Begini Cara Mengatasi Ponsel Yang Cepat Panas

Tips-Merawat-Baterai-Ponsel-Agar-Tetap-Awet-dan-Tahan-Lama

Umidigi-C-Note,-Ponsel-Gaming-Anti-Lag-Kini-Diobral-Murah

Hariannusantara.comOverheat atau panas berlebih memang menjadi masalah yang sering dialami oleh ponsel, apalagi di momen mudik seperti sekarang. Ada beberapa faktor penyebab overheat seperti penggunan ponsel seharian, baterai berkualitas buruk, menggunakan casing pelindung yang terlalu tebal, dan hal lainnya. Namun, ada beberapa cara sendiri untuk mengantisipasi panas berlebih yang dapat memicu ledakan pada ponsel. Simak tips berikut ini!

Instal Aplikasi Seperlunya

Penggunaan banyak aplikasi ini bisa membuat ponsel cepat panas. Walaupun saat ini banyak ponsel didukung dengan komponen hardware penunjang multitasking, seperti RAM yang tinggi, tetap saja pembiaran ini akan berakibat fatal pada ponsel. Bila hal ini terus dilakukan, tentu potensi ponsel overheat akan sangat besar.

Gunakan Baterai Original

Loading...

Saat ini, penggunaan baterai tanam sudah menjadi tren produksi ponsel. Namun saat baterai sudah mulai berada pada kondisi drop, kita dapat menggantinya dengan yang baru. Saat baterai ponsel rusak, sebaiknya ganti dengan baterai original yang memiliki kualitas lebih baik dan sudah terjamin ketahanannya, walaupun harganya cukup mahal.

Charge Ponsel Secukupnya

Jika baterai ponsel Anda sudah terisi penuh, sebaiknya segera hentikan proses charging. Kebiasaan membiarkan baterai terhubung dengan charger secara terus menerus ternyata tidak aman. Hal ini juga dapat menyebabkan baterai ponsel cepat panas atau overheat. Selain itu jangan terlalu sering menggunakan ponsel yang sedang di charge. Hal ini dapat memicu overheat lebih cepat karena pemrosesan aplikasi dan hardware ditambah temperatur yang dihasilkan ketika mengisi daya baterai.

Lepas Cover Pelindung

Sebaiknya jangan menutupi ponsel dengan cover pelindung yang terlalu tebal. Penggunaan cover yang tebal memang cukup bagus untuk melindungi ponsel dari goresan. Namun, cover yang tebal tersebut dapat menutup udara masuk sehingga ponsel menjadi cepat panas.

Biarkan Lubang Charger terbuka

Beberapa ponsel sudah menggunakan sertifikasi tahan air, dan memiliki penutup lubang charger. Sebaiknya port charger pada ponsel tidak dalam keadaan tertutup. Hal ini dilakukan agar ponsel tidak mengalami panas yang berlebih atau overheating karena kurangnya udara masuk ke dalam ponsel.

Baca juga:
– Rupiah Lemah, Penjualan Ponsel Merosot Hingga 70 Persen
– Berbahaya! Jangan Letakkan Ponselmu di 5 Tempat Ini

Selain itu, Anda juga perlu menyimpan ponsel di tempat-tempat yang memiliki ventilasi udara yang baik atau berada di suhu ruangan ber-AC. Hal tersebut cukup berpengaruh terhadap kualitas ponsel itu sendiri. Usahakan juga jangan menyimpan ponsel di bawah bantal karena ini juga akan berpengaruh meningkatkan panas, bahkan terkena resiko rusak karena tertindih badan saat tidur.