Harian Nusantara

Fungsi Alat Spirometer dan Cara Kerjanya

review produk 131 View

Spirometer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengukur volume dari paru-paru. Alat ini biasanya mampu mengukur volume paru-paru baik secara statik maupun dinamik. Dengan menggunakan alat Spirometer ini, maka bisa di ketahui volume udara dari paru-paru seseorang. Tentu alat Spirometer ini tidak sembarang di pakai oleh orang. Harus yang benar-benar ahli.

Pada artikel kali ini kami akan membahas secara detail dari alat ukur volume paru-paru atau Spirometer. Penjelasan ini merangkum beberapa hal mulai dari pengertian, fungsi, cara menggunakan dan juga harga dari alat Spirometer. Berikut ini adalah ulasan lengkap tentang Spirometer. Simak penjelasan dari artikel yang ada di bawah ini.

Pengertian Spirometer

Sebelum membahas tentang fungsi serta manfaat Spirometer, terlebih dahulu akan kami ulas pengertian dari Spirometer itu sendiri. Karena dengan memahami pengertian, maka kamu bisa mendapat sedikit gambaran tentanh alat Spirometer tersebut. Secara sederhana, Spirometer bisa diartikan sebagai sebuah alat yang digunakan untuk mengukur volume udara yang ada di dalam paru-paru.

Loading...

Alat Spirometer bisa pula digunakan untuk mengukur volume paru-paru statik maupun volume paru-paru dinamik. Adapun volume statik terdiri atas beberapa macam semisal Volume tidal (VT), Volume cadangan inspirasi (VCI), Volume cadangan kspirasi (VCE), Volume Residu (Vr), kapasitas vital (KV), kapasitas vital paksa (KVP), kapasitas residu fungsional (KRF) dan juga kapasitas paru total (KPT).

Sedangkan volume dinamik merupakan VEP1 atau volume ekspirasi paksa pada detik pertama dan juga MVV atau maximum voluntary ventilation. Penilaian dari setiap volume paru-paru berbeda-beda tergantung oleh beberapa pengaruh kuat semisal usia, jenis kelamin, berat badang, tinggi badan, ras sampai dengan bentuk proporsi dari tubuh orang tersebut.

Secara bahasa, alat Spirometer ini bisa di terjemahkan sebagai pengukuran nafas seseorang. Alat Spirometer sering digunakan dalam skala dunia medis untuk mengetahui fungsi dari paru-paru pasien yang mengalami permasalahan pada organ inti tubuh tersebut. Dengan kata lain, alat Spirometer ini berperan penting untuk dapat mengetahui volume atau aliran udara yang di hirup serta di hembuskan oleh seseorang atau pasien.

Fungsi dan Manfaat Alat Spirometer

Fungsi utama dari alat Spirometer adalah untuk memeriksa volume atau kapasitas paru-paru. Karena itu, alat Spirometer ini rutin digunakan pada setiap rumah sakit yang menangani pasien dengan penyakit paru-paru. Alat Spirometer digunakan juga untuk memeriksa fungsi jantung dan digunakan sebagai gold standard dalam hal pemeriksaan terhadap diagnosis serta untuk memonitor penyakit paru obstruksi kronik atau ppok.

Tak hanya itu, alat Spirometer ini digunakan untuk memeriksa dan melakukan screening awal pada seorang perokok guna mengecek apakah perokok tersebut mengalami ppok dan asma atau tidak. Pemeriksaan yang dilakukan dengan alat Spirometer terbilang sangat kompleks dan tidak sederhana. Dengan menggunakan alat Spirometer ini, variabilitas pemeriksaan bisa lebih jelas di buktikan kebenarannya.

Selain yang telah di jabarkan di atas, alat kesehatan Spirometer ini memiliki beberapa fungsi lain seperti mengecek masalah pernafasan, diagnosa untuk penyakit bronkitis, asma, emfisema. Ketika seseorang pekerja menghirup gas kimia, bisa juga di periksa menggunakan alat Spirometer tersebut dan sederet manfaat lain dari alat kesehatan yang satu ini.

Cara Kerja Spirometer

Setiap alat Spirometer ini memiliki cara kerja yang berbeda-beda untuk masing-masing alat. Namun, khusus untuk alat Spirometer ini yang digunakan pada tes FVC, umumnya digunakan dengan cara pasien menarik nafas panjang dan dalam-dalam. Kemudian pasien tersebut akan di paksa menghembuskan nafas ke dalam corong dari alat Spirometer.

Dalam corong Spirometer tersebut terdapat sensor yang digunakan untuk mendeteksi volume udara paru-paru seseorang. Pasien yang akan di periksa volume paru-parunya akan diminta untuk menghembuskan nafas pada corong atau sensor tersebut selama waktu enam detik. Setelah itu pasien akan diminta untuk menarik nafas lagi dalam waktu yang relatif cepat.

Harga Alat Spirometer

Ada beragam tipe dan merk untuk alat kesehatan Spirometer ini. Seperti merk Spirometer CONTEC Monitor, produk tersebut dijual dengan harga kurang lebih sekitar 3.1 juta rupiah.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019