Festival Tumbilotohe Bakal Meriahkan Libur Lebaran Di Gorontalo

309

Festival-Tumbilotohe-Bakal-Meriahkan-Libur-Lebaran-Di-Gorontalo

Hariannusantara.comProvinsi Gorontalo ternyata menyimpan begitu banyak perayaan sepanjang tahun 2018 nanti. Setidaknta ada 17 agenda wisata yang akan ditampilkan, salah satunya akan jatuh jelang Idul Fitri mendatang. Kegiatan tersebut dikenal dengan nama Festival Tumbilatohe. Menurut penuturan Nancy Lahay selaku Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo, festival ini akan dilakukan pada saat bulan puasa untuk menyambut lebaran tiba.

“Nanti saat bulan puasa, empat hari menjelang lebaran kita ada perayaan sendiri. Seluruh masyarakat di Provinsi Gorontalo pasang lampu,” ujar Nancy.

Menurut penuturan Nancy, kegiatan yang sudah dilakukan secara turun temurun ini akan mewajibkan setiap rumah penduduk untuk menyalakan lampu seperti obor yang menggunakan minyak tanah. Kepercayaan yang sudah dikenalkan sejak jaman nenek moyang ini percaya bahwa 10 hari menjelang lebaran adalah turunnya hari yang paling mulia di bulan ramadhan.

“Zaman dahulu kan orang tua berpikir 10 hari sebelum lebaran turunnya Lailatul Qadar. Jadi ada kepercayaan di kami di Gorontalo bahwa dengan memasang lampu diseluruh rumah dan menurunkan semua foto di rumah dengan harapan Lailatul Qadar masuk ke rumah kita,” ungkap Nancy.

Kebiasaan masyarakat ini kemudian dikembangkan menjadi salah satu atraksi wisata. Semua rumah penduduk wajib menyalakan lampu tersebut. Keindahan Tumbilotohe pun bisa disaksikan mulai dari perbatasan Gorontalo dengan Sulawesi Utara bagian Timur hingga Provinsi Sulawesi Tengah di bagian Barat. Beberapa kreasi dari lampu juga turut memperindah suasana, mislnya dengan adanya tambahan hiasan bambu kuning atau ditambahkannya bunga-bunga khas adat Gorontalo.

Bila tertarik untuk menyaksikan festival ini, bisa datang ke Gorontalo pada 10 Juni 2018 mendatang. Tak hanya pemasangan lampu, Nancy juga mengatakan jika akan ada pasar senggol. Masyarakat biasanya datang ke pasar ini untuk membeli keperluan lebaran.