Apple Resmi Luncurkan iPhone XR, Layar Besar Harga Murah

Apple-Resmi-Luncurkan-iPhone-XR,-Layar-Besar-Harga-Murah

Apple-Resmi-Luncurkan-iPhone-XR,-Layar-Besar-Harga-Murah

Hariannusantara.comPada peluncuran perangkat terbarunya, selain iPhone XS dan XS Max, Apple juga turut memperkenalkan iPhone XR. iPhone XR bisa dibilang sebagai penerus dari iPhone 8 Plus yang sudah keluar pada tahun lalu. Perangkat yang masuk dalam kelas menengah ke bawah tersebut menggunakan layar 6,1 inci lengkap dengan bezelless dan notch. Jika ditinjau dari kelasnya, layar ini sudah termasuk layar yang cukup besar, mengingat iPhone 8 Plus hanya menggunakan layar 5,5 inci.

Berbeda dengan iPhone XS dan iPhone XS Max, iPhone XR (Ten R) ini masih menggunakan layar LCD, bukan OLED yang biasanya digunakan oleh ponsel flagship. Penggunaan layar LCD ini pula yang mengakibatkan harga iPhone XR cukup terjangkau. Perangkat ini memiliki resolusi layar 1.792  828 pksel dengan kerapatan 326 ppi yang terbilang standar.

Ponsel ini keluar dengan lima pilihan warna yaitu kuning, coral, biru, putih dan hitam. Sama dengan yang digunakan oleh dua ponsel baru lainnya, iPhone XR juga dibekali dengan chipset premium A12 Bionic dengan arsitektur 7 nm yang diklaim handal untuk menangani pekerjaan berat. Di bagian belakang bodi, terdapat kamera tunggal dengan sensor resolusi 12 MP, lengkap dengan stabilizer optikal (OIS), bukaan F/1.8, lensa 6 elemen, true tone flash dan pendeteksi kedipan.

“Dengan satu kamera, iPhone XR bisa membidik mode portrait dengan menakjubkan,” kata VP Marketing Apple, Phillip Schiller di panggung peluncuran di Steve Jobs Theatre, Cupertino.

Loading...

Antara iPhone XS dengan iPhone XR intinya memiliki kesamaan, kecuali pada layar materi OLED, kamera belakang tunggal, dan tak hadirnya fitur 3D Touch. iPhone XR ini ditargetkan akan menyasar kelas menengah kebawah.

“Seri X mendeskripsikan visi kami untuk smartphone masa depan,” kata Phillip Schiller.

iPhone XR juga memiliki spesifikasi lain berupa baterai yang diklaim lebih lama 90 menit dibanding dengan iPhone 8 Plus, fitur anti-air bersertifikasi IP67, Dual SIM serta perekaman dengan audio stereo. iPhone XR ini tersedia dengan varian memori yaitu 64 GB, 128 GB dan 256 GB.

Baca juga:
– iPhone XC Bakal Jadi Versi Termurah iPhone 2018
– Terungkap! Ini Bekalan RAM iPhone Xs Series

Perihal harga, iPhone XR kabarnya akan dibanderol mulai 749 dollar AS atau setara dengan Rp 10,7 jutaan. Pemesanan awal perangkat ini akan dimulai pada 19 Oktober 2018 mendatang dan pengiriman akan dilakukan mulai tanggal 26 Oktober 2018. Sayangnya, belum ada kepastian kapan ponsel ini bakal hadir di Indonesia.