Harian Nusantara

Membuat Surat Penawaran

surat 110 View

Dalam dunia perdangan, terkadang terjadi suatu transaksi tawar menawar. Perdagangan skala kecil biasanya akan langsung saling tawar menawar di tempat tersebut. Namun, dalam dunia perdagangan yang skala besar semisal antar perusahaan maka dibutuhkan surat penawaran agar masing-masing terikat kontrak yang meminimalisir kerugian.

Surat penawaran sangat penting dibuat ketika akan menjalin kerja sama dengan pihak lain agar kita tidak di rugikan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Dengan membuat surat penawaran maka kedua belah pihak akan terikat kontrak resmi yang bilamana di langgar maka bisa di tuntut ke meja hijau.

Tahukah Yang Dimaksude dengan Surat Penawaran?

Sebelum mambahas lebih dalam mengenai surat penawaran ini, alangkah baiknya kita membedah terlebih dahulu apa definisi dari surat penawaran. Secara gampangnya, surat penawaran adalah dokumen tertulis yang memiliki fungsi untuk menawarkan sebuah barang atau jasa atau juga digunakan untuk menjalin kerja sama dengan pihak lain. Dibuatnya surat penawaran merupakan sinyal pertanda bahwa kedua belah pihak perusahaan dan klien sepakat untuk menjalin sebuah kerja sama yang saling menguntungkan.

Surat penawaran dibuat setelah terlebih dahulu di buatkan surat permintaan dari pihak klien kepada perusahaan yang di tuju. Dengan surat permintaan ini maka pihak perusahaan bisa mempertimbangkan apakah bila bekerja sama dengan klien tersebut bisa menguntungkan atau tidak. Jika di rasa menguntungkan, maka pihak perusahaan bisa mengeluarkan surat penawaran yang menjadi titik awal kerja sama tersebut.

Loading...

Kelengkapan Surat Penawaran

Surat penawaran masuk dalam kategori jenis surat resmi. Artinya, di dalam surat penawaran tersebut terdapat beberapa bagian-bagian penting yang wajib tercantum. Berikut ini adalah beberapa bagian yang harus terdapat pada sebuah surat penawaran.

1. Kop Surat

Ini adalah bagian wajib ketika kita akan membuat sebuah surat penawaran. Pada bagian ini di letakan di sisi paling atas dari surat penawaran tersebut. Bagian kop surat memiliki fungsi sebagai identitas dari perusahaan atau klien yang mengirimkan surat penawaran tersebut. Kop surat secara umum terdiri atas kelengkapan data atau identitas seperti logo perusahaan, nama perusahaan, alamat perusahaan dan kontak serta email dari perusahaan tersebut. Tanpa adanya kop surat atau di dalam sebuah surat penawaran maka kurang etis surat penawaran yang diajukan tersebut.

2. Kepala Surat

Bagian berikutnya yang wajib ada pada sebuah surat penawaran adalah kepala surat. Kepala surat bisa dikatakan memiliki kemiripan dengan kop surat dalam sebuah surat resmi. Namun yang menjadi pembeda antara kop surat dengan kepala surat adalah kepala surat lebih spesifik mengenai keterangan awal tentang isi dari sebuah surat penawaran tersebut. Di dalam kepala surat terdiri dari beberapa elemen penting seperti adanya tanggal, nomor surat, jumlah lampiran yang ada pada surat, perihal surat tersebut, dan tujuan surat penawaran dibuat. Tanpa adanya bagian kepala surat dalam sebuah surat penawaran maka akan terasa kurang profesional.

3. Pembuka Surat

Bagian selanjutnya yang harus ada di dalam sebuah surat penawaran adalah pembuka surat. Pada bagian pembuka surat ini menjelaskan keterangan singkat yang memiliki sifat umum atau universal. Biasanya keterangan di dalam pembuka surat berisi tentang surat tersebut dibuat berdasar untuk menanggapi surat sebelumnya dan lain sebagainya.

4. Isi Surat

Bagian berikutnya yang wajib tercantum di dalam sebuah surat penawaran adalah isi. Bagian isi surat merupakan elemen yang terpenting dan tidak boleh tidak di cantumkan dalam surat penawaran. Pada isi dari surat penawaran di jelaskan keterangan singkat mengenai spesifikasi produk atau jasa yang di tawarkan. Juga di jelaskan mengenai pemasaran, pemesanan atau pembayaran produk atau jasa tersebut. Tak lupa juga pada bagian isi surat di jelaskan secara singkat tentang permintaan spesifik dari klien. Dan jika keterangan tersebut panjang maka di tulis pada bagian lampiran surat. Semisal keterangan rinci tersebut berupa katalog produk dan lain sebagainya maka tulis saja pada bagian lampiran dari surat penawaran.

