Begini Cara SM, YG dan JYP Entertainment Gaji Artisnya

1035

begini-cara-sm-yg-dan-jyp-entertainment-gaji-artisnyaHariannusantara.com –SM Entertainment, YG Entertainmnet, dan JYP Entertainment merupakan tiga agensi besar yang telah melahirkan sederet artis-artis terkenal Korea Selatan. Sehingga tak mengherankan jika banyak calon artis yang ingin masuk dalam tiga agensi terbesar Korea Selatan tersebut.

Pasalnya banyak yang menganggap jika calon artis dapat masuk ke SM, YG maupun JYP mereka memiliki jaminan untuk terkenal setelah debut dan secara otomatis penghasilan para artis tersebut akan meningkat. Sebut saja Super Junior dan Big Bang yang merupakan salah satu idol group senior telah mampu memberli banyak barang mewah untuk diri mereka sndiri bahkan keluarga para artis tersebut.

Namun belakangan diketahui mengenai sistem pembayaran seorang artis yang diberlakukan oleh agensi. Ternyata saat pertama kali debut artis – artis tersebut tak langsung mendapatkan bayaran meski telah sukses besar.

Hal tersebut sebenarnya telah menjadi hal yang lumrah di agensi hiburan Korea Selatan. Pasalnya pendpaatan yang baru diperoleh oleh snag artis terlebih dahulu digunakan untuk mengembalikan investasi yang dierikan oleh agensi mereka untuk persiapan debut.

Artis tersebut harus mencapai BEP atau Break Even point untuk biaya eperti biaya latihan, rekaman, produksi album dan pemasaran. Contohnya, jika semua proses tersebut memakan biaya 2 juta dolar, maka idol tersebut harus mengembalikan 2 juta dolar tersebut sebelum akhirnya mendapatkan penghasilan.

Namun tak semua agensi memiliki sistem pembayaran yang sama, sebut saja SM Entertainment membiayai biaya produksi untuk artis mereka, sementara JYP Entertainment membiayai biaya produksi album artis mereka dan YG Entertainment menganggap biaya pelatihan sebagai investasi sehingga para agensi tak mengharapkan biaya tersebut dikembalikan oleh sang artis.

Dan setelah BEP tercapai para artis tersebut dapat segera menikmati hasil jerih payah mereka selama bernaung di agensi tersebut.

Baca Juga

Sumber YG Entertainment Sebut Artisnya Tak Akan Hadiri Mnet Asian Music Awards 2016”

SM Entertainment Punya Idol Yang Disebut Flower Garden Lee Soman, Siapa Saja?

SM, YG dan JYP Akan Dominsi Ajang Comeback Oktober – November Dengan Big Bang Hingga Twice