Rutin Lakukan Ini Setiap Hari Dijamin Maag Tak Bakal Kambuh!

Rutin Lakukan Ini Setiap Hari Dijamin Maag Tak Bakal Kambuh!

Rutin Lakukan Ini Setiap Hari Dijamin Maag Tak Bakal Kambuh!

Hariannusantara.comPenyakit maag menjadi umum dan hampir dialami banyak orang. Sakit maag yang sering kambuh tentu sangat mengganggu aktivitas. Ditambah lagi, Anda harus lebih ketat menyeleksi makanan sehari-hari agar gejalanya tidak makin parah. Selain bikin perut tidak nyaman, maag juga menyebabkan nyeri dada, sakit tenggorokan, dan bau mulut. Sayangnya, maag tidak dapat disembuhkan. Namun untuk mencegahnya agar tidak sering kambuh, ada banyak cara yang bisa Anda terapkan sehari-hari.

1. Minum obat maag

Saat maag menyerang, tindakan pertama yang harus Anda lakukan adalah minum obat maag. Pilihan obat maag yang bisa Anda konsumsi pun beragam. Mulai dari obat antasida; blocker asam seperti ranitidine, famotidine, atau cimetidine hingga proton pump inhibitors seperti omeprazole dan lanzoprazole. Obat-obatan tersebut bisa Anda dapatkan dengan atau tanpa resep dokter.

2. Makan dengan porsi sedikit

Loading...

Usahakan untuk selalu makan tepat waktu dan dengan porsi yang lebih kecil agar Anda bisa makan lebih sering. Pastikan juga Anda makan perlahan. Cara mengatasi maag satu ini cukup ampuh, karena dengan begitu Anda bisa menghindari kenaikan asam lambung akibat perut yang kelamaan tidak terisi makanan. Selain pola makan, sebaiknya hindari makanan yang tinggi asam, pedas, dan tinggi kafein.

3. Jangan rebahan setelah makan

Sebaiknya tunggu setidaknya 30 menit setelah makan jika Anda mau bersantai membaringkan tubuh. Pasalnya, langsung berbaring setelah makan bisa membuat asam lambung akan kembali naik ke tenggorokan.

4. Istirahat yang cukup

Salah satu cara mengatasi maag yang paling jitu adalah banyak istirahat. Sebaiknya, hentikan semua aktivitas yang sedang Anda jalani dan istirahat sampai kondisi tubuh Anda pulih kembali. Terlalu memforsir tubuh sampai kehabisan energi malah bisa membuat maag tambah parah. Istirahat yang cukup juga dapat mengurangi stres, yang bisa memicu terjadinya gejala maag.

Baca juga:
– Anda Merasakan  Gejala Ini? Sebaiknya Kurangi Minum Kopi
– Konsumsi Buah-Buahan Ini Dipercaya Bisa Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

Menerapkan cara-cara diatas secara rutin setiap hari bisa mencegah serangan maag. Disamping itu, maag juga bisa diantisipasi dengan lebih selektif dalam memilih makanan.