Harian Nusantara

Penjelasan Lengkap Teks Ekposisi

surat 15 View

Bagi kamu yang suka membaca surat kabar, majalah, atau tulisan baik di media elektronik atau cetak. Ternyata informasi yang sering kamu lihat di media itu merupakan sebuah teks eksposisi, yang berarti adalah sebuah teks yang memberikan sebuah informasi.

Selain itu kamu teks eksposisi juga tidak hanya bisa kamu temukan di media cetak atau elektronik saja tapi bisa kamu menemukan teks eksposisi ini jika kamu membaca sebuah informasi maupun artikel yang di tulis dan di bagikan di media sosial maupun media online, teks tersebut juga dapat disebut sebagai teks eksposisi.

Teks eksposisi adalah jenis tulisan yang bisa kita temukan dengan mudah saat membaca sebuah buku ilmu pengetahuian, membaca berita atau membaca bacaan buku lainnya. Karena itulah di sekolah teks eksposisi ini banyak diajarkan untuk sebuah ilmu pengetahuan.

Pengertian Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah teks yang menjelaskan tentang informasi berupa gagasan, pendapat, maupun fakta yang memiliki tujuan agar dapat menyampaikan sebuah informasi dan juga memberikan tambahan pengetahuan kepada pembaca  mengenai suatu hal.

Loading...

Teks eksposisi ini juga dapat berupa sebuah karangan atau tulisan dalam bentuk paragraf yang isinya tentang infnormasi bermanfaat atau ilmu pengetahuan.

Sehingga kita simpulkan bahwa tujuan dari tulisan teks ekspoisis adalah untuk memberikan informasi dan penjelasan tentang isi bobot dari informasi yang bisa bersifat ilmian atau juga bisa bersifat non fiksi agar pembaca bisa mendapat pengetahuan baru.

Struktur Teks Eksposisi

Dalam sebuah teks eksposisi, kamu akan melihat struktur yang  membangun sebuah teks eksposisi. Berikut ini merupakan tiga unsur teks eksposisi yang perlu kamu ketahui :

Tesis

ini adalah salah satu dari bagian teks eksposisi yang membahas tentang pengenalan masalah. isu dan juga pandangan dari penulis teks mengenai topik atau tema yang sedang dibahas secara umum. Agar lebih jelas, simak contoh stuktrur teks tesis berikut ini :

Air merupakan kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Manfaat air juga dibutuhkan oleh seluruh kalangan manusia, baik dari kalangan atas maupun kalangan bawah. Selain itu, air juga diperlukan makhluk hidup lain, seperti hewan dan tumbuhan. Dengan begitu, air merupakan sumber daya yang sangat penting bagi seluruh organisme hidup.

Rangkaian Argumen

Pada sebuah tulisan pada teks eksposisi yang memiliki argument atau pendapat dari penulis dan berfungsi menjelasankan dari tesis sebelumnya, maka tulisan ini disebut sebagai rangkaian argumen. Umumnya rangkaian argumen berisi berbagai fakta yang dapat memperkuat argumen-argumen penulis dalam setiap tulisannya.

Biasanya teks ini terletak pada paragraf kedua yang berisi pendapat murni dari penulis atau bisa dikatakan pendapat subjektif, sedangkan pada paragraf ketiga disertai dengan fakta-fakta yang mendukung tesis atau pendapat penulis mengenai tesis. Contoh:

Manusia membutuhkan air untuk kebutuhan hidup sehari-hari. Kita semua butuh air untuk memenuhi cairan pada tubuh dan juga mencegah kemungkinan dehidrasi. Selain itu, manusia juga perlu air untuk keperluan mandi, mencuci baju, olahraga air bahkan juga untuk wisata.

Hewan juga membutuhkan air untuk minum. Begitu juga dengan tumbuhan yang memerlukan air untuk proses fotosintesis agar dapat menghasilkan makanan.

Struktur Teks Penegasan Ulang

Struktur penegasan ulang berisi seputar perumusan kembali secara ringkas. Umumnya struktur teks penegasan ulang ini terdapat pada bagian akhir, penutup, ataupun simpulan.

