Harian Nusantara

Fungsi serune kalee sebagai alat musik tradisional aceh

review produk 177 View

Fungsi serune kalee sebagai alat musik tradisional aceh

Ada berbagai macam alat musik tradisional dari Aceh yang biasanya dipakai untuk mengiringi upacara adat dan salah satunya adalah alat musik serune kalee. Akibat dari perkembangan teknologi ini, sekarang alat musik serune kalee sudah mulai banyak ditinggalkan. Upacara-upacara adat ataupun kegiatan lainnya tidak lagi diiringi oleh seruni kalee. Tetapi digantikan dengan menggunakan handphone dengan memutar lagu MP3. Selain praktis, lagu di Mp3 juga lumayan banyak dan bervariasi.

Bagaimanapun juga alat musik tradisional tetaplah tidak bisa dihilangkan dari jati diri Indonesia. Walopun perkembangan jaman yang sangat cepat, kitapun bisa untuk tetap melestarikan alat musik daerah. Salah satu cara agar alat musik tradisional dicintai oleh generasi muda adalah dengan cara memainkan secara bersamaan alat musik ini dengan alat musik jaman sekarang.

Apa Itu serune kalee?

Serune kalee terompet khas yang berasal dari Aceh yang mirip dengan klarinet. Serune kalle berasal dari dua suku kata yaitu serunee yang artinya menunjukkan kebudayaan Aceh dan kalee yang merupakan nama sebuah desa di Laweung yang berada di kabupaten Pidie. Jadi secara keseluruhan Serune Kalee artinya seruling yang berasal dari daerah Kalee. Kemungkinan penamaan tersebut dikaitkan dengan tempat pembuatan seruling tersebut.

Loading...

Serune kalee  mempunyai kesamaan dengan alat musik lainnya dari beberapa negara seperti srilangka, thailand dan malaysia. Serune kalee mempunyai kemiripan dengan instrumen musik dari negara-negara tersebut karena laras nada, vibrasi,volume suara serta kesamaan dalam hal dinamika suara.

Alat musik serune kalee mempunyai bentuk yang bulat lurus dan memanjang.Bagian atasnya berbentuk kecil serta semakin kebawah ukurannya makin besar. Terdapat lubang-lubang kecil yang digunakan jari tangan untuk mengatur nada serta bagian bawahnya mirip seperti kelopak teratai.

Alat musik serune kalee umumnya bahan bakunya menggunakan kayu. Dimana kayu yang dipakai adalah kayu yang mempunyai sifat keras, kuat namun tidak berat alias ringan

Seruni kalee juga didapati didaerah pesisir, dan lain dari provinsi Aceh sendiri. Diantaranya adalah pidie, aceh besar, aceh utara, aceh barat yang mempunyai sebutan serupa.

Berbagai daerah yang menggunakan alat musik ini memberikan warna tersendiri. Diantaranya adalah nama seruni kalee mempunyai sebutan yang berbeda ditiap daerah, disamping itu juga variasi yang diberikan pada alat musik ini semakin beragam.

Keberadaan seruni kalee sendiri diduga berasal melalui penyebaran islam. Tetapi banyak juga yang menduga bahwa seruni kalee merupakan bawaan seorang tarekat islam. Berdasarkan sejarahnya, alat musik ini sudah ada saat islam mulai masuk ke Aceh.

Pada masa pemerintahan sultan Iskandar Muda Kebudayaan Aceh berkembang sangat pesat. Salah satunya adalah bidang kesenian.  Tetapi seniman seruni kalee pada masa ini masih sangat sedikit. Hal itu dikarenakan pembelian alat musik seruni yang mahal hingga kurangnya orang-orang memiliki referensi bermusik. Tokoh seniman pada masa ini memiliki dua karakter. Pertama adalah kelompok seniman yang masih memainkan seruni kalee hasil dari kelompok orang yang berasal dari kampung pande. Sedangkan kelompok yang kedua adalah, orang tau akan bermusik tetapi bermain pada wilayah musik seruni kalee.

Fungsi dan manfaat serune kalee

Alat musik seruni kalee ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam berbagai pertunjukkan tradisional serta upacara lainnya yang berasal dari Aceh. Seruni kalee selalu menjaga agar kita selalu berusaha dan tidak gampang menyerah.

Cara memainkan serune kalee

Cara memainkan serune kalee dengan cara ditiup dan untuk pengaturan nadanya menggunakan jari. Pada saat meniup ini kita harus mengambil napas melalui mulut, hidung serta leher.

Alat musik seruni kalee umumnya digunakan pada sebuah pertunjukan seni budaya di Aceh sebagai instrumen utamanya. Seruni kalee ini biasa dimainkan bersamaan dengan gendrang, rapai  serta beberapa instrumen lain. Alat musik ini sering membawakam lagu instrumentalia. Biasanya dimainkan secara terus menerus.

Harga Seruni Kale Terbaru

Seruni kalee di tokopedia

  • Harga Rp 2.000.000
  • Mempunyai 7 lubang nada
  • Mempunyai lapisan kuningan

Seruni kalee di shoppe

  • Harga Rp 2.000.000
  • Mempunyai lapisan kuningan

Seruni kalee di bukalapak

  • Harga Rp 2.000.000
  • Tersedia berbagai pilihan warna

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019