Usai Asian Para Games 2018, Wisma Atlet Bakal Disewakan Dengan Harga Murah

Usai Asian Para Games 2018, Wisma Atlet Bakal Disewakan Dengan Harga Murah

Usai Asian Para Games 2018, Wisma Atlet Bakal Disewakan Dengan Harga Murah

Hariannusantara.comWisma Atlet Kemayoran akan disewakan setelah penyelenggaraan Asian Para Games 2018. Rencananya, hunian vertikal yang akan difungsikan sebagai rumah susun sederhana sewa (rusunawa) itu diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Direktur Rumah Umum dan Komersial Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Yusuf Hari Agung mengatakan, besaran uang sewa nantinya diatur oleh pengelola setelah wisma tersebut diserahkan kepada Kementerian Sekretaris Negara (Kemensetneg).

Kendati demikian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah mengeluarkan acuan Pasal 27 Peraturan Menteri (Permen) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Bantuan Pembangunan dan Pengelolaan Rumah Susun. Untuk diketahui, UMP Provinsi DKI mencapai Rp 3.648.035. Itu artinya, maksimum biaya sewa Wisma Atlet yang dibebankan yakni sebesar Rp 1.216.011. Yusuf menambahkan, bila dalam pelaksanaannya ada masyarakat yang merasa tarif sewa terlalu tinggi, maka pemerintah pusat maupun pemerintah daerah dapat memberikan subsidi tarif sewa sesuai kewenangannya.

“Setinggi-tingginya adalah sepertiga dari upah minimum provinsi (UMP). Tapi memang dalam prakteknya, bisa jadi masyarakat itu keterjangkauannya kurang. Seperti di Rawa Bebek, Rp 750.000. Selisih biaya operasional dan perawatan itu disubsidi oleh Pemprov DKI. Kalau (pengelolanya) di Setneg, ya Setneg yang akan subsidi,” jelas Yusuf.

Baca juga:
– FIFA Turun Tangan, 4 Nama Ini Jadi Kandidat Kuat Bakal Ketum PSSI
– Kembali Bela Macan Kemayoran, Marko Simic Tak Sabar Cetak Gol Demi Gol

Loading...

Untuk diketahui, terdapat sepuluh menara di dalam Kompleks Wisma Atlet Kemayoran. Tiga menara pertama dibangun di atas lahan seluas 135.000 meter persegi di Blok C-2 dengan jumlah total 1.932 unit. Sementara, tujuh menara lainnya dibangun di Blok D-10 seluas 333.700 meter persegi dengan total 5.494 unit. Setiap unit merupakan tipe 36 yang dilengkapi dua kamar tidur, ruang tamu, dapur, kamar mandi dan tempat cuci jemur.