Harian Nusantara

Fungsi Mainboard atau Motherboard pada Komputer

review produk 88 View

Fungsi Mainboard atau Motherboard pada Komputer – Komputer merupakan salah satu perangkat yang bisa membantu hidup umat manusia. Dengan adanya komputer, aktivitas manusia bisa terbantu dengan lebih cepat. Komputer sendiri saat ini sudah memiliki banyak jenisnya.

Di dalam kompiter terdapat Motherboard yang memiliki fungsi sangat penting. Tahukah kamu apa fungsi sebenarnya dari Motherboard itu? Untuk itu artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai fungsi dari Motherboard pada komputer.

Apa itu Motherboard Komputer?

Sebelum membahas lebih dalam mengenai fungsi dari Motherboard, perlu kamu ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Motherboard itu sendiri. Motherboard merupakan sebuah kompenen utama berbentuk papan sirkuit yang berfungsi untuk menyatukan komponen lain seperti processor, VGA, RAM, dan komponen yang lain sehingga menjadi satu-kesatuan yang disebut komputer. Nantinya Motherboard akan mengatur arus lalu lintas sinyal data yang diatur menggunakan chip. Dengan satu-kesatuan yang ada karena Motherboard tersebut, komputer bisa bekerja dengan baik.

Loading...

Fungsi Motherboard Komputer

Sebagai induk dari komponen komputer

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, Motherboard memiliki tugas sebagai induk utama dari komponen-komponen lain pada sebuah komputer. Peran Motherboard sangatlah penting agar komputer bisa bekerja dengan baik. Dengan adanya Motherboard, komponen-komponen kecil bisa menempel dengan baik dan lengkap.

Menjadi pengatur arus lalu lintas antara komponen komputer

Tidak hanya sebagai tempat menempelkan komputer, Motherboard juga harus bisa mengatur arus data yang ada. Motherboard memiliki bentuk papan sirkuit yang sudah dibuat sedemikian rupa. Tanpa adanya papan sirkuit yang benar, arus data pada komputer tidak akan meyalur dengan baik. Untuk itu, pastikan papan sirkuit tersebut memiliki jalur yang benar.

Menjadi slot untuk processor

Processor memiliki bentuk kotak kecil yang tidak bisa menempel secara sembarangan. Sebagai otak dari sebuah komputer, processor harus berada pada posisi yang rigid serta terhubung ke komponen lain secara ideal. Lokasi yang tepat untuk meletakkan processor adalah pada bagian Motherboard.

Menjadi tempat RAM menempel

RAM merupakan komponen komputer yang memiliki bentuk kecil dan pipih. Berbeda dengan komponen penyimpanan lain, RAM tidak memiliki bentuk yang kokoh dan tidak terlindungi oleh casing. Untuk itu, perlu sebuah tempat untuk meletakkan RAM secara solid, yaitu pada Motherboard. Bentuk slot dari RAM sendiri jauh berbeda bila dibandingkan dengan processor. Jika processor diletakan secara terlentang, RAM justru menempel secara berdiri. Untuk itu, posisi RAM biasanya diletakkan pada bagian tepi dari Motherboard. Untuk jumlah RAM yang bisa digunakan pada Motherboard tentu berbeda-beda, bergantung kepada jenis dan model dari Motherboard itu sendiri. Bahkan, kamu juga harus menggunakan tipe RAM yang tepat yang didukung oleh Motherboard.

Menjadi tempat port menempel

Tidak hanya komponen utama komputer yang menempel pada Motherboard, kamu juga bisa menempelkan perangkat tambahan pada Motherboard. Perangkat tersebut terhubung menggunakan port yang bersifat universal. Beberapa contoh perangkat yang menggunakan port universal seperti: Mouse, Headphone, Speaker, dan juga Projector.

Untuk macam-macam jenis dari port itu sendiri juga cukup banyak. Setiap port tentu memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk port audio tidak bisa digunakan untuk menempelkan flash disk, sedangkan port USB tidak bisa digunakan untuk menempelkan projector. Macam-macam port tersebut antara lain:

  • PortUSB 2.0
  • PortUSB 3.0
  • PortUSB Type-C
  • PortRJ-45
  • Portaudio 3.5 mm
  • PortHDMI

Semua port tersebut tidak semuanya bisa ditemukan pada suatu komputer. Beberapa komputer bisa menggunakan jenis port yang lebih sedikit, namun menggunakan bantuan adaptor tambahan. Untuk itu, pastikan Motherboard yang kamu miliki sudah menyediakan port yang kamu butuhkan.

Harga Motherboard Komputer

Harga Motherboard Komputer sekarang ini dijual dengan harga kisaran 800 ribu sampai puluhan juta tergantung kebutuhan dan spesifikasi yang kalian butuhkan untuk merakit komputer.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai fungsi dari Mainboard atau Motherboard pada komputer yang kamu miliki. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan dan referensimu mengenai dunia komputer, khususnya terkait Motherboard itu sendiri. Pastikan kamu memahami setiap jenis komponen komputer ketika memasangnya pada Motherboard sehingga kamu tidak kesulitan pada saat memasangnya. Gunakanlah selalu komponen dengan kualitas yang baik sehingga tidak akan menimbulkan masalah suatu hari nanti.

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019