Harian Nusantara

Gambar Untuk Mewarnai Bunga

Gambar 39 View

Mengapa menggambar dan mewarnai itu penting untuk perkembangan anak-anak? Anak-anak membutuhkan kesempatan untuk melatih keterampilan motorik untuk mengembangkan kemampuan mengoordinasikan gerakan dan melatih otot kecil di tangan mereka. Menggambar dan mewarnai adalah cara bagi anak-anak untuk mengembangkan keterampilan motorik yang mereka perlukan sebelum mereka belajar menulis. Keterampilan motorik adalah kemampuan untuk mengendalikan dan mengoordinasikan gerakan tangan untuk menyelesaikan tugas-tugas seperti menulis, mengikat tali sepatu atau menggunakan sumpit atau garpu untuk makan.

Bisakah anak autis mengalami kesulitan atau perbedaan saat menggambar dan mewarnai?

  • Anak autis lebih sulit daripada anak lain untuk mengoordinasikan gerakan tangan. Jadi anak-anak mungkin membutuhkan lebih banyak waktu dan dorongan untuk mengembangkan keterampilan ini.
  • Karena anak-anak memiliki kesulitan sensorik, ketika mewarnai anak-anak bisa mendapatkan tali kotor di tangan mereka, jari memegang warna.

Keterampilan apa yang dibutuhkan anak-anak untuk mengatasi menggambar dan mewarnai?

Tentukan tangan mana yang merupakan tangan dominan: tangan dominan adalah tangan yang digunakan untuk memegang pensil atau menarik ketika memotong. Anda dapat melihat tangan kanan atau kiri anak yang dominan digunakan untuk membantu anak-anak memahami peran masing-masing tangan dan bagaimana mengoordinasikan tangan untuk melakukan sesuatu.

Perlihatkan kepada anak-anak cara memegang pensil atau krayon terlebih dahulu, lalu minta mereka untuk mencoba. Mulailah dengan pensil besar atau krayon. Sarankan agar anak Anda menggunakan tangan yang tidak dominan, untuk memegang kertas atau notebook.

Untuk lebih mudah, gunakan pensil / krayon besar atau gunakan alat penahan pensil (seperti yang ditunjukkan).

Jika anak sulit menggunakan pensil atau krayon, memberi mereka jari untuk mewarnai juga merupakan cara yang baik untuk melatih otot dan mengoordinasikan gerakan.

Cara untuk mendukung anak-anak: pra-pemodelan untuk anak-anak, menggunakan foto, saran, atau dukungan penuh dengan memegang tangan anak jika diperlukan.

Beri semangat dan pujian ketika anak Anda mencoba mencapai hal-hal sendirian.

Sebagai seorang pemula, beri anak Anda pewarnaan kubus besar yang sederhana dengan batas tebal. Kesulitan menanjak dengan gambar yang lebih kecil, bentuk yang lebih kompleks dan batas yang lebih ramping.

Jika anak mengalami kesulitan dengan kegiatan menggambar atau mewarnai, orang tua dapat mengembangkan keterampilan untuk berkoordinasi dan berlatih tangan melalui kegiatan mewarnai dengan jari, bermain tanah liat atau bermain dengan benda-benda kecil lain yang perlu menggunakan gerakan tangan seperti menekan, mencubit atau mencubit.

Ciptakan peluang bagi anak-anak untuk meningkatkan keterampilan motorik halus. Misalnya, alih-alih membuka paket untuk anak Anda, biarkan anak Anda mencoba membukanya. Masukkan beberapa mainan anak-anak ke dalam kantung yang tertutup rapat dan biarkan anak Anda mencoba membuka kantungnya, biarkan dia bermain tanah liat atau biarkan dia membuka tutup wadah.

Untuk membantu anak belajar mewarnai silahkan simak kumpulan Gambar Untuk Mewarnai Bunga di bawah ini,

Kumpulan Gambar Untuk Mewarnai Bunga

Loading...
Copyright 2016 - 2019