Harian Nusantara

Penyebab dan Cara Mengobati Demam Panas Pada Anak-Anak

kesehatan 68 View

Demam merupakan gejala yang sangat umum pada bayi dan anak kecil. Namun terkadang demam dengan panas tinggi membuat orangtua gugup dan bingung bagaimana cara mengatasinya. Karena itu Anda harus memelajari cara mengurangi demam panas pada anak-anak di rumah untuk membantu panas cepat turun.

Ada banyak penyebab anak-anak demam panas seperti: Anak-anak baru diimuniasi, tumbuh gigi, perubahan cuaca, infeksi, infeksi virus, dan keracunan makanan. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting tentang demam panas pada anak-anak dan cara cepat untuk mengurangi demam panas pada anak-anak di rumah untuk membantu anak cepat sembuh.

Apa penyebab demam panas pada anak-anak?

Anak Anda mungkin mengalami demam panas karena salah satu penyebab berikut:

  • Infeksi: Sebagian besar anak-anak dengan demam panas disebabkan oleh infeksi atau infeksi dengan penyakit. Demam panas merupakan cara tubuh melawan infeksi dengan merangsang mekanisme pertahanan alami.
  • Imunisasi: Bayi dan anak kecil terkadang mengalami demam ringan setelah diimuniasasi.
  • Mengenakan terlalu banyak pakaian : Anak kecil, terutama bayi, akan mudah demam panas jika terlalu tertutup atau berada di lingkungan yang panas karena bayi belum dapat mengatur suhu tubuh dengan baik.
  • Tumbuh Gigi: Tumbuh gigi juga bisa meningkatkan suhu tubuh, tetapi hanya sedikit. Jika suhu tubuh bayi Anda lebih tinggi dari 38 °C, maka bayi lebih cenderung mengalami demam panas.
  • Beberapa penyakit lain: Demam panas juga mungkin merupakan salah satu tanda penyakit berbahaya seperti radang paru-paru, malaria, demam berdarah, meningitis, septik ensefalitis. Anak-anak yang mengalami demam panas tinggi dan sangat lelah disertai gejala lain termasuk menggigil, pendarahan, kejang, muntah, sesak napas, sianosis, kantuk, pingsan atau koma, kondisi ini dapat mengancam jiwa jika tidak terdeteksi dan ditangani dengan segera.

Cara Menurunkan Demam Panas Pada Anak

Jika anak Anda demam panas tinggi dan Anda khawatir dengan panas yang tidak mau turun, maka Anda juga bisa melakukan beberapa perawatan di rumah dengan beberapa obat tradisional seperti menggunakan batang brotowali, daun jeruk nipis, daun pepaya dan daun sambiloto.

Kesimpulan

Itulah yang dapat orang tua ketahui tentang penyebab demam panas pada anak dan cara menurunkan demam panas pada anak-anak menggunakan bahan-bahan alami yang dianggap aman dan merupakan penanganan yang bisa dilakukan awal di rumah. Tapi jika demam panas bekelanjutan diatas 38 °C dan disertai gejala lainnya selama 3 hari dan tidak sembuh, segeda bawa ke dokter atau rumah sakit terdekat untuk penanganan tepat waktu.

Loading...
Copyright 2016 - 2019