Harian Nusantara

Cara Menghubungkan HP ke TV Dengan Mudah

Teknologi 376 View

Di zaman sekarang, perusahaan pembuat ponsel android melakukan banyak evolusi yang dulu dianggap mustahil tapi jadi mungkin di masa kini. Merk ponsel android pun ada banyak sekali di zaman ini, semisal Samsung, Oppo, Huawei, Xiaomi, Asus, Realme dan masih banyak lagi.

Ponsel-ponsel tersebut selalu melakukan berbagai elovusi perkembangan zaman, semakin mempercanggih teknologi yang mereka pakai, sehingga akan mempermudah para pengguna dalam menggunakan ponsel android untuk melakukan berbagai hal.

Salah satu teknologi yang dihadirkan pada ponsel android adalah bisa menyambungkan ponsel tersebut ke televisi. Loh, apakah bisa? Tentu bisa, bung. Di zaman yang modern ini semua hal yang dulu mustahil, mungkin untuk di lakukan. Termasuk menyambungkan ponsel android ke saluran televisi, baik itu tv kabel atau tv tabung.

Bagaimana cara menghubungkan hp ke tv?

Jika kamu ingin menyambungkan ponsel android ke televisi, kami akan berikan beberapa cara agar kamu bisa menyambungkan handphone android ke televisi.  Simak penjelasan artikel di bawah ini.

Cara Mudah Menghubungkan HP ke TV

1. Melakukan persiapan menghubungkan handphone ke televisi

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui spesifikasi dari ponsel milik mu dan juga televisi yang kamu gunakan. Setelah kamu tahu spesifikasi handphone dan televisi yang akan kamu gunakan, langkah selanjutnya adalah mengecek apakah di handphone android dan televisi mu menyediakan fitur yang bernama Miracast. Jika ada, maka kamu bisa berkemungkinan untuk menyambungkan handphone ke televisi. Selanjutnya, kamu juga harus memastikan bahwa android mu terdapat fitur berupa port output video yang akan digunakan sebagai koneksi ke saluran televisi dan perhatikan juga tipe port apa yang akan kamu gunakan untuk menyambungkan handphone android ke televisi milik mu.

Kebanyakan handphone android yang menggunakan sistem operasi android berupa OS Android 4.2 Jelly Bean ke atas sudah dilengkapi dengan fitur miracast bawaan dari pabrik nya. Namun untuk penamaan miracas pada masing-masing ponsel android satu dengan yang lain adalah berbeda. Semisal ponsel android merk samsung, menamakan fitur miracast mereka dengan istilah Samsung Link atau All Share. Tapi secara umum, kebanyakan ponsel menggunakan nama Wireless display untuk fitur miracast milik mereka. Setelah kamu mengetahui dan memastikan ponsel android tersebut memiliki fitur miracast, maka kamu cek juga televisi mu apakah ada fitur miracast atau tidak. Jika tidak ada, kamu bisa membeli terlebih dahulu dongle tambahan yang akan bisa digunakan untuk menyambungkan ponsel android ke televisi. Jika sudah siap semua, maka saatnya kamu mengkoneksikan handphone android tersebut ke saluran televisi milik mu dan siap digunakan untuk browsing, main game, nonton video youtube atau netflix dan melakukan aktivitas lain di handphone dengan layar yang lebih besar dan lebar.

2. Mulai menyambungkan handphone ke televisi

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan ketika akan menyambungkan handphone ke televisi, baik tv kabel atau tv tabung. Simak artikel di bawah ini.

