Harian Nusantara

Cara Mengatasi Tipes pada Anak dan Tips Mencegahnya

kesehatan 88 View

Tipes adalah salah satu penyakit yang sering sekali menyerang anak-anak. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja bahkan tanpa sebab yang pasti. Umumnya, tipes disebut demam tifoid yang muncul karena bakteri yang dinamakan Salmonella typhi. Itulah kenapa kalian para orang tua harus tahu gejala, penyebab, serta cara mengatasi tipes pada anak dengan benar dan efektif.

Gejala-gejala Umum Tipes pada Anak

  1. Demam

Gejala tipes biasanya muncul perlahan-lahan selama 1 sampai 2 minggu sehingga tidak dapat dideteksi secara cepat. Tapi, gejala yang paling umum adalah demam tinggi & tak kunjung turun. Bahkan, suhu badan anak yang terkena tipes bisa mencapai 40 ° C & jika serius dapat bertahan sampai seminggu.

  1. Muntah

Selain itu, gejala tipes pada anak-anak adalah mengalami mual atau muntah. Akibatnya, anak akan kehilangan cairan tubuh yang banyak sehingga badan menjadi lemas, kurang nafsu makan, dehidrasi, serta berat badan berkurang.

Loading...
  1. Gangguan pencernaan

Anak yang mengalami penyakit tipes juga biasanya mengalami gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dan diare. Bakteri yang menyerang tubuh anak akan mempengaruhi sistem pencernaan sehingga mengakibatkan sembelit, diare, dan sakit perut.

  1. Sakit kepala

Demam pada anak kecil kadang disertai sakit kepala. Sakit kepala tersebut membuat bingung, rewel & sensitif terhadap cahaya sehingga anak akan lebih suka berbaring di tempat yang gak redup.

  1. Muncul ruam

Satu lagi gejala tipes yang mungkin muncul pada anak adalah munculnya ruam kemerahan di sekujur tubuh. Ruam biasanya akan muncul pada sekitar dada lalu menyebar ke anggota badan lain termasuk punggung. Tak hanya itu saja, biasanya badan juga menjadi letih & nyeri otot pada beberapa bagian tubuh.

Jenis-jenis Tipes

Sebelum mengetahui cara mengatasi tipes pada anak, mari kita simak jenis-jenisnya dulu:

  1. Tipes Epidemi

Jenis tipes yang satu ini adalah tipes yang langka & jarang ditemui. Penyakit ini biasanya dialami oleh kutu yang sudah terinfeksi lalu menempel pada tubuh. Penyebaran infeksi kutu ini bisa terjadi pada pemukiman yang sepi penduduk seperti pedesaan terpencil atau ladang. Salah satu hewan yang bisa menyebabkan infeksi virus tipes epidemi adalah tupai yang terbuang & menebarkan kutunya. Tapi, kalian tak perlu khawatir terinfeksi tipes epidemi karena habitat tupai jarang ditemui.

  1. Tipes Scrub

Tipes scrub adalah tipes yang paling sering dialami anak-anak, terlebih di negara-negara berkembang. Gejala tipes yang satu ini tergolong ringan tapi akibatnya fatal jika tidak ditangani dengan segera. Tipes jenis ini bisa terjadi akibat persebaran tungau atau disebut chiggers.

  1. Tipes Maurine

Satu lagi jenis tipes yaitu Maurine yang disebabkan gigitan kutu yang telah menggigit hewan terinfeksi sebelumnya. Saat kutu yang terinfeksi bakteri rickettsia typhi menggigit anggota badan, maka bisa mengakibatkan kulit rusak dan luka.

Penyebab Tipes

Tak hanya cara mengatasi tipes pada anak, penting juga bagi kita semua untuk mengetahui penyebab-penyebabnya. Penyebab tipes adalah dari bakteri yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Misalnya, tipes epidemi disebabkan oleh bakteri yang beda-beda. Tipes epidemi biasanya berkembang di habitat yang memiliki populasi buruk sehingga mendukung berkembangnya bakteri rickettsia prowazekii yang meningkat.

