Harian Nusantara

Fungsi Alat Musik Kecapi

review produk 164 View

Kecapi merupakan alat musik tradisional yang berasal dari tanah pasundan atau Jawa Barat. Alat musik tradisional yang satu ini dimainkan dengan cara di petik seperti halnya gitar, bass dan semacamnya. Alat musik Kecapi sudah ada sejak berabad-abad yang silam dan telah di kenal oleh masyarakat dari zaman ke zaman.

Pada artikel kali ini kami akan mengulas secara tuntas semua hal yang berkaitan dengan alat musik kecapi mulai dari hal mendasar seperti pengertian kecapi, fungsi dan kegunaan alat musik kecapi, cara memainkan dan juga harga dari alat musik kecapi. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap dari artikel yang ada di bawah ini.

Apa itu Kecapi?

Kecapi adalah salah satu alat musik tradisional Indonesia yang berasal dari Sunda, awal mulanya alat musik ini berasal dari cina, dan di cina alat musik dini memiliki nama Ghuzeng. Sementara itu, di nusantara sendiri alat musik kecapi di yakini berasal dari Sunda atau Jawa Barat.

Loading...

Lebih tepatnya dari kawasan Kuningan, Jawa Barat. Alat musik Kecapi yang tercatat sejarah berasal dari Kuningan, semakin jelas dibuktikan kebenarannya karena di yakini bahwa alat musik tersebut dibuat dari bahan tanaman sentul, yang mana merupakan tanaman dari daerah tersebut. Bahan tersebut menjadi awal-awal ketika kecapi pertama kali dibuat.

Dan untuk saat ini, alat musik kecapi banyak dibuat dengan menggunakan kayu kenanga. Proses pembuatan alat musik kecapi ini cukup kompleks dan membutuhkan waktu yang cukup lama. Kayu kenanga yang akan dibuat menjadi kecapi terlebih dahulu harus di rendam dalam air hingga sampai 3 bulan lamanya.

Kemudian pada bagian senarnya, sebenarnya kecapi menggunakan senar dari bahan kawat kausa yang memiliki kualitas lebih baik dari kawat biasa. Namun karena harga dari kawat kausa yang cukup mahal, alhasil kebanyakan alat musik kecapi saat ini dibuat dengan menggunakan senar dari bahan kawat baja biasa.

Alat musik kecapi memiliki dua jenis atau tipe. Yang pertama adalah alat musik kecapi perahu dan kecapi siter. Jenis kecapi perahu dibuat dengan bentuk menyerupai perahu. Di buat dengan proses yang cukup lama yaitu 3 bulan dan pada bagian resonansinya dibuat pada area bawah agar menghasilkan suara yang kurang jelas terdengar.

Pada jaman dulu, jenis kecapi perahu cara pembuatannya menggunakan bahan kayu bongkahan yang dipahat. Jenis yang lain adalah kecapi siter. Kecapi siter ini memiliki bentuk yang jauh lebih sederhana dan simpel dibanding dengan kecapi perahu. Kecapi siter memiliki bentuk seperti trapesium pada sisi atas dan bawah serta dalamnya terdapat lubang resonansi.

Fungsi Alat Musik Kecapi

Secara musikalitas, ada dua macam fungsi dari alat musik kecapi. Fungsi pertama adalah induk dan yang lain adalah rincik. Kita akan membedah lebih detail mengenai fungsi induk dan juga fungsi rincik.

Fungsi induk merupakan kecapi dimainkan menjadi epicentrum dalam sebuah instrumen musik. Atau bisa di bilang kecapi tersebut menjadi pimpinan dalam sebuah orkestra. Kecapi yang menjadi induk dalam kelompok musik biasanya memiliki senar atau dawai dengan paling minimal 18 dan terbanyak adalah 20 dawai.

Kecapi tersebut akan memberikan permainan-permainan nada semisal intro, bridges dan interlude. Dan kecapi tersebut juga akan memberikan tempo yang mengatur ritme permainan musik tersebut. Dan fungsi lain dari kecapi dalam skala musik adalah rincik. Fungsi tersebut memerankan untuk memperkaya iringan musik. Dawai yang digunakan juga jauh lebih sedikit yaitu sekitar 15 dawai.

Sedangkan fungsi alat musik kecapi dari segi sosial adalah sebagai pengiring ketika mengadakan acara-acara hajatan semisal pernikahan dan lain sebagainya.

Cara Menggunakan Alat Musik Kecapi

Alat musik kecapi dimainkan dengan cara di petik pada dawai-dawainya yang memiliki jumlah banyak menggunakan jari. Alat musik tersebut akan menghasilkan nada-nada yang indah dan merdu.

Harga Kecapi Terbaru

Alat musik kecapi paling murah di bandrol dengan harga kurang lebih sekitar 375 ribu rupiah. Kamu bisa membeli alat musik tersebut melalui marketplace agar lebih simpel. Semisal membeli di tokopedia, bukalapak, shopee dan semacamnya.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019