Menyambungkan handphone android ke tv kabel

  1. Untuk dapat meyambungkan hp ke tv kabel, kamu harus menyiapkan kabel yang sesuai dengan port yang digunakan oleh handphone android mu. Terdapat dua jenis kabel, kamu bisa menentukan sendiri jenis kabel mana yang sesuai dengan ponsel android mu. Yang pertama adalah kabel Micro HDMI ke HDMI. Dan yang kedua adalah kabel MHL. Untuk Kabel MHL ini terdapat dua pilihan konektor, Micro USB ke HDMI. Nah, kamu pilih diantara dua jenis kabel diatas mana yang bisa digunakan oleh ponsel android mu.
  2. Setelah kamu menyiapkan kabel, langkah selanjutnya adalah matikan terlebih dahulu televisi tersebut.
  3. Selanjutnya adalah kamu hubungkan televisi tersebut ke hape dengan cara memasang ujung pipih pada port handphone android mu dan ujung kabel yang berukuran besar kamu colokan pada socket televisi yang bertuliskan HDMI.
  4. Setelah selesai, nyalakan kembali televisi tersebut lalu kamu masuk pada opsi HDMI Connection.
  5. Maka secara otomatis tampilan layar yang ada di android akan muncul juga di televisi. Kamu bisa rubah tampilan dengan memiringkan handphone agar bisa lebih lebar terlihat di televisi.

 

Menyambungkan handphone android ke televisi tanpa kabel

Cara menyambungkan handphone android ke televisi tanpa kabel bisa dilakukan dengan cara mengkoneksikan miracast atau wireless display ke televisi. Kami akan mencontohkan menggunakan merk televisi LG dan Sony. Simak penjelasan artikel di bawah ini.

LG Smart Tv
  • Setelah kamu mengaktifkan fitur wireless display atau miracast, pada televisi tersebut kamu tekan tombol home yang ada di remote control.
  • Kemudian kamu pilih Network.
  • Klik Miracast dengan menggunakan remote control tersebut, kemudian klik aktifkan atau ON.
  • Televisi tersebut akan melakukan scan, karena miracas pada smartphone android mu telah di aktifkan, maka secara otomatis televisi tersebut telah tersambung dengan ponsel android mu dan menampilkan apa yang ada di layar handphone android mu.

 

Sony Smart Tv
  • Langkah pertama yang kamu lakukan adalah menekan tombol Input melalui remote control televisi tersebut.
  • Setelah itu kamu cari aktifkan fitur screen mirroring dan klik OK.
  • Maka televisi telah siap untuk terkoneksi dengan handphone android.
  • Pada handphone android tersebut, kamu masuk ke menu pengaturan atau setting atau setelan.
  • Setelah itu kamu klik sub menu Wireless and network klik more..
  • Pada menu tersebut, kamu klik Play to.
  • Akan muncul pop up bertuliskan ‘Select device’. Kamu cari nama dari televisi yang kamu gunakan, yaitu Sony. Kemudian klik Ok.
  • Maka televisi telah menampilkan apa yang ada di layar ponsel android mu.

Daftar Aplikasi Menghubungkan HP ke TV

Selain dengan cara tersebut, ada beberapa cara lain yang bisa kamu pilih untuk menyambungkan ponsel android mu ke televisi. Cara-cara tersebut antara lain adalah.

Airplay

Jika kamu menggunakan handphone merk iPhone, maka kamu bisa menggunakan fitur wireless dengan nama Airplay ini.

All Share

Fitur All Share tersedia untuk ponsel merk Samsung Galaxy series. Kamu tinggal klik fitur ini dan sambungkan pada televisi mu. Maka otomatis layar televisi akan menampilkan apa yang ada di ponsel android milik mu.

Wi-Di

Fitur miracast inu tersedia untuk pc atau laptop dan smartphone yang berbasis windows. Kamu tinggal klik fitur tersebut, maka otomatis televisi akan menampilkan apa yang ada di layar ponsel.

Itulah beberapa cara menyambungkan ponsel android ke televisi. Kamu bisa memilih menggunakan cara yang mana. Atau jika kamu ingin mempraktekan semua, ya silahkan saja. Dengan menyambungkan ponsel android ke televisi, maka kamu bisa melakukan berbagai hal semisal menonton video di youtube atau di netflix, browsing di google, main game online, dan berbagai macam aktivitas ponsel dengan tampilan layar yang lebih besar dan lebar sehingga akan membuat kamu lebih leluasa dalam melakukan semua hal tersebut.

Similar Posts:

Loading...
Copyright 2016 - 2019