Harian Nusantara

Fungsi pipet volum gondok volume pipette

review produk 98 View

Fungsi pipet volum gondok volume pipette

Pipet biasanya dipake untuk melakukan pengujian-pengujian biologi molekuler,kimia analitik juga kedokteran. Pipet terdiri dari berbagai macam jenis, dengan tingkat ketelitian dan ketepatam yang berbeda. Pipet jenis ini memiliki tingkat ketelitian yang tinggi, untuk desain pipet ini ramping dibagian penunjuk volume.

Bentuk dari pipet volum adalah silinder dan bentuknya panjang menyerupai sedotan. Biasanya terbuat dari beling atau bahan yang transparan. Biasanya berukuran ml, oleh karena itu sangat cocok digunakan pada proses pengujian tertentu yang membutuhkan keakuratan yang tinggi.

Kelebihan dari alat pipet volum gondok adalah adanya tabung silinder yang terletak diantara ujung pipa atas dan bawah.Fungsinya adalah untuk menampung cairan.

Loading...

Cara menyimpan alat ini sebaiknya diletakkan pada rak atau papan khusus seperti yang ada di laboratorium. Karena bahan pipet ini mudah pecah dan jatuh maka kita harus memberikan perawatan khusus pada pipet volum gondok.

Jangan sampai tertukar antar pipet ukur dan pipet volum. Pipet ukur berbentuk panjang dan mempunyai ujung yang runcing. Sedangkan pipet volum memiliki bentuk panjang tetapi tengahnya menggelembung. Pipet ukur mempunyai ukuran 0.1-25ml. Sedangkan pipet volum memiliki ukuran 1-100ml.

Fungsi dan manfaat pipet volum gondok

Fungsi pipet volum gondok umumnya digunakan untuk :

  • Memindahkan cairan dari satu wadah ke wadah lain, digunakan untuk memindahkan baku primer saat proses titrasi sehingga pipet tidak mudah lepas dari bola hisapnya saat digunakan.Pencetlah huruf A yang terdapat pada bola hisap untuk menyedot cairan. Sedangkan Pencet huruf E untuk mengeluarkan cairannya.
  • Mengambil cairan dalam jumlah kecil

Dalam suatu uji coba, pada waktu pengambilan cairan bisa dalam jumlah yang banyak ataupun kecil. Dan harus dilakukan dengan tepat sesuai ukuran yang dibutuhkan. Oleh karena itu diperlukan alat untuk memindahkan cairan dalam jumlah yang sedikit/kecil yaitu pipet volum. Walopun terkesan sangat sederhana tapi alat ini terlihat begitu penting karena bisa memindahkan cairan dalam jumlah kecil terutama pada cairan yang berbahaya.

Cara menggunakan pipet volum gondok

Pastikan sebelum kita menggunakan pipet volum ini,pipet dalam kondiai kering dan bersih. Setelah itu pastikan dulu kita akan membutuhkan berapa ukuran yang akan dipakai. Setelah mengetahui ukuran yang akan dipakai, lalu perhatikan cairan itu sesuai dengan volume yang dibutuhkan.

Yang terakhir lalu pindahkan ke wadah lain yang telah disiapkan. Proses pemindahan ini bisa sekaligus atau setetes demi setetes.

Ini tentu akan sangat mudah dilakukan kalau kita sudah tau ukuran yang dibutuhkan. Pastikan cairan yang anda sedot sesuai dengan jumlah volume yang dibutuhkan. Sebenarnya memggunakan pipet volum ini cukup mudah dilakukan, tetapi sayangnya seringkali kita melakukan kesalahan -kesalahan kecil yang seharusnya tidak boleh dilakukan pada saat menggunakan pipet volum. Kesalahan kecil ini bisa berpengaruh pada hasil uji coba yang akan dilakukan. Oleh karena itu kitapun harus benar-benar melakukannya dengan sangat hati-hati agar hasilnya akan tepat dan akurat.

Hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama menggunakan pipet volum:

  • Tidak membasahi bagian dalam pipet volum. Jika kmau tidak melakukan halini maka resikonya adalah volume akan berkurang dan menguap.
  • Perhatikansuhu ruangan. Kita harus selalu memperhatikan suhu ruangan ketika memakai pipet volum karena akan berpengaruh terhadap volune pipet yang menguap. Janganlah memegang terlalu lama pipet ini ketika kita mennggunakannya, pengaruh suhu tubuh juga sangat mempengaruhi pipet volum.
  • Jika terdapat lebihan cairan, cukup tempelkan bagian ujung ke sisi wadah cairan,sehingga tidak perlu lagi untuk menghilangkan cairan menggunakan tisu.
  • Pada saat menyedot cairan, jangna melakukannya pada sudut miring. Hal ini akan berpengaruh padavolume cairan. Terutama pada cairan yang membutuhkan volume yang kecil.

Harga pipet volum gondok

1. Pipet volum I mL di Tokopedia

 

  • Pipet volum 1ml
  • Bahan pyrex
  • Harga Rp 45.000

2. Pipet Volum 2ml di bukalapak

 

  • Pipet volum 2ml
  • Bahan pyrex
  • Harga 59.000

3. Pipet volum 2ml di shoppe

 

  • Pipet volum 2ml
  • Bahan pyrex
  • Harga Rp 35.000

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019