Untuk tipes scrub, penyebabnya adalah bakteri yang Bernama Orientia tsutsugamushi yang umumnya ditemukan pada tungau. Bakteri ini bisa ditularkan lewat kotoran yang digaruk di tempat bakteri tersebut dijatuhkan. Tapi, bakteri ini juga bisa menular dengan menggigit kulit.

Kemudian, penyebab tipes maurine adalah akibat bakteri yang dibawa oleh kutu baik itu kucing ataupun tikus sehingga tipes maurine sangat mudah ditemukan di mana-mana di seluruh penjuru dunia.

Hingga kini, tipes masih termasuk salah satu penyakit yang dapat menyerang siapapun termasuk anak kecil. Akan tetapi, negara-negara berkembang lebih berpotensi untuk tertular penyakit tipes dibanding negara-negara maju.

Tips Menangani Tipes pada Anak

  1. Pemberian antibiotik

Antibiotik adalah salah satu obat yang bisa meredakan tipes, khususnya pada anak. Dengan pemberian antibiotic, tipes akan membaik dengan cepat dalam 1 sampai 2 hari dan kemudian sembuh setelah 1 minggu pemberian antibiotic. Cara ini tergolong efektif sebab penyakit atau bakteri dapat menular lewat tinja.

  1. Minum air banyak

Tipes biasanya akan membuat tubuh mengalami kekurangan cairan sehingga badan terasa lemas, bahkan dehidrasi. Memperbanyak minum air akan mengganti cairan yang hilang. Kalian bisa memberikan anak air putih, teh, atau minuman herbal. Selain itu, tipes juga bisa mengakibatkan diare sehingga lebih mudah memenuhi nutrisinya dengan cara mengkonsumsi jus dari buah segar.

  1. Makan makanan bernutrisi

Buah seperti delima dan pisang cocok untuk anak yang menderita tipes. Pisang memiliki kandungan pektin yang bisa meredakan diare & mengganti elektrolit tubuh. Kalian bisa memberikannya pada anak secara langsung ataupun dalam bentuk smoothie. Begitu juga dengan buah delima, bisa langsung dimakan maupun diambil sarinya.

Ada juga makanan bernutrisi lain selain buah-buahan seperti sayuran, telur, ayam, dan ikan yang mana makanan-makanan itu dapat memulihkan tipes. Anak yang menderita tipes disarankan mengkonsumsi makanan dengan tekstur yang lembut seperti bubur.

  1. Kompres dengan air dingin

Ketika tipes, anak biasanya mengalami demam yang tinggi. Agar suhu anak tetap normal, orang tua bisa memberikan kompres dengan air dingin. Cukup basahi kain dengan air dingin dan tempelkan pada kaki, tangan, ketiak, dan dahi.

  1. Istirahat

Yang tak kalah penting adalah memastikan si kecil istirahat dengan cukup. Istirahat yang cukup sangat penting untuk memulihkan energi & daya tahan tubuh si kecil. Jadi, pastikan anak beristirahat total selama minimal seminggu setelah pengobatan.

Tips Mencegah Tipes pada Anak

  1. Menjaga kebersihan

Tipes akan mudah menjangkit orang yang tidak menjaga kebersihan karena bakteri pemicu tipes biasanya menular lewat sentuhan. Itulah kenapa mencuci tangan menggunakan sabun & air mengalir sangat penting, terutama sebelum dan sesudah makan.

  1. Imunisasi

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menganjurkan pelaksanaan imunisasi karena car aini bisa mencegah penyakit tipes pada anak. Imunisasi ini dilakukan dengan memberi vaksin tifoid yang diberikan ke anak usia minimal 2 tahun, diberikan 3 tahun sekali.

  1. Menjaga makanan & minuman tetap higienis

Salah satu cara mencegah tipes pada anak adalah menjaga higienitas makanan & minuman. Jadi, kalian para orang tua harus memastikan makanan & minuman higienis agar tak ada bakteri penyebab tipes ataupun penyakit lain.

Itulah cara mengatasi tipes pada anak, gejala umum, jenis-jenis, penyebab, dan tips mencegahnya. Karena gejala tipes berbeda-beda, orang tua harus peka terhadap gejala-gejala yang mungkin mengarah ke penyakit tipes. Yang terpenting adalah berupaya mencegah penyakit tipes terjadi pada anak.

Similar Posts:

Copyright 2016 - 2019