Harian Nusantara

Fungsi Alat Musik Telempong

review produk 147 View

Fungsi Alat Musik Telempong

Musik merupakan salah satu hal yang yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Pasalnya setiap orang pasti pernah mendengarkan musik. Bahkan tidak sedikit pula orang yang setiap hari selalu mendengarkan musik.

Berdasarkan jenis atau genrenya, musik dibedakan menjadi beberapa genre. Adapun beberapa gnere atau jenis musik tersebut antara lain adalah genre pop, jazz, rock, reggae, dangdut dan masih banyak lagi genre musik lainnnya.

Musik sendiri adalah suara yang disusun atau diolah dengan sedemikian rupa sehingga menghasilkan irama ataupun nada tertentu. Adapun salah satu alat yang dapat menghasilkan suara yang indah adalah alat musik tradisional yang bernama telempong.

Loading...

Apa Itu Alat Musik Telempong

Telempong merupakan salah satu alat musik tradisional yang berasal dari Indonesia atau lebih tepatnya berasal dari Minangkabau. Alat musik tradisional yang satu ini memiliki bentuk yang sekilas mirip dengan alat musik tradisional yang bernama bonang yang ada di gamelan.

Alat musik tradisional yang bernama telempong memiliki bentuk yang bundar dengan diameter berkisat 17 cm sampai 18 cm.  Bagian atas dan bagian bawah talempong memiliki ukuran yang berbeda. Dimana pada bagian atas talempong memiliki ukuran yang sedikit lebih besar jika dibandingkan dengan bagian bawah talempong.

Selain itu pada bagian atas talempong juga terdapat bulatan kecil, sementara dibagian bawahnya dibuat berlubang. Adapun ukuran standar talempong Minangkabau adalah sebegai berikut, dimana ukuran tinggi talempong berada di kisaran 8,5 cm sampai 9,4 cm.

Sedangkan tinggi dindingnya mencapai 5 cm sampai 6 cm. Adapun ketebalan alat musik tradisional talempong bisa mencapai 3 mm sampai 4 mm. Adapun bahan yang digunakan untuk membuat talempong adalah campuran tembaga, timah putih dan juga besi putih.

Fungsi Dan Manfaat Alat Musik Telempong

Secara umum talempong memiliki fungsi sebagai sarana upacara adat, hiburan dan juga media komunikasi.

Talempong merupakan salah satu alat musik yang sering digunakan untuk mengiringi berbagai upacara adat atau acara sakral yang ada Minangkabau. Bahkan tidak jarang pula talempong digunakan untuk mengiringi upacara sunat, upacara perkawinan bahkan upacara pengangkatan penghulu.

Namun selain digunakan untuk mengiringi upacara perkawinan, talempong juga digunakan untuk  menyambut tamu istimewa. Selain itu talempong juga biasa digunakan untuk mengiringi pertunjukan tari seperti tari piring hingga tari galombang.

Cara Menggunakan Telempong

Hampir sama dengan bonang yang termasuk perangkat gamelan. Talempong juga dimainkan dengan cara dipukul menggunakan alat pemukul yang terbuat dari kayu. Ada beberapa teknik yang bisa digunakan untuk memainkan talempong.

Teknik yang pertama adalah talempong dimainkan oleh 3 orang. Dimana masing-masing pemain memainkan 2 buah talempong yang dipegang dengan tangan kiri, sementara tangan kanan memgang alat pemukul. Cara memegangnya adalah dengan

Adapun teknik yang kedua adalah talempong diletakan diatas tempat yang sudah disiapkan seperti rancakan yang dimainkan oleh 1 orang atau lebih. Biasanya ketika memainkan talempong diiringi dengan alat musik tradisional lainnnya seperti gandang, saluang dan juga serunai.

  

Harga Alat Musik Telempong

Seperti yang sudah dijelaskan diatas sebelumnya bahwa talempong terbuat dari campuran tembaga, timah putih dan juga besi putih. Dengan adanya hal tersebut maka tidak heran jika talempong dihargai cukup mahal. Selain untuk bisa membuat talempong juga diperlukan keahlian khusus sehingga pantas saja jika harga talempong menjadi cukup mahal.

Talempong Khas Minang (KOYDEN)

Satu buah talempong khas minang di tokopedia.com dijual dengan harga Rp 250.000. Harga tersebut sudah termasuk harga untuk satu buah talempong berbahan kuningan dengan diameter 16,5 cm yang memiliki tinggi 9 cm.

Talempong

Semetara itu di ethnic-ina.com satu buah talempong dijual dengan harga Rp 250.000. Talempong tersebut memiliki diameter sekitar 18 cm dengan tinggi 8 cm yang terbuat dari bahan logam besi dan kuningan.

Talempong khas Minang (KOYDEN)

Harga satu buah talempong di shopee.co.id berada dikisaran Rp 250.000. Adapun diameter talempong tersebut berukuran 16,5 cm dengan tinggi mencapai 9 cm yang terbuat dari kuningan.

 

 

 

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019