Harian Nusantara

Fungsi GAAS Kasa

review produk 124 View

Fungsi GAAS Kasa

Bagi sebagian besar orang pasti sudah kenal dengan alat yang satu ini. Gaas atau kasa merupakan salah satu alat medis yang penggunaannya kian populer saat ini. Biasanya alat ini digunakan dalam kegiatan yang menimbulkan kecelakaan sehingga korbannya mengalami pendarahan dan harus di tutupi. Untuk itu, alat gaas ini sangat penting keberadaannya. Sangat dibutuhkan oleh manusia dalam rangka menunjang keselamatan dan juga kesehatan. Namun bagi sebagian besar orang juga bingung apa itu gaas dan Kasa ini?

Apa itu Gaas dan Kasa

Gaas atau kasa ini merupakan alat medis yang sangat penting. Digunakan sebagai alat perban untuk menghentikan pendarahan. Nama dari alat ini sebenarnya dari bahasa Belanda yang sudah diterjemahkan pada bahasa Indonesia. Bentuk dari gaas ini layaknya sebuah kawat ram. Bahan baku pembuatannya adalah kain. Sementara itu di bagian permukaannya terdapat lubang lubang yang berukuran seragam. Ukuran lubang lubang ini disesuaikan dengan golongan dan kebutuhan.

Loading...

Fungsi dari Gaas atau Kain Kasa

Mungkin anda yang sudah kental dengan proses P3K pastinya kenal dengan alat yang satu ini. Gaas atau Kain Kasa ini memiliki fungsi umum sebagai penutup luka dan menghentikan pendarahan. Peranannya yang penting ini membuat kasa menjadi barang wajib yang harus dibawa dalam kotak p3k. Untuk jenis gaas setia atau nama lainnya adalah kasa hydrofil steril paling banyak digunakan yang berukuran 18×22 cm. Jika anda membelinya maka anda akan diberikan dus yang isinya adalah 16 lembar gaas. Dengan alat ini luka-luka bisa ditutupi sehingga akan meminimalisasi kontaminasi. Untuk menggunakan alat ini kita membutuhkan plester yang dilekatkan pada bagian tubuh yang membutuhkan.

Golongan Gaas

Salah satu golongan dari gaas adalah dressing atau orang sering menyebutnya dengan Wound dressing. Istilah ini juga sering disebut perban. Golongan perban merupakan salah satu diantara jenis gaas. Namun untuk ukuran dari perban jauh lebih pendek

Gaas juga ada yang dilengkapi dengan obat. Alat ini dikenal juga dengan merek seperti Supra-tulle atau Heochst. Alat gaas ini merupakan perban yang berisi antibiotika Soframycin. Alat ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada luka-luka yang baru terbentuk. Ada banyak jenis gaas yang mengandung obat. Antara satu dengan lainnya dibedakan dengan jenis kandungan didalamnya misalnya saja untuk bactigras merupakan gaas yang mengandung senyawa Chlorhexidine, lalu ada actisorb yaitu kasa steril yang mengandung Charcoal atau arang. Ada juga yaitu jelonet yang merupakan gaas kasa yang mengandung paraffin. Alat ini juga seri.g disebut dengab nama paraffin gauze.

Pembalut

Alat ini sebenarnya setali tiga uang dengan gaas kasa. Memiliki karakteristik yang sama namun cukup berbeda sebenarnya. Apa yanh anda fikirkan apabila mendengar kata perban? Pastinya kita akan berfikir bahwa perban adalah kain pembalut. Sebenarnya tidak salah, perban dan pembalut ini merupakan satu kesatuan. Sebuah alat medis berupa rol-rolan yang memiliki bentuk memanjang dan berfungsi untuk membalut luka. Untuk warnanya sendiri yaitu putih.

 

Harga GAAS Kasa

Alat gaas atau kasa ini memang memiliki harga yang cukup terjangkau. Harganya tidak semahal peralatan medis lainnya. Untuk harganya sendiri dibanderol di bawah 50 ribu untuk jumlah yang normal. Apabila anda membelinya lebih dari itu maka bisa saja harganya jauh lebih tinggi. Salah satu harga dari gaas kasa yang kami temukan di aplikasi Shopee adalah Rp.27.000 cukup murah bukan.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019