Letaknya yang berada pada paragraf terakhir karena berfungsi sebagai pengulang tesis secara tidak langsung. Contohnya :

Hal ini menjadi bukti bahwa air merupakan sumber daya yang sangat penting bagi manusia, hewan dan tumbuhan. Tanpa air, pasti setiap makhluk hidup tidak akan bisa bertahan hidup dalam waktu yang lama. Maka dari itu kita harus menjaga persediaan air agar dapat merata di seluruh wilayah.

Jenis-Jenis Teks Eksposisi

Teks eksposisi adalah jenis teks yang sering ditulis dengan kepentingan tertentu. Dengan begitu, manfaat teks eksposisi memiliki dampak yang luar biasa dalam memberi pengetahuan atau informasi baru bagi pembacanya. Teks eksposisi memiliki berbagai macam teks yang dibagi berdasarkan jenis ilmu atau jenis informasi yang akan disampakan.

Teks Eksposisi Laporan

ialah salah satu jenis teks  yang digunakan seseorang dengan tujuan untuk melaporkan sesuatu. Dalam artian yang lebih luas lagi, jenis tulisan ini dibuat agar dapat menceritakan suatu peristiwa dengan komprehensif dan secara detail atau rinci.

Teks Eksposisi Definisi

Teks eksposisi definisi merupakan sebuauh teks yang mendefinisikan suatu hal dari penulis untuk pembaca. Jenis ini menjelaskan tentang sesuatu informasi dengan cara memberikan batas pada objek pembahasan dalam tulisan atau teks. Tujuan dari teks ini yaitu agar suatu informasi yang disajikan dapat berbeda dengan yang teks lainnya.

Teks Eksposisi Ilustrasi

ialah jenis teks yang menuliskan penggambaran tentang sesuatu dengan cara menjelaskan detail bagian-bagian tertentu yang dirangkai dengan detail dan rinci. Kemudian ada beberapa contoh jenis teks ilustrasi ini yang digunakan untuk menjabarkan dua hal berbeda tapi memiliki hubungan satu sama lain tapi tidak membandingkan antarakeduanya.

Teks Eksposisi Proses

Teks eksposisi proses adalah jenis teks yang berisi tentnag penjelasan langkah-langkah atau step by step dari sebuah proses tertentu dengan tujuan agar proses tersebut bisa lebih mudah dilakukan, dipraktekkan dan dipahami. Umumnya jenis teks eksposisi ini digunakan untuk menjelaskan tutorial atau cara untuk melakukan sesuatu hal.

Teks Eksposisi Klasifikasi

Teks eksposisi klarifikasi adalah jenis teks dari eksposisi yang menjelaskan mengenai sesuatu berdasarkan kelompok-kelompoknya. Pengelompokan dalam penulisan teks eksposisi klasifikasi tujuannya adalah untuk menjabarkan setiap kelompok agar lebih mudah dipahami dan jelas bagi pembaca.

Teks Eksposisi Perbandingan

Teks eksposisi ini merupakan teks atau tulisan yang mennjelaskan tentang membandingkan hal satu dengan yang lainnya sehingga informasi perbandingan lebih mudah dipahami dan lebih jelas bagi pembaca.

Teks Eksposisi Pertentangan

Ini adalah tulisan yang berisi tentang pertentangan antara objek satu dengan objek yang lainnya tapi masih sejenis dalam objek pembahasannya. Umumnya pada penulisan teks eksposisi pertentangan akan digunakan frasa penghubung seperti kata meskipun akan sebaliknya, tetapi, begitu,  dan frasa penghubung lainnya.

Teks Eksposisi Analisis

Ini merupakan jenis teks eksposisi yang terakhir kita bahas, jenis teks eksposisi analis berisikan sebuah proses yang memisahkan masalah dalam tulisan dari sebuah gagasan utama dalam sebuah tulisan.

