Akui Isu Plagiat Lagu “BTS Cypher 4” Dengan Lagu Band Asal Belanda, Agensi Minta Publik Tak Salahkan BTS

2992

bts-ungkap-makna-mendalam-blood-sweat-tearsHariannusantara.com – Comeback BTS yang dilakukan beberapa hari lalu dengan album “WINGS” dan lagu andalan “Blood, Sweat & Tears” berhasil menuai banyak kesuksesan di beberapa negara. Bahkan video yang diunggah di Youtube sudah disaksikan lebih dari 9 juta pasang mata.

Selain lagu “Blood, Sweat & Tears” dalam album ini masing – masing member juga membawakan lagu solo dari judul film pendek yang telah dibintanginya seperti “Begin” yang akan dibawakan oleh Jungkook, “Lie” oleh Jimin, “Stigma” Oleh V, “First Love” oleh Suga, “Reflection” oleh Rap Monster, “Mama” oleh J-Hope dan “Awake” yang akan dibawakan oleh Jin. Selain lagu tersebut dalam album ini juga terdapat judul lagu lain seperti “Lost, Am I Wrong dan BTS Chyper 4”.

bts-rilis-judul-lagu-lengkap-dalam-album-comecback-wings-5
List Lagu BTS dalam Album “WINGS”

Namun nampaknya kesuksesan album “WINGS” sedikit ternodai dengan adanya pemberitaan plagiat pada salah satu lagunya, yakni lagu “BTS Chyper 4”. Pasalnya lagu tersebut sangat mirip dan bisa dibilang sama dengan lagu sebuah band asal Negara Belanda yang berjudul “Stranger” dan telah dirilis sejak tahun 2015 lalu.

Menanggapi hal tersebut, Composer sekaligus producer yang menangani lagu “BTS Chyper 4”, Tricky Stewart secara resmi meminta maaf pada BTS, Big Hit selaku agensi BTS serta publik khususnya pada “ARMY” nama untuk penggemar BTS.

Melalui akun twitter resminya, Tricky Stewart memberikan klarifikasinya atas adanya isu plagiat tersebut. Tricky mengaku bahwa dalam lagu tersebut tidak ada unsur kesengajaan terkait dengan kemiripan instrumen pada lagu “ BTS Cyper 4” dengan lagu “Stranger” milik musisi Belanda.

Lebih lajut ia juga menjelaskan bahwa lagu yang diberikan kepada Big Hit merupakan karya lamanya. Namun ia sendiri tak sadar jika track itu ternyata sudah lebih dulu diberikan kepada musisi lain oleh rekannya sesama produser.

“Ketika datang sebuah kesempatan unuk bekerjasama dengan BTS dan Big Hit aku merasa sangat excited untuk berkontribusi dalam project ini.”

“Tanpa sepengetahuanku, salah satu dari orang yang berkolaborasi denganku, Spanker, merilis versi lagu untuk sebuah grup bernama SFB di negara asalnya dari Belanda pada 21 November 2015.

Karena aku tidak menyadarinya hingga sekarang, aku tidak dapat memberikan informasi ini kepada Big Hit dan BTS. Aku sangat bangga karena Chyper dapat menjadi bagian dalam album ‘WINGS’, tapi aku sangat, sangat meminta maaf atas kebingungan yang menyeret BTS, Big Hit dan khususnya para penggemar di seluruh dunia. Spanker dan aku menantikan untuk bekerja sama untuk bermusik dengan BTS kedepannya,” tutup Tricky Stewart.

Menanggapi permintaan maaf dari Tricky, Big Hit juga merilis sebuah pernyataan resmi seperti yang dilansir oleh Soompi berikut ini.

Tricky Stewart dan manajemennya telah mengakui kesalahan mereka dan bertanggung jawab penuh serta berjanji menangani situasi ini secepat mungkin untuk meminimalkan kerugian bagi BTS. BTS tidak bersalah. Sebaliknya, mereka adalah korban. Dengan demikian, kami menyampaikan permintaan maaf (dari Tricky Stewart) kepada BTS dan fans BTS di seluruh dunia.”

Jika didengarkan dengan baik, lagu “ BTS Cyper 4” dengan lagu “Stranger” memang terdengar sangat mirip dan identik. Dengarkan kesamaan intrumen dari lagu ‘Strangers’ SFB dan ‘Chyper 4’ BTS berikut ini!

Baca juga

BTS Rilis Judul Lagu Lengkap Dalam Album Comeback WINGS

BTS Capai All Kill Chart Music dan Rajai Daftar iTunes Dengan “Blood Sweat & Tears”

Jungkook BTS dan Yugyeom Got7 Dua Sahabat Yang Diadu, Ganteng Siapa?