Surabaya Siaga I, Bandara Juanda Tingkatkan Keamanan

79

Surabaya-Siaga-I,-Bandara-Juanda-Tingkatkan-Keamanan

Hariannusanatara.comBandara Juanda yang ada di Surabaya, Jawa Timur, terlihat sedang melakukan peningkatan keamanan. Hal ini sebagai tindak lanjut dari aksi teror bom yang terjadi di Surabaya dua hari berturut-turut. Tim gabungan dari TNI dan pihak bandara telah disiagakan. Sementara itu, status siaga I sudah ditetapkan untuk situasi keamanan di Surabaya.

“Kami buat apel gabungan karena terkait situasi Jawa Timur, khususnya Surabaya yang lagi banyak peledakan. Dari data intelijen, kami diminta antisipasi dari setiap situasi yang tidak diinginkan,” ujar General Manager Bandara Juanda Surabaya, Kolonel Heru Prasetyo, Senin (14/5/2018).

Menurut pengungkapan Heru, Bandara Juanda merupakan bandara intra-sipil yang berdiri di lahan militer, tepatnya TNI Angkatan Laut. Oleh karena itu, peningkatan pengamanan tersebut akan dilakukan oleh pihak keamanan bandara (Avsec) yang bekersama dengan TNI AL.

“Sebelumnya, ada satgas untuk pengamanan terbuka dan tertutup 152 orang AL di Bandara Juanda. Kemudian karena situasi dan kondisi sekarang, kita tambah kekuatan dari marinir 2 pleton, atau sebangak 62 pasukan,” ungkap Heru.

“Total ada 243 pasukan gabungan dari TNI AL termasuk Marinir dan Avsec,” lanjut Heru.

Selain sejumlah personil, pihak keamanan bandara juga menyediakan kendaraan berlapis baja. Pihak bandara juga telah memetakan titik disekitar bandara mana saja yang rawan terhadap tindak pidana. Berdasarkan pemetaan tersebut, ada sembilan titik yang menjadi perhatian dan kesembilannya akan dijaga oleh pihak TNI AL.

“Hal ini kita lakukan sampai sikon sudah kondisif dari info intelijen,” ungkapnya.

Walau peningkatan di sekitar Bandara Juanda ditingkatkan, Heru menghimbau agar warga tak terlalu takut. Heru juga mengajak warga untuk bersama-sama melawan terorisme.

Loading...