Harian Nusantara

Fungsi Alat Musik Tamborin

review produk 104 View

Tamborin merupakan jenis alat musik yang dimainkan dengan cara di pukul pada bagian membran yang terbuat dari kulit maupun plastik. Alat musik Tamborin sudah ada sejak abad ke 17 dan seorang legenda musik klasik bernama Mozzart pertama kali memainkan alat musik ini pada instrumen musik yang dia buat saat itu yaitu pada tahun 1782.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara detail tentang alat musik tradisional Tamborin. Penjelasan tersebut akan kami bagi dalam beberapa bagian seperti pengertian Tamborin, fungsi atau manfaat dari alat musik Tamborin, cara memainkan dan harga dari Tamborin. Untuk lebih detailnya, simak ulasan dari artikel yang ada di bawah ini.

Pengertian Tamborin

Pertama yang akan kami bahas dan ulas dalam artikel ini adalah mengenai pengertian dari Tamborin itu sendiri. Sebab, tidak etis bila tidak membahas atau mengetahui hal-hal dasar dari tamborin dan langsung loncat membahas fungsi-fungsinya. Alat musik Tamborin merupakan jenis alat musik perkusi yang ketika dimainkan bisa dengan cara di tabuh atau di pukul-pukul serta di goyangkan.

Loading...

Suara yang di hasilkan dari alat musik Tamborin adalah gemercik serta rythem dari hasil tabuhan pada area membran dari tamborin tersebut. Tubuh atau badan dari alat musik tamborin terbuat dari bahan dasar kayu yang di bentuk melingkar atau bundar, dengan kombinasi membran yang terbuat dari bahan plastik maupun dengan kulit hewan atau binatang.

Pada area pinggir dari badan tamborin yang terbuat dari kayu tersebut di lengkapi dengan beberapa simbal yang melingkar. Simbal-simbal tersebut dibuat dari logam dengan bentuk yang relatif kecil dan berbentuk bundar. Nantinya, simbal-simbal tersebutlah yang akan menghasilkan bunyi gemercik ketika alat musik tersebut dimainkan dengan cara di goyang-goyang.

Konon, alat musik tamborin di temukan di kawasan Eropa. Namun ada juga beberapa alat musik lain di belahan dunia yang memiliki bentuk tak jauh beda dari tamborin tersebut. Sebut saja Diere, alat musik yang di temukan di negara Cina dan Asia Tengah, atau di India ada alat musik Daph,di Negara Peru ada alat musik Chil Chil dan di Greenland terdapat alat musik Aelyau. Semua alat musik tersebut sama dengan tamborin.

Alat musik tamborin pertama kali digunakan dalam alunan musik oleh kelompok musik tentara dari turki yang bernama Janissaries. Kemudian pada tahun 1782, Mozart memasukan unsur musik tamborin pada instrumen musik yang dia aransement.

Fungsi Alat Musik Tamborin

Alat musik tamborin yang tak jauh beda bentuknya dengan rebana adalah alat musik yang sering digunakan untuk memuja tuhan. Karena, di dalam Al-kitab sendiri alat musik tamborin tertulis menjadi salah satu alat musik yang kerap dimainkan untuk memuji tuhan. Dan dalam al-kitab tersebut juga alat musik tamborin tidak bisa lepas dari bagian kehidupan bangsa Israel.

Bisa di bilang bahwa alat musik tamborin sebagai alat yang digunakan untuk memuja tuhan melalui alunan musik yang di hasilkan. Di beberapa gereja bahkan dalam menjalankan ritus peribadatan tidak bisa terlepas dari alat musik yang satu ini. Tentang penggunaan alat musik tamborin sudah tercatat digunakan di beberapa negara dari zaman dahulu seperti halnya di Mesir, Cina, Mesopotamia, India, Yunani, Israel dan juga Roma.

Di wilayah timur tengah, alat musik tamborin digunakan untuk memuja Dewi Astarte pada masa-masa lampau sebelum masehi. Di wilayah Babilonia yang sekarang di kenal dengan Irak, alat musik Tamborin digunakan untuk acara-acara yang bersifat gembira atau bahagia. Semisal acara pernikahan atau kalau zaman dahulu untuk menyambut gerilyawan yang telah memenangkan peperangan dengan musuh.

Cara Memainkan Tamborin

Tamborin dimainkan dengan cara di pukul pada bagian membran kulitnya. Tangan kiri berfungsi memegang tamborin secara vertical dan tangan kanan digunakan untuk memukul-mukul alat musik tersebut. Kemudian bisa di tambah dengan variasi goyangan tangan kiri agar menghasilkan perpaduan suara rythem dan gemercik dari simbal tamborin.

Harga Tamborin

Harga dari alat musik tamborin ada berbagai macam pilihan sesuai dengan bentuk maupun tipenya. Ada yang 40 ribu, 50 ribu dan lain sebagainya.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019