Masalah yang telah dipisah dalam suatu tulisan diolah untuk dijadikan menjadi sub-sub bagian yang lebih kecil, kemudian dikembangkan seccara berutan dari bagian kecil sebelum-sebelumnya.

Contoh Teks Eksposisi

Ada banyak contoh teks eksposisi yang sering kita baca di media tulis, kamu bisa lihat di contohnya di koran majalah, atau di buku sekolah. Tidak hanya itu, sekarang juga sudah banyak contoh teks eksposisi yang ditulis di media online. Berikut ini contoh teks eksposisi yang bisa kalian baca dan jadikan sebuah referensi :

Contoh Teks Eksposisi Laporan

Tesisnya :

Dalam sepuluh tahun kedepan apabila pemerintah tidak cepat bertindak maka hutan Sumatra akan segera hilang. Hilangnya hutan di Sumatra juga akan menjadi salah satu faktor musnahnya hutan di Kalimantan. Hutan yang telah dikelola tidak menunjukan adanya perubahan sampai sekarang.

Pengelolaan hutan yang dilakukan tidak hanya menunjukkan adanya tanda-tanda perbaikan dibandingkan tahun sebelumnya.

Justru cenderung semakin memburuk akhir-akhir ini. Kebakaran hutan akan terus terjadi dan begitu juga dengan penebangan liar yang semakin meningkat. Ditambah lagi dengan adanya rencana pembukaan lahan hutan lindung yang akan digunakan sebagai pertambangan. Keadaan ini sudah jelas akan membuat nasib hutan semakin suram.

Argumentasinya :

Sudah terlihat sangat memprihatinkan keadaan hutan Indonesia sekarang ini. Hutan Indonesia diperkirakan mengalami penurunan lahan seluas 64 juta hectare dalam waktu kurang lebih lima puluh tahun ke depan. Kemusnahan keanekaragaman hayati diakibatkan adanya pembukaan hutan alam di dataran rendah Sulawesi.

Spesies flora dan fauna yang jumlahnya jutaan mulai terancam punah. Pembukaan lahan yang semena-mena dengan cara membakar hutan akan menambah masalah kerusakan pada hutan. Munculnya badai El Nino semakin memperburuk kondisi hutan.

Titik kebakaran yang terjadi di hutan perkebunan 8%, alang-alang 13%, rawa gambut sebanyak 49%, permukiman dan pertanian masyarakat 10%, hutan dataran rendah 10%, dan sisanya rawa non gambut di Pulau Sumatera. Kerugian yang banyak diakibatkan dari kebakaran hutan yang terjadi disini. Tahun 1997 Indonesia diperkirakan mengalami kerugian mencapai sekitar Rp 2-4 triliun.

Penegasan Ulangnya :

Belum cukup 2 malasalah tersebut teratasi. Pembukaan kawasan hutan lindung yang digunakan untuk areal pertambangan telah direncanakan Pemerintah akan menambah masalah baru. Jelas dengan Kebijakan ini akan semakin memperparah penderitaan hutan Indonesia baik di Kalimantan ataupun di Sumatera.

Contoh Teks Eksposisi Analisis

Tesis

Pertanian di Indonesia sampai sekarang masih aktif untuk menjalankan pertaniannya di banyak tempat. Namun, ironisnya, masih banyak petani, terutama buruh tani yang masih mengalami kesulitan memenuhi kebutuhan ekonomi mereka.

Hal seperti ini seharusnya tidak terjadi, namun kenyataannya berbeda. Kerja keras para petani tidak sebanding dengan yang didapatkan oleh para pedagang dan tengkulak dari segi keuntungannya.

Rangkaian Argumentasi

Menurunnya ekonomi para buruh tani disebabkan karena tengkulak menguasai pasar dan mempermainkan harga hasil pertanian dari para petani. Dan hal ini sudah berlangsung lama dan sampai sekarang masih banyak ditemukan di Indonesia.