5. Penutup Surat

Bagian terakhir yang wajib ada di dalam surat penawaran adalah penutup. Di bagian penutup surat penawaran juga tak kalah krusial dari bagian atau eleman lain surat tersebut. Sebaiknya membuat bagian penutup surat penawaran ini dengan bahasa yang baik serta dapat memikat pihak perusahaan. Dan pada bagian penutup surat penawaran juga sertakan kalimat yang menghimbau perihal kerja sama tersebut. Jangan lupa juga pada bagian penutup surat penawaran kamu sertakan kontak yang dapat di hubungi. Dengan menulis kalimat penutup surat yang menarik maka kemungkinan terjalin kerja sama dengan pihak perusahaan bisa di ACC.

Cara Membuat Surat Penawaran Yang Baik

Setelah kamu mengetahui elemen-elemen penting yang wajib tercantum di dalam surat penawaran, berikutnya akan kami jelaskan hal-hal yang tak kalah penting dan harus kamu perhatikan ketika membuat surat penawaran. Dengan memperhatikan dan menerapkan beberapa hal berikut maka surat penawaran mu akan menjadi lebih profesional. Berikut ini adalah cara membuat surat penawaran yang baik dan profesional.

1. Identitas Perusahaan

Hal penting yang harus kamu cantumkan dalam surat penawaran adalah tentang identitas perusahaan. Kamu bisa menempatkan identitas perusahaan mu tersebut pada bagian kop surat sehingga ketika klien atau perusahaan yang ingin kamu ajak kerja sama begitu menerima surat bisa mengetahui siapa yang mengirim surat penawaran tersebut. Identitas perusahaan tersebut bisa juga kamu tempatkan pada bagian utama dari surat penawaran. Atau jika kamu ingin menjelaskan identitas perusahaan milik mu secara lengkap dan detail kamu bisa cantumkan pada lembar lampiran. Dengan begitu maka pihak klien bisa dengan jelas mengetahui profil dari perusahaan yang mengajak kerja sama dengan perusahaan nya.

2. Jumlah Stok Barang

Hal penting berikutnya yang harus kamu lampirkan pada surat penawaran adalah mengenai jumlah stock barang yang tersedia di perusahaan milik mu. Dengan kamu mencantumkan jumlah stock barang maka bisa memudahkan pihak lain untuk mengerti kemampuan mu untuk memenuhi kebutuhan klien mereka. Lampiran jumlah stock barang menjadi penting karena akan menjadi pertimbangan oleh perusahaan tersebut akan kemampuan pihak yang mengajak kerja sama apakah bisa memenuhi keinginan dari klien atau tidak.

Kamu bisa mencantumkan dengan rinci produk atau barang yang kamu sediakan dan kamu tulis mengenai rincian apabila perusahaan tersebut sepakat kerja sama dengan dirimu maka jumlah barang yang akan di kirim secara rutin berapa agar dapat memperjelas kerja sama mu dengan perusahaan terkait. Namun, jika surat penawaran tersebut berupa jasa dan bukan barang atau produk, maka jumlah stock barang tidak perlu kamu cantumkan dalam surat penawaran yang kamu buat tersebut.

3. Penjelasan Produk

Hal penting lain yang harus kamu cantumkan dalam surat penawaran adalah mengenai penjelasan produk yang kamu tawarkan. Kamu bisa menulis dan menjelaskan dengan detail mengenai spesifikasi produk tersebut. Dan apabila produk yang kamu tawarkan lebih dari satu produk maka kamu wajib membuat penjelasan produk yang spesifik agar memudahkan pihak perusahaan atau klien yang akan menjalin kerja sama dengan mu. Dengan mencantumkan penjelasan yang spesifik mengenai produk yang kamu tawarkan, maka pihak yang menjalin kerja sama dengan dirimu bisa sedikit mendapatkan gambaran terkait kerja sama yang akan di sepakati nantinya. Maka dari itu penjelasan mengenai produk yang kamu tawarkan adalah wajib kamu cantumkan di dalam sebuah surat penawaran.

