Harian Nusantara

Fungsi alat endoscopy

review produk 74 View

Fungsi alat endoscopy

Dunia medis saat ini telah berkembang pesat menyesuaikan dengan kemajuan teknologi, sehingga banyak penemuan-penemuan baru baik itu berupa obat-obatan maupun alat kesehatan yang berguna untuk memeriksa kesehatan. Jika dahulu alat kesehatan hanya berupa alat-alat untuk operasi seperti pisau bedah, jahit dan alat manual lainnya, sekarang ini sudah banyak alat kesehatan yang menggunakan teknologi tinggi untuk mengetahui kesehatan dan kondisi tubuh pasien misalnya dengan scaning, x-ray yang tak perlu membedah untuk melihat bagian dalam tubuh pasien serta berbagai alat canggih lainnya. salah satu alat kesehatan yang banyak di gunakan oleh dokter untuk mengetahui keadaan bagian dalam organ tubuh pasien adalah endoscopy.

Apa itu alat endoscopy?

Endoscopy merupakan alat yang di gunakan untuk pemeriksaan bagian dalam tubuh pasien yang di masukan melalui rongga terutama untuk mengetahui keadaan saluran cerna atas dan saluran cerna bawah sehingga dokter akan tau kondisi pasien apakah terjadi kelainan atau tidak di dalam saluran pencernaan pasien baik pada saluran pencernaan bawah maupun saluran pencernaan atas pasien. Alat endoscopy ini berupa tabung kecil yang lentur dan fleksibel serta terdapat kamera di dalamnya sehingga ketika endoscopy masuk ke dalam tubuh maka kamera dapat menampilkan kondisi dalam tubuh melalui televise yang ada pada ruang pemeriksaan.

Loading...

Jenis-jenis endoscopy

Ada beberapa jenis endoscopy yang perlu anda ketahui, karena setiap endoscopy berbeda fungsinya sesuai dengan kebutuhan dan keluhan pasien yang akan di endoscopy. Untuk itu, berikut kami berikan beberapa penjelasan tetang jenis endoscopy yang perlu anda pahami.

Endoskopi atas

Endoscopy atas adalah endoscopy yang di lakukan melalui tubuh bagian atas dan biasanya untuk memeriksa saluran pencernaan bagian atas. Endoscopy atas ini dilakukan dengan memasukan endoskop kedalam mulut pasien kemudian turun ke tenggorokan dan kerongkongan. Dengan begitu nanti akan terlihat jelas pada bagian mana dari saluran pencernaan pasien yang bermasalah tersebut.

Kolonoskopi atau endoskopi bawah

Pada endoskopi bawah ini, alat endoskop akan di masukan melalui tubuh bagian bawah pasien atau rectum untuk kemudian menuju ke usus besar dan kolon. Dengan begitu maka akan terlihat jelas pada bagian usus pasien jika terjadi kelainan atau luka pada bagian usus yang perlu di obati.

Endoscopy retrograde (ERCP)

Endoskopi ini adalah pemeriksaan bagian dalam organ pasien yang menggunakan alat endoskop yang digunakan untuk memeriksa kondisi kandungan empedu serta kondisi pancreas. Dengan begitu nanti akan terlihat kondisi empedu dan pancreas pasien apakah bermasalah atau tidak, selain itu endoscopy retrograde (ERCP) ini juga biasanya bisa di gunakan sebagai alat untuk menghancurkan batu empedu yang mengendap di saluran empedu pada pasien yang bermasalah dengan empedunya.

Endoscopic ultrasound

Teknik endoskopi yang satu ini cukup berbeda dengan teknik endoskopi pada umumnya, karena endoscopic ultrasound ini lebih canggih yakni dengan menggunakan gelombang ultra sound sehingga dapat memeriksa kondisi pencernaan pasien secara menyeluruh.

Biopsy

Biopsy adalah salah satu endoskopi yang dilakukan dengan cara mengambil contoh jaringan tubuh pada saluran pencernaan pasien. Endoscopy biospsy ini menggunakan alat tambahan khusus untuk mengangkat jaringan pada saluran pencernaan yang terinfeksi. Kemudian jika sudah, maka contoh jaringan yang telah di ambil tersebut akan di analisa oleh dokter untuk mengetahui apakah ada kelainan pada sistem pencernaan pasien atau ada penyakit terntentu pada saluran pencernaan pasien.

Persiapan sebelum melakukan endoscopy

Layaknya operasi pada umumnya, sebelum melakukan endoscopy maka pasien yang akan di endoscopy juga diharuskan melakukan persiapan agar ketika proses endoscopy berjalan maka akan lancar dan tidak terjadi kesalahan. Persiapan yang harus di lakukan oleh pasien antara lain menjaga pola makan, pasien tidak di bolehkan makan selama 6-8 jam sebelum proses endoskopi di lakukan. Hal ini dilakukan karena untuk melihat kondisi usus besar yang mana sebelum di lakukan endoskopi maka seluruh kotoran harus di bersihkan. Selain itu pasien juga akan di berikan obat penenang dan bius umum agar pasien lebih relaks dan meminimlaisir rasa sakit ketika proses endoskopi.

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019