Harian Nusantara

FUNGSI DAN CARA PEMAKAIAN CORONG GELAS LABORATORIUM

review produk 84 View

FUNGSI DAN CARA PEMAKAIAN CORONG GELAS LABORATORIUM

Perkembangan ilmu pengetahuan di bidang kimia semakin maju dari tahun ke tahun. Ilmu pengetahuan kimia bekembang pesat bukan tanpa alasan. Kemajuan itu dilatarbekangi karena dukungan alat-alat laboratorium yang memadai saat melaukakan uji coba. Lebih dari ribuan alat laboratorium diciptakan untuk mengembangkan sains. Salah satunya yaitu corong gelas. Alat ini pasti sering kamu lihat di laboratoriun atau ruang praktikum lain. Mungkin kamu juga pernah melihatnya di siaran televisi atau youtube. Namun, tahukah kamu apa fungsi dan bagaimana cara pemakaiannya? Nah, jika kamu belum tahu apa fungsi dan cara memakai corong gelas, simak penjelasan berikut.

Apa itu Corong Gelas?

Terbagi menjadi dua jenis alat laboratorium untuk corong gelas. Jenis yang pertama yaitu corong karet/plastic dan jenis yang kedua ialah corong gelas. Jika dilihat dari bentuknya, kedua corong ini memiliki persamaan bentuk yaitu terdiri dari batang dan mulut corong.

Loading...

Corong gelas memiliki ukuran yang beragam, dari mulai yang kecil hingga yang besar. Ukuran diameter atas corong panjang menyesuaikan batangnya. Adapun ukuran diameter corong dari yang terkecil hingga terbesar yakin: terkecil 50 mm, 75 mm, 100 mm, 150 mm, dan yang terbesar 200 mm. beragamnya ukuran corong gelas bertujuan untuk memudahkan memasukkan cairan ke dalam wadah saat uji coba/ praktek di laboratorium.

Fungsi dan Kegunaan Corong Gelas Laboratorium

  1. Sebagai Alat untuk Memindahkan Cairan atau Larutan Kimia

Kegunaan paling utama dari corong gelas yaitu unuk membantu proses memindah dan memasukkan cairan atau larutan ke dalam wadah saat uji coba berlangsung.

  1. Sebagai Alat Penyaringan atau Filter

Selain memiliki fungsi utama untuk memindahkan cairan, alat laboratorium yang satu ini juga memiliki fungsi sebagai penyaring. Cara menggunakannya adalah dengan memasangkan kertas penyaring pada ujung bagian bawah corong gelas kimia. Ketika memindahkan larutan, maka secara otomatis akan tersaring oleh kertas penyaring pada corong.

  1. Sebagai alat untuk menyaring campuran bahan kimia
  2. Untuk memasukkan larutan pada wadah yang memiliki output dan input yang lebih kecil

Cara Memakai Corong Gelas

Jika kamu mengira cara menggunakan corong ini sama seperti corong biasa, maka anggapan kamu salah. Cara menggunakan corong gelas tidak bisa disamakan seperti menggunakan corong biasa. Diperlukan extra kehati-hatian menginga bahan pembuatan alat laboraorium ini ialah gelas yang rentan pecah. Tak seperti alat laboratorium, cara menggunakan corong ini sangat mudah dan tidak harus menggunakan perhitungan yang tepat, karena corong ini hanya berfungsi membantu memindahkan cairan. Langsung saja, di bawah ini panduan dalam menggunakan corong gelas.

  • Ambil dan posisikan corong gelas ke wadah baru untuk memindahkan cairan
  • Pastikan corong terpasang dengan tepat, sempurna, dan tidak goyang
  • Selanjutnya, tuangkan cairan dengan hati-hati ke wadah baru tersebut. Masukkan dengan perlahan agar batang corong gelas tetap seimbang sehingga cairan tidak tumpah ke mana-mana
  • Jika wadah baru tidak memungkinkan atau sulit dipasangi corong, kamu tetap bisa memindahkan cairan dengan menuangkannya saambil satu tangan memegangi corong dengan baik

Tetap lah berhati-hati agar cairan tidak tumpah ke tempat lain. Sangat diimbau untuk jangan tergesa-gesa dalam menuangkan cairan. Hal itu dikarenakan corong gelas biisa saja pecah dan membahayakan keselamatan kamu. Ingat lah unttuk selalu mengutamakan keselamatan saat melakukan praktek atau uji coba.

Tips Menyimpan Corong Gelas yang Benar

Kamu tidak boleh sembarangan dalam menyimpan corong gelas ini. Kamu harus memerhatikan tempat penyimpanan agar keawetan dan kebersihan alat ini tetpa terjaga.

Simpan lah corong gelas ini di tempat yang aman dan tidak mudah goyang. Misalnya, simpan di rak dan berikan sekat. Sesuaikan ukuran rak dengan ukuran corong gelas. Letakkan corong dalam posisi menghadap ke atas. Sebaiknya, untuk menjaga kebersihan corong gelas, lapisi alat ini dengan kain dan pastikan permukaan corong tertutup rapat.

Harga Corong Gelas Laboratorium

Harga alat laboratorium ini sangat beragam. Setiap ukuran memiliki harga yang berbeda-beda. Mulai dari  Rp. 35.000 hingga Rp. 100.000. untuk detail harga lengkap tiap ukuran, kamu bisa kunjungi situs jual beli alat laboratorium online yang terpercaya.

 

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019