4. Harga Khusus

Hal penting selanjutnya yang harus kamu pertimbangkan ketika membuat surat penawaran adalah mencantumkan harga. Karena pihak klien akan mempertimbangkan mengenai harga yang pas dan kualitas yang terbaik dari produk yang kamu tawarkan. Kamu bisa membuat list harga normal produk yang kamu tawarkan tersebut dan kamu sandingkan dengan list harga khusus atau spesial untuk klien yang akan menjalin kerja sama dengan mu. Dengan mencantumkan list harga khusus maka pihak klien akan merasa di istimewakan dan membuat peluang jalinan kerja sama tersebut berhasil di sepakati. Kamu juga bisa mencantumkan range harga semisal di suatu saat harga dari produk tersebut mengalami kenaikan atau penurunan harga.

5. Tata Cara Pembayaran

Hal berikutnya yang wajib kamu cantumkan di dalam surat penawaran adalah mengenai tata cara pembayaran. Kamu bisa mencantumkan tata cara pembayaran semisal pembayaran dengan DP(uang muka), bayar di tempat atau pembayaran lunas di depan. Lampiran mengenai tata cara pembayaran ini sangat krusial karena akan menentukan kerja sama ini dalam waktuk ke depan. Dengan menjelaskan tata cara pembayaran di awal dalam surat penawaran maka kedua belah pihak akan menyepakati hal mengenai pembayaran sehingga tidak akan menimbulkan permasalahan di kemudian hari.

6. Pengiriman Barang

Hal berikutnya yang harus kamu lampirkan di dalam surat penawaran adalah keterangan mengenai pengiriman barang. Pada keterangan pengiriman barang ini akan memberi jaminan kepada pihak yang di ajak kerja sama bahwa barang tersebut akan selamat dan sampai di tempat klien tanpa cacat. Kamu bisa cantumkan hal-hal semisal bagaimana cara pengemasan barang, akomodasi dan transportasi yang digunakan dalam mengirim barang dan lain sebagainy. Surat penawaran yang baik pasti akan mencantumkan keterangan mengenai cara pengiriman barang. Karena pada bagian keterangan dari pengiriman barang akan saling terikat dengan skema pembayaran. Keterangan yang jelas mengenai pengiriman barang akan membuat klien yakin bekerja sama dengan diri mu.

7. Sifat Penawaran Dengan Klien

Hal berikutnya yang wajib tercantum di dalam sebuah surat penawaran adalah sifat dari penawaran yang kamu tawarkan kepada klien tersebut. Secara umum, ada tiga jenis sifat penawaran yang bisa kamu pilih ketika ingin membuat surat penawaran. Berikut ini ada beberapa jenis penawaran dengan klien :

  • Penawaran terikat

Jika menggunakan jenis surat penawaran ini maka akan ada keterikatan dari klien dan perusahaan yang berkerjasama. Dalam artian bahwa kedua belah pihak telah menyepakati jalinan kerja sama yang telah tercantum di kontrak. Semisal jika sewaktu-waktu terjadi perubahan harga entah itu kenaikan atau penurunan harga maka pihak perusahaan wajib memberi tahu kepada klien dan begitu juga sebaliknya.

  • Penawaran bebas

Penawaran jenis ini tidak memiliki keterikatan antara satu dengan lain. Jika merujuk pada contoh diatas, maka penawaran bebas ini antara perusahaan atau klien tidak memiliki kewajiban apabila terdapat kenaikan atau penurunan harga. Karena kedua belah pihak tidak terikat satu sama lain maka penawaran jenis ini memiliki sifat bebas.

  • Penawaran Jangka Waktu

Jenis penawaran yang satu ini biasa digunakan dalam penawaran terkait jasa. Penawaran jangka waktu terikat secara kontrak namun hanya selama jangka waktu yang telah di sepakati. Jika masa tengat dari jangka waktu tersebut sudah habis, maka bisa memperpanjang perjanjian atau menyudahi kesepakatan.