Kurangnya perhatian dan peran pemerintah mensejahterakan petani juga merupakan salah satu penyebab menurunnya ekonomi pada buruh tani. Apabila pemerintah lebih intens lagi dalam memerhatikan kesejahteraan para petani, mungkin saja semangat hidup para petani juga akan makin bertambah yang kemudian berdampak pada perkembangan dan pertumbuhan ekonomi

Walaupun sebenarnya ruang lahan pertanian di indonesia masih begitu luas jika dibandingkan dengan ruang pertanian di negara beda, tapi produksi pertanian di indonesia masih kalah dengan beberapa negara yang memiliki lokasi lebih sempit seperti Thailand, India, China, Vietnam, atau bahkan negara-negara maju seperti Amerika dan Australia.

Permasalahan ini bisa timbul karena salah satu masalah yang dihadapi oleh para petani yaitu keterpurukan ekonomi sehingga menyebabkan petani enggan melakukan inovasi dalam bidang pertanian, karena para petani sendiri masih repot mengurusi dan menafkahi keluarganya sendiri.

Penegasan Ulang

Jika pondasi ekonomi Negara ini dibangun dari pertanian maka nasib dari para petani secara ekonomi akan lebih baik. Tapi pemerintah sekarang lebih mengutamakan industry dan teknologi yang tidak mementingkan kekayaan alam dari tanah di Indonesia. Padahal potensi pertanian indonesai dengan tanahanya yang subur juga dapat meningkatkan perekonomian rakyat.

Contoh Teks Eksposisi Perbandingan

Tesis

Mempelajari objek empiris yang ada di alam semesta ini disebut dengan ilmu alam. Ilmu yang mempelajari berbagai gejala dan peristiwa yang sesuai  dengan objek kajiannya dan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Dikarenakan obejek yang menjadi kajiannya tersebut maka ilmu alam juga sering disebut dengan pengetahuan empiris. Dimana terdapat asusmsi tentang suatu objek yang diteliti.

Objek yang telah dipelajari tersebut tidak pernah ada perubahan dalam perpektif waktu dan tempat dan juga memiliki persamaan objek satu dan lainnya. Menganggap bahwa setiap gejala bukan merupakan bagian dari gejala yang memiliki sifat kebetulan.

Argumentasi

Ilmu yang mempelajari manusia dengan semua yang ada di dalam hidup ini disebut ilmu sosial termasuk di dalamnya seperti hubungan satu sama lain, ciri khas dan tingkah laku. Terjadi dalam lingkup individu ataupun secara bersama-sama baik sedikit atau banyak orang.

Objek kajian ilmu sosial tentu berbeda dengan objek yang dikaji dalam ilmu alam. Tingkah laku atau tindakan khas maanusia, tidak deterministic dan bebas merupakan material dari objek ilmu sosial.

Pendalaman objek kajian di dalam ilmu sosial memiliki beberapa karakter seperti objek pendalaman kompleks dan sifat objek yang berubah-ubah yang mempersulit sebuah pengamatan. Sedangkan objek pada ilmu sosial diktahui tidak bersifat berulang, dan keterkaitan peneliti dengan objek penelitian terkadang susah untuk diperkirakan. Dalam menjelaskan ilmu sosial maka harus dibutuhkan penjelasan-penjelasan yang lebih rinci dan mendalam untuk dapat menerangkan suatu masalah.

Penegasan Ulang

Yang membedakan antara ilmu sosial dan ilmu alam ada pada bagian prosedur secara ilmiah. Karena pada ilmu alam biasanya mempelajari hal-hal yang lebih objektif, dunia fisik, dan tidak hidup jadi hal ini dalam waktu tertentu tidak akan mengalami perubahan.

Sedang untuk ilmu sosial adalah hasil dari sebuah proses pemikiran manusia yang memiliki sifat emotif dan subjektif yang merupakan tingkah laku dari manusia sendiri yang khas. Namun dari kedua ilmu tersebut memiliki manfaat yang sama pentingnya untuk kelangsungan hidup manusia.

