Harian Nusantara

Fungsi pipet tetes

review produk 112 View

Fungsi pipet tetes

Pada saat kita berada di laboratorium pasti seringkali menggunakan pipet tetes untuk memindahkan cairan. Untuk memindahkan ciran dari wadah satu ke wadah lainnya agar takarannya tidak berlebihan pipet tetes merupakan solusi terbaik yang sering digunakan di laboratorium.. Bisanya uji coba di laboratorium cairan yang dipindahkan jumlahnya sedikit.

 

Peralatan ini bukanlah alat yang berbahaya. Kecuali jika pipa tetes ini digunakan untuk memindahkan cairan yang berbahaya.  Maka kita pun tetap harus hati-hati dalam menggunakannya.

Loading...

Pipet tetes umumnya digunakan untuk memindahkan suratu cairan dengan ukuran yang sedikit. Ini karena hasil yang dikeluarkan pipet tetes adalah tetes demi tetes. Kalo kamu ingin memindahkan cairan dalam jumlah yang agak banyak maka disarankan dengan menggunakan alat lain.

Pastikan apabila kamu ingin memindahkan cairan dari satu wadah ke wadah yang lain,sesuaikan berapa tetes kebutuhan yang akan di uji coba. Jangan sampai dilebihkan ataupun dikurangi jumlah tetesnya, akibat dari ini biasanya hasil percobaan kurang akurat. Jadi kamu harus benar-benar mentaati aturan dari suatu uji coba agar hasil eksperimenmu berhasil

Apa itu pipet tetes?

Ini meruapkan salah satu alat yang umum digunakan dalam laboratorum yang berfungsi untuk memindahkan suatu cairan dari wadah satu ke wadah lainnya dengan ukuran volume yang dimasukan setetes demi setetes. Pipet tetes ini hanya digunakan untuk memindahkan cairan dalam jumlah kecil saja. Jika ingin memindahkan benda yang berwujud padat maka harus dibuat dalam bentuk larutan terlebih dahulu.

 

Fungsi dan manfaat pipet tetes

Fungsi utama dari pipet tetes yaitu sebagai alat bantu memindahkan suatu cairan dari wadah satu ke wadah lainnya dengan volume yang sedikit, yang umumnya dalam proses pemindahan cairan tersebut dibutuhkan setetes demi setetes. Sehingga ketika kita menggunakan pipet untuk memindahkan cairan membutuhkan waktu yang lebih lama, tetapi akan sesuai dengan takaran yang dibutuhkan.

Ada bermacam-macam jenis pipet dan fungsinya :

  • Pipet ,fungsi untuk memindahkan cairan yang mempunyai macam-macam tingkatandan presisi.
  • Pipet ukur, memindahkan cairan dari wadah yang satu ke wadah yang lain dengan sejumlah ukuran volume
  • Pipet volume

Untuk mengambil sejumlah cairan dengan ukuran yang tepat.

  • Pipet tetesdigunakan untuk memindahkan suatu cairan atau larutan dari wadah satu ke wadah lainnya dengan volume setetes demi setetes.
  • Pipet Buret,untuk mengukurbayaknya cairan yang keluar oada saat proses titrasi.

Cara menggunakan pipet tetes

Tekanlah dan tahan pada bagian karetnya.

Sebelum mengisi pipet tetes, ada baiknya kamu mengetes fungsi dari karet yang akan kita tekan. Apabila karet tidak dapat berfungsi baik maka tekanan yang diberikan pipet tidak akan bisa membuat cairan yang diambil masuk ke dalam pipet dan bisa menyebabkan cairan terjebak di dalamnya, sehingga tidak bisa dikeluarkan. Jika karet pipet dapat berfungsi dengan normal, maka tekanan yang dihasilkan akan maksimal sehingga cairan dapat masuk ke dalam pipet dengan baik dan ketika dikeluarkan juga bisa sesuai dengan takaran yang dibutuhkan.

Masukkan pipet ke cairan.

Dalam posisi karet pipet yang ditekan, segera masukkan ke dalam cairan yang akaan kita ambil. Lepaskan sedikit demi sedikit tekanan pada karet pipet agar cairan dapat masuk ke dalam pipet.  Sesuaikan jumlah cairan yang akan diambil dengan jumlah kebutuhan.

Keluarkan cairan dengan menekan karet pipet.

Setelah cairan masuk kedalam pipet karet, maka pindahkan caairan tersebut ke wadah lain. Setelah itu berikan tekanan pada pipet karet agar cairan yang ada didalamnya bisa keluar. Pada waktu mengeluarkan cairan,waktunya lebih lama dibandingkan pada saat kita mengambil cairan. Karena pada waktu mengeluarkan, cairan yang dikeluarkan dari pipet tetes ini setetes demi setetes.

 

Harga Pipet Tetes Terbaru

Pipet tetes di Tokopedia

  • Harga Rp 105.000
  • Panjang 17 cm
  • Pipet kaca dengan ujung bawahnya meruncing serta ujung atasnya dilapisi karet
  • Untuk mengambil cairan dalam skala kecil

Pipet tetes Bukalapak

  • Ukuran 9cm
  • Harga Rp 50.000

Pipet tetes panjang isi 100 di Bukalapak

  • Harga Rp 205.000
  • I Box isi 100
  • Kemasan terpisah,pipet kaca dalam box, pemompa terpisah di luar box,

 

Similar Posts:

    None Found

Copyright 2016 - 2019