengan memutar pengunci. Dengab begitu rahang geser tidak akan bergerak lagi. Setelah itu anda bisa mengukur Panjang dari benda dengan melihat pada skala nya.

Kegunaan dan Fungsi Mikrometer Sekrup

Mikrometer sekrup merupakan alat ukur yang sangat berguna. Fungsi utama dari alat ini adalah untuk mengukur Panjang dari benda secara akurat dan persisi. Alat ini umumnya digunakan untuk menghitung ukuran diameter luar dari sebuah benda dan juga ketebalannya dengan lebar berukuran mikro. Benda benda itu seperti untuk mengukur lempeng baja, lempeng aluminium, diameter dari kabel, panjang dan lebar koin dan lainnya. Selanjutnya untuk Kegunaan dari alat mikrometer sekrup ini adalah untuk mengukur Panjang dari suatu benda dengan tingkat akurasi yang sangat tinggi. Tingkat akurasinya mencapai 0.01 Milimeter. Tingkat ketelitian ini merupakan 10 kali lebih baik daripada alat ukur jangka sorong. Dimana jangka sorong hanya memiliki tingkat akurasi sebesar 0.1 mm

 

Harga Mikrometer Sekrup

Mikrometer Sekrup ini memiliki harga yang terjangkau. Harganya bertengger pada angka ratusan ribu rupiah. Meskipun begitu kami menemukan harga yang paling murah di Shopee dengan nominal Rp. 112.000 Namun tidak menutup kemungkinan ada lagi yang jauh lebih murah.

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019