Harian Nusantara

Fungsi Alat Musik Rebana

review produk 59 View

Rebana merupakan sebuah alat musik yang di mainkan dengan cara di pukul dengan ketukan yang ritmis yang menghasilkan nada-nada yang enak di dengar. Alat musik Rebana erat kaitannya dengan nafas keislaman. Meskipun secara umum alat musik ini tidak terikat dengan agama apapun, namun Rebana lebih lumrah digunakan untuk berbagai kegiatan keislaman.

Alat musik Rebana dimainkan secara berkelompok dan biasanya berpadu dengan beberapa alat musik lain serta berkombinasi dengan tarian zappin. Kami akan menjelaskan secara detail alat musik Rebana ini mulai dari pengertian, fungsi, cara memainkan dan harga jualnya. Berikut ini adalah ulasan lengkap dari alat musik Rebana. Simak penjelasan yang ada di bawah ini.

Pengertian Alat Musik Rebana

Rebana adalah alat musik tradisional yang di mainkan dengan cara di pukul pada bagian ritme yang terbuat dari kulit hewan, pada umumnya. Di beberapa daerah di Indonesia, alat musik rebana erat kaitannya dengan nafas dakwah keislaman. Biasanya rebana dimainkan oleh beberapa orang dengan kombinasi alat musik lain seperti tamborin, gitar dan lain sebagainya.

Loading...

Permainan musik rebana dilakukan secara berkelompok dengan satu kelompok paling minimal terdiri dari 6 sampai dengan 7 orang. Lagu-lagu yang dimainkan dengan menggunakan alat musik tradisional rebana juga biasanya dari syair bahasa arab seperti di nukil dari kitab al-barzanji dan sebagainya.

Belakangan ini alat musik rebana banyak memainkan lagu-lagu dengan syair yang berbahasa Indonesia. Dan untuk sekarang ini permainan musik rebana mulai di gemari oleh anak-anak remaja baik itu dari gender pria maupun wanita. Beberapa grup musik rebana atau hadroh atau marawis yang terkenal di Indonesia ini antara lain adalah Grup Salawat Habib Syekh, Gus Azmi, Mafia Solawat dan masih ada banyak lagi yang lain.

Fungsi Alat Musik Rebana

Jika kita kembali menelisik riwayat sejarah tentang alat musik rebana dari segi keislaman, pertama kali alat musik ini digunakan ketika kaum anshor menyambut baginda Nabi Muhamad SAW saat hijrah ke kota Madinah bersama dengan sahabat yang ikut hijrah. Sekedar info, kaum muhajirin adalah sebutan untuk sahabat nabi yang ikut hijrah ke madinah. Sedangkan kaum anshor adalah sahabat nabi yang menetap di kota madinah tersebut.

Setelahnya, alat musik rebana digunakan untuk ueforia rasa syukur umat nabi muhamad ketika menyambut kepulangan kaum muslim selepas berperang melawan kafir. Dari runutan sejarah bisa di simpulkan bahwa alat musik rebana banyak digunakan untuk acara-acara syukuran. Dari kedua contoh diatas bisa dimasukan ke dalam kategori syukuran. Pertama syukuran atas kedatangan nabi hijrah ke madinah dan yang lain syukuran atas kembalinya kaum muslim setelah berperang.

Dan jika kita melihat konteks zaman sekarang, dimana sudah tidak ada perang lagi, tentu saja alat musik rebana masih relevan sampai dengan hari ini untuk bersama-sama dimainkan. Terkadang ketika sebuah kota atau kabupaten di Indonesia merayakan hari jadi, pemimpin setempat akan mengundang grup hadrah untuk acara syukuran hari jadi kota tersebut. Selain itu, tentu saja ketika moment perayaan islam seperti isra mi’raj dan juga kelahiran Nabi Muhammad SAW di bulan maulid, acara hadrah akan lebih giat dilakukan.

Alat musik rebana ini memiliki beragam fungsi dan kegunaan. Bisa sebagai media hiburan. Ketika hati sedang gundah gulana, percaya atau tidak ketika kamu datang ke suatu majelis sholawat, maka ketenangan hati akan kamu dapatkan disana. Dan fungsi yang sebenarnya jika di tarik secara keseluruhan dari alat musik rebana atau grup hadrah adalah untuk mengiringi lantunan solawat kepada Nabi Muhammad. Dengan bersolawat, maka dengan harapan kita akan mendapatkan safaat dari beliau ketika di hari kiamat kelak.

Cara Memainkan Rebana

Seperti yang sudah di jelaskan diatas, alat musik rebana dimainkan dengan cara di pukul pada bagian kulit. Ada aturan sendiri dari masing-masing rebana agar menghasilkan ketukan yang ritmis dan bisa menyesuaikan dengan nada pada sebuah lagu yang dimainkan.

Harga Rebana

Umumnya alat musik rebana di jual dalam satu set secara lengkap untuk semua kunci ritmenya. Satu set rebana tersebut di jual dengan harga sekitar 2.9 juta rupiah.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019