Contoh Teks Eksposisi Definisi

Tesis

Disekitar rumah atau tempat kita tinggal pasti banyak ditumbuhi pohon pisang. Buah pisang sangat baik untuk kesehatan karena mengandung vitamin A, B, B6, C dan juga mineral seperti kalium, fosfor, magnesium, kalsium dan zat besi dan juga mengandung karbohidrat.

Semua bagian dari pohon pisang dketahui memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

Argumentasi

Daun pisang dapat digunakan sebagai alat pembungkus makanan atau bahkan pembungkus tempe. Selain bermanfaat untuk kesehatan, didalam daun pisang juga terdapat zat polifenol yang bisa digunakan sebagai  antioksidan dalam tubuh manusia.

Kandungan seperti antioksidan ini dapat menangkal radikal bebas. Apabila ketika makanan dibungkus dengan daun pisang maka makanan tersebut memiliki kandungan antioksidan yang berasal dari daun pisang.

Kandungan seperti serat, mineral, fosfor, zat besi, vitamin C dan vitamin B1, protein serta lainnya terkandung di dalam Jantung Pisang. Sehingga mengkonsumsi jantung pisang dapat mencegah stroke, menurunkan kolesterol, diabetes, anemia, dan gondok.

Penegasan Ulang

Banyak manfaat dari segi kesehatan saat mengkonsumsi buah pisang. Baik dengan mengkonsumsi secara langsung, ataupun dengan mengolahnya terlebih  dahulu.

Ketika panen pisang sebaiknya bagian dari pohon pisang lainnya bisa dimanfaatkan dengan baik untuk dikonsumsi atau lainnya. Karena dengan berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari buah pisang dan juga bagian yang ada di pohonnya, sebelum dipanen harus dimanfaatkan dan diolah dengan baik untuk dijadikan peluang usaha.

Contoh  Teks Eksposisi Klasifikasi

Tesis

Lidah buaya sudah terkenal sejak dulu dengan berbagai manfaat untuk kehidupan manusia baik dalam dunia kesehatan ataupun dalam perawatan kecantikan. Tanaman lidah buaya juga memiliki nama lain yang sudah sering kita kenal dengan Aloe Vera.

Ciri khas dari tanaman ini adalah berbentuk panjang daunnya, ukuran tebal dan memiliki warna hijau, di daun yang tebal ini terdapat daging daun yang berwarna bening.

Argumentasi

Tanaman ini sudah banyak dikenal dengan berbagai manfaatnya, tapi masih banyak orang yang tidak melihat ini sebagai sebuah bisnis atau peluang usaha yang sangat menguntungkan.

Bahkan para peneliti mengungkapkan banyak manfaat yang diberikan tanaman ini.

  • Lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk mengobati bekas luka agar cepat sembuh, seperti luka bakar ataupun luka cedera.
  • Dengan memiliki sifat anti-inflamasi, lidah buaya dapat memperlambat peradangan berkat kandungan asam lemak. Hanya dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area peradangan dapat mencegah peradangan baru dan menghentikannya.
  • Membantu proses detok dan meningkatkan pencernaan tubuh adalah manfaat dari lidah buaya. Selain itu, Lidah buaya juga bisa menjadi obat pencahar yang baik dan sangat membantu untuk mengobati sakit sembelit.
  • Manfaat ant-jamur dan anti-bakteri juga dimiliki lidah buaya sehingga sering digunakan untuk berbagai produk kesehatan.
  • Obat penyakit diabetes juga merupakan salah satu manfaat lain dari lidah buaya karena dapat menurunkan kadar gula dalam darah ketika rutin mengkonsumsinya.

Penegasan Ulang

Tanaman lidah buaya yang kita kenal sebelumnya hanya untuk perawatan kecantikan rambut, ternyata memiliki banyak manfaat kesehatan yang didapatkan ketika digunakan dengan cara dikonsumsi. Tanaman ini sangat lengkap menawarkan kesehatan bagi kebutuhan tubuh kita.

Contoh Teks Eksposisi Pertentangan

Tesis

Ekonomi rakyat merupakan bagian dari kegiatan ekonomi rakyat banyak. Kegiatan seperti pertanian oleh petani, perikanan oleh nelayan , peternakan sapi dan kambing merupakan salah satu kegiatan ekonomi rakyat.