8. Administrasi Pendukung

Hal berikutnya yang harus kamu lampirkan di dalam sebuah surat penawaran adalah surat-surat atau adminitrasi pendukung. Dokumen adminitrasi pendukung ini juga penting agar pihak yang menjalin kerja sama bisa lebih yakin dengan yang kamu tawarkan. Beberapa adminitrasi pendukung yang bisa kamu lampirkan di dalam surat penawaran antara lain adalah sebagai berikut

  • NPWP atau Nomor Penduduk Wajib Pajak
  • SIUP atau Surat Izin Perdagangan
  • TDR atau Daftar Rekam Jejak

Surat atau dokumen tersebut kamu cantumkan agar klien lebih yakin. Dan jika di perlukan dokumen-dokumen selain diatas maka kamu bisa cantumkan sendiri sesuai dengan yang kamu butuhkan dalam surat penawaran tersebut.

Contoh Surat Penawaran

Setelah kita mengulas panjang lebar mengenai surat penawaran, berikutnya akan kami berikan beberapa contoh dari surat penawaran. Contoh-contoh yang akan kami berikan dibawah ini bisa menjadi referensi untuk kamu ketika dihadapkan dalam membuat surat penawaran. Contoh surat penawaran telah kami buatkan untuk kalian di bawah ini :

Contoh Surat Penawaran Jasa

Contoh Surat Penawaran Jasa Keamanan

PT Aman Dan Damai

SIAP MEMBERIKAN KEAMANAN TERBAIK UNTUK PERUSAHAAN ANDA SEKALIAN

Jl. Jendral Soedirman 69, Purwokerto Tlep : 0821-33728

Purwokerto, 20 April 2017

Nomer                  : 23/S.Pen/IX/2017

Lampiran             : 1 Bandel

Company Profile

Hal                          : Penawaran Jasa Keamanan

Kepada,

Manager PT Angka Sembilan

Jl Permai Indah no 3, Purwokerto

Purwokerto

Dengan hormat,

Berdasar pada surat permintaan company profile dari perusahaan saudara dengan nomor surat 11/AS/IX/2017 yang telah kami terima. Karena hal tersebut maka dengan ini kami ucapkan segenap terima kasih atas permintaan penawaran yang telah suadara tunjukan pada perusahaan yang kami kelola.

Kami bergerak di jasa keamanan yang telah berkerja sama dengan banyak perusahaan-perusahaan besar. Kami akan memberikan jasa keamanan yang terbaik yang sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan PT. Angka Semblian. Dengan di tulisnya surat penawaran ini, maka kami ingin mengajukan penawaran bekerja sama dengan perusahaan saudara. Turut serta juga kami lampirkan company profile sebagai bahan pertimbangan dalam menjalin kerja sama dengan perusahaan kami.

Demikian surat penawaran jasa keamanan dari kami . Kami sangat mengharapkan saudara menjalin hubungan kerja sama dengan kami PT Aman Dan Damai untuk waktu kedepan. Untuk informasi lebih detail saudara bisa menghubungi customer service 0821-33728. Atas segenap perhatian dari saudara, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami,

  1. Aman Dan Damai

Alfi Setiani

Manager Pemasaran

2. Contoh Surat Penawaran Jasa Cleaning Service

  1. Bersih Indah

Siap memberikan solusi kebersihan di semua penjuru perusahaan anda

Jl. Mata Air No. 79, Purwokerto Telp : 0987-65468

Purwokerto, 8 Maret 2019

Nomer                  : 10/S.Pen/II/2019

Lampiran             : 1 (Satu) rangkap

Hal                          : Penawaran Jasa Cleaning Service

Kepada,

Manager Pengadaan PT Alternative Stara

Jl Karang Tiga No. 29, Purwokerto

Dengan Hormat,

Bersamaan dengan datangnya surat ini, terlebih dahulu izinkan kami memperkenalkan diri. Kami, PT. Bersih Indah adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa cleaning service dan telah berpengalaman bekerja sama dengan berbagai perusahaan besar dan ternama.

Dari data dan info yang kami peroleh dari beberapa sumber, PT Alternative Stara sedang membutuhkan pekerja baru untuk ditempatkan pada bagian cleaning service. Dengan adanya informasi tesebut kami melaui surat ini ingin menawarkan jasa cleaning service dari PT. Bersih Indah. Perusahaan kami siap memberikan pelayanan kebersihan terbaik yang di butuhkan oleh PT Alternative Stara. Kami memiliki segudang pengalaman yang telah kami cantumkan pada bagian lampiran.

Demikian surat ini kami buat. Dengan adanya surat penawaran ini kami sangat berharap bisa menjadi pembukan kerja sama dengan PT. Alternative Stara. Untuk informasi lebih detail bisa menghubungi customer service 0987-65468. Sekian dan terima kasih.

Hormat Kami,

  1. Bersih Indah

Mukhlis AMS

Marketing

3. Surat Penawaran Jasa Pasang Instalasi Listrik

  1. Karya Digital

Kami memberi pelayanan terbaik dalam instalasi listrik!

Jl. Setya Kecana 29, Purwokerto

Telp : 097-164828

Purwokerto, 21 Maret 2019

Nomer                  : 32/PEN/IX/2019

Lampiran             : 1 (Satu) rangkap

Hal                          : Penawaran Jasa Instalasi Listrik

Kepada,

  1. Antar Kraya

Jl. Sugeng 56

Purwokerto

Dengan hormat,

Bersamaan dengan hadirnya surat ini, terlebih dahulu izinkan kami memperkenalkan diri. Kami dari PT. Karya Digital adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang jasa pemasangan dan instalasi listrik.

Dengan surat ini kami ingin menawarkan kerja sama berupa jasa pemasangan instalasi listrik kepada PT. Antar Kraya. Adapun penawaran yang kami ajukan ini telah memenuhi persyaratan yang tercantum dalam surat permintaan.

Sebagai bahan pertimbangan saudara, telah kami lampirkan beberapa dokumen terkait yang antara lain adalah,

  • Dokumen Profil Perusahaan Kami
  • Berkas Kualifikasi Tenaga Ahli Yang Kami Miliki
  • Dokumen Perjanjian Kerja sama Dengan Kami
  • Fotokopi Sertifikat Instalasi Listrik
  • Dokumen-dokumen lain sebagai pendukung

Demikian surat penawaran jasa pasang instalasi listrik dibuat. Kami sangat berharap agar PT. Antar Kraya berkenan untuk menjalin kerja sama dengan kami. Sekian, atas perhatian saudara kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat Kami

  1. Karya Digital

Hartono

Marketing

Contoh Surat Penawaran Barang

1. Contoh Surat Penawaran Barang Keperluan Kantor

  1. Lengkap Selalu

Menyediakan berbagai macam alat keperluan kantor secara lengkap

Jl. Semilir Angin 99, Purwokerto

Telepon : 0786-32124

Email     : Lengkapselalu@gmail.com

Purwokerto, 28 Januari 2019

Nomer                  : 32/SPX /VII/2019

Lampiran             : 1 (Satu) bendel

Hal                          : Penawaran Peralatan Kantor

Kepada,

Manager Pengadaan PT Arbeden

Jl Kerikil Tajam No. 72

Surabaya

Dengan hormat,

Sehubungan dengan datangnya surat ini, izinkan terlebih dahulu kami memperkenalkan diri. Kami, PT. Lengkap Selalu merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan alat-alat kantor. Perusahaan kami telah berpengalaman lebih dari 20 tahun dan pernah menjalin kerja sama dengan banyak perusahaan besar.

Bersamaan dengan ini kami ingin menawarkan kerja sama dalam pemasokan alat-alat tulis kantor di perusahaan PT. Arbeden. Barang-barang yang kami sediakan memiliki kualitas terbaik dan perihal harga juga terjangkau.

Apabila PT. Arbeden berniat untuk menjalin kerja sama dengan kami, Silahkan baca beberapa dokumen yang terlampir dalam surat ini agar menjadi pertimbangan kerjasamanya. Beberapa dokumen tersebut antara lain adalah

  • Mekanisme Kerjasama
  • Katalog Produk
  • Dokumen Profil Perusahaan
  • Dokumen-dokumen pendukung

Demikian surat penawaran barang keperluan kantor dibuat. Kami sangat berharap agar perusahaan saudara berniat untuk menjalin kerja sama dengan kami. Untuk informasi lebih detail dan hal-hal lain bisa hubungi customer service 0786-32124 atau tinggalkan pesan Email di Lengkapselalu@gmail.com. Sekian dan terima kasih.

Hormat Kami,

  1. Lengkap Selalu

Joni Aryanto

Marketing Executive

2. Contoh Surat Penawaran Perlengkapan dan Peralatan Elektronik

  1. Tekniktro Pro

Segala keperluan elektronik yang anda butuhkan, kami selalu menyediakan.

