Harian Nusantara

Gambar Batik Bunga

Gambar 57 View

Batik adalah kain tradisional yang dibuat dengan teknik pewarnaan lilin dan pola cetak dengan metode manual tradisional atau dicetak.

Seni batik telah muncul lebih dari 2500 tahun yang lalu di India , Indonesia , dan Malaysia. Meskipun bukan tempat kelahiran Batik, Indonesia dianggap sebagai negara Batik, karena dinegara kita seni Batik sangat dihargai sebagai warisan nenek moyang. Sehingga kain batik dianggap sebagai produk merek nasional Indonesia di dunia.

Sebelumnya, warna tradisional yang digunakan dalam seni Batik hanya menggunakan warna-warna yang monoton seperti coklat, dan warna tua lainnya karena warna-warna ini mudah diekstraksi dari alam. Batik saat ini memiliki semua jenis warna. Pola yang digunakan pada Batik juga lebih bervariasi dan kaya, dari yang sederhana seperti motif geometris hingga motif kompleks seperti pohon rumput, bunga, binatang dan orang-orang dan juga lanskap.

Pada tanggal 2 Oktober 2009, teknik pencelupan tradisional Batik Indonesia telah terdaftar di UNESCO sebagai budaya warisan dari Indonesia.

Batik mungkin merupakan kata dasar untuk bahasa Jawa yang berate banyak dan titik. Selama periode kolonial Belanda, di Indonesia, seni Batik disebut dengan beberapa nama yang serupa: mbatek, batek, mbatik dan batik. Pada tahun 1880, di Eropa nama Batik pertama yang digunakan dalam “Encyclopaedia Britannica” dan secara resmi dikenal sebagai Batik.

Untuk membuat Batik, seniman menggambar motif menggunakan lilin yang dicampur dalam berbagai warna. Pola yang digambar pada kanvas pada awalnya dicat seluruhnya dengan tangan dan menggunakan pena yang disebut canting. Belakangan, orang menggunakan etsa atau perunggu, cetakan, dan alat-alat lain untuk melapisi lilin menjadi gambar pada kain. Namun, metode yang dilukis dengan tangan masih banyak digunakan karena cara membuat batik ini menjadi lebih unik dan khas.

Pada akhir proses pewarnaan, kain yang telah dibuat pola menggunakan lilin akan dikeringkan. Selanjutnya, dicelupkan ke pelarut untuk melarutkan lilin, atau gunakan setrika untuk secara tidak langsung dengan dilapisi koran atau tisu untuk mengelupas lilin. Ketika kain sudah tidak ada lilin, kain akan muncul warna dan pola garis karakteristik dari seni Batik.

Di Indonesia, seni Batik digunakan sebagai pakaian kasual dengan pola dekoratif yang sederhana. Pola batik yang rumit, banyak garis melengkung adalah gaya Batik yang digunakan pada pakaian yang resmi dan dikenakan pada acara-acara khusus seperti pernikahan atau acara resmi.

 

Koleksi Gambar Batik Bunga

Setelah mengetahui pengertian dan sejarah batik, berikut ini ada gambar batik bunga yang bisa menjadi inspirasi bagi Anda yang ingin belajar membuat batik sendiri di rumah.

Loading...
Copyright 2016 - 2019