Argumentasi

Kita sering mendengar tentang ekonomi untuk rakyat dari rakyat, dan oleh rakyat bukan? Itu seperti slogan demokrasi kita dari rakyat untuk rakyat yang berarti semua kegiatan ekonomi berhubungan dengan penguasaan rakyat atas sumber daya ekonomi yang ada di dalam negeri ini.

Kata oleh rakyat ini memiliki arti semua proses produksi dan konsumsi dilakukan oleh raykat. Sehingga raykat mempunyai hak pengelolaan semua proses produktif dan konsumtif di dalam negeri.

Masyartakat sendiri punya pilihan untuk memilih memanfaatkan sistemnya baik dari jumlah yang dimanfaatkan, proses pemanfaatannya apa saja, siapa yang akan memanfaatkannya dan bagaimana proses untuk menjaga kelestarian tersebut serta semua hal yang berkaitan yang dikerjakan oleh masyarakat.

Penegasan Ulang

Dapat dikatakan bahwa ekonomi rakyat  memiliki kegiatan transaksi yang dapat dilakukan juga dengan “non-ekonomi-rakyat”.  Tidak adanya sebuah batasan yang berhubungan dengan besarnya, jenis produk, modal, jenis usaha dan lainnya.

Ekonomi rakyat tidak bersifat eksklusif  melainkan cukup bersifat inklusif dan terbuka. Walaupun begitu, sifat fundamental ini menciptakan suatu sistem ekonomi yang terdiri dari pelaku ekonomi, mekanisme transaksi, norma dan juga kesepakatan yang khas. Secara umum hal tersebut telah memberikan fasilitas ekonomo rakyat agar terus bertahan dan berkembang melalui perkembangan dari ekonomi dan sosial di masyarakat.

Contoh Teks Eksposisi Ilustrasi

Tesis

Pendidikan merupakan senjata  yang paling ampuh, karena pendidikan dapat mengubah dunia. Dengan adanya pendidikan kita bisa mengetahui banyak hal yang bisa dimanfaatkan di dalam kehidupan.

Argumentasi

Pendidikan di Indonesia saat ini tergolong cukup baik. Karena pihak dari pemerintah sudah menggelontorkan banyak dana di sector pendidikan seperti membangun sekolah dan memberikan pendidikan gratis bagi anak bangsa. Dan yang terpenting lainnya dalam pendidikan harus diimbangi dengan minat atau keinginan dari para anak bangsa untuk berperstasi dan keinginan belajar yang tinggi.

Dengan peran pemerintah dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia, para anak bangsa harus menyadari bahwa pemerintah sudah memperhatikan pendidikan di Indonesia agar bisa mencerdaskan bangsa. Karena itu anak bangsa harus memberikan prestasi terbaik untuk negeri ini karena masa depan bangsa adalah di tangan penerus bangsa yaitu kalian para pelajar.

Penegasan Ulang

Pendidikan adalah kunci sukses atau keberhasilan suatu bangsa karena itu kita sebagai anak bangsa harus mempertahankan pendidikan Indonesia yang lebih baik. Selain itu kita juga harus memberikan penyeimbang yang baik dalam sistem pendidikan Indonesia yang mungkin masih banyak kekurangan di dalamnya.

Contoh Teks Eksposisi Proses

Tesis

Hujan merupakan salah satu bentukan proses presipitasi dan juga bentukan dari proses siklus hidrologi.

Argumentasi

Hujan terjadi karena proses evaporasi yang dilakukan oleh sinar matahari yang menghantarkan energi panas. Pada proses ini, air yang ada di bumi ini biak yang ada di danau, sungai, laut dan lainnya akan menguap yang diakibatkan dari suhu panas sinar matahari sehingga terjadi kumpulan uap air. Uap-uap air  ini akan terangkat ke udara  melalui proses kondensasi.

Sesudah proses kondensasi terjadi maka uap air