Jl. Graha Timur No. 9, Purwokerto

Telepon : 0856-77857

Email     : Tekniktropro@gmail.com

Purwokerto, 21 November 2019

Nomer                  : 58/SPX /VI/2019

Lampiran             : 1 (Satu) bendel

Hal                          : Penawaran Perlengkan Elektronik

Kepada,

Manager Pengadaan PT Arbeden

Jl Kerikil Tajam No. 72

Surabaya

Dengan hormat,

Pertama-tama izinkan terlebih dahulu kami memperkenalkan diri. Kami, PT. Tekniktro Pro adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang suplayer perlengkapan elektronik yang telah berpengalaman dan menjalin berbagai macam kerja sama dengan banyak perusahaan.

Sehubungan dengan informasi yang kami peroleh bahwa PT. Arbeden sedang melakukan pengadaan perlengkapan elektronik, maka dengan ini kami menawarkan kerja sama yang akan saling menguntungkan. Kami telah melampirkan katalog produk-produk yang kami tawarkan kepada perusahaan saudara. Adapun untuk mekanisme pembayaran kami memiliki tiga sistem,

  • Pembayaran Cash setelah produk diantar dan sampai di PT. Arbeden.
  • Pembayaran menggunakan kartu kredit ada dua pilihan, yaitu Bank Mandiri dan Bank BCA.
  • Pembayaran dengan sistem cicilan dilakukan dengan mekanisme pembayaran cicilan ini selama 3 kali cicilan. Namun, terlebih dahulu harus membayar DP sebesar 50%.

Demikian surat penawaran perlengkapan elektronik dibuat. Kami sangat mengharapkan PT. Arbeden berkenan untuk menjalin kerja sama dengan perusahaan kami. Jika PT. Arbeden bersedia kerja sama dengan kami, bisa menghubungi customer service untuk lebih jelas dan detailnya 0856-77857. Atas perhatian dan waktu yang diberikan, kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,

Tekniktro Pro

Yulfani

Manager Marketing

3. Contoh Surat Penawaran Barang Bangunan

PT Bangun Sejahtera

Kami menyedikan berbagai macam bahan-bahan bangunan yang lengkap dan berkualitas terbaik

Jl Laskar Membumi No. 12

Purwokerto

Email : Bangunsejahtera@gmail.com

Fax : 031-890852

Telepon : 031-891074

Purwokerto, 7 November 2019

Nomer                  : 17/SPn/X/2019

Lampiran             : 1 (Satu) Bendel

Hal                          : Penawaran Bahan-bahan Bangunan

Kepada,

Manager Pengadaan PT Nusa Mekar Melati

Jl Kolenel Untung

Purwokerto

Dengan hormat,

Dengan hadirnya surat ini, izinkan kami memperkenalkan diri. Kami, PT. Bangun Sejahtera adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang suplayer bahan-bahan bangunan. Perusahaan kami telah lama berdiri dan menjalin kerja sama dengan berbagai perusahaan ternama di kota ini. Kami menyediakan berbagai macam jenis bahan bangunan yang berkualitas.

Bersamaan dengan surat ini, kami bermaksud ingin menawarkan kerja sama dengan PT. Nusa Mekar Melati. Penawaran yang kami ajukan ini berhubungan dengan suplay berbagai macam jenis bahan bangunan yang akan digunakan oleh perusahaan saudara untuk membangun berbagai macam insfrastruktur. Adapun sebagai bahan pertimbangan saudara, kami telah melampirkan sejumlah dokumen terkait antara lain adalah,

  • Mekanisme kerjasama yang kami ajukan kepada PT. Nusa Mekar Melati
  • Katalog produk lengkap beserta dengan harga
  • Dokumen bukti distributor resmi produk-produk PT. Bangun Sejahtera
  • Metode pembayaran kerja sama
  • Dokumen perjanjian dan kontrak kerjasama

Demikian surat penawaran barang bangunan dibuat. Kami sangat berharap PT. Nusa Mekar Melati berkenan untuk bekerja sama dengan kami. Atas perhatian dari PT. Nusa Mekar Melati kami ucapkan segenap terima kasih.

Hormat Kami,

  1. Bangun Sejahtera

Arman Hadi

Marketing

Kesimpulan

Itulah beberapa contoh surat penawaran yang bisa kamu jadikan sebagai referensi. Sekian dan terima kasih.

 

Copyright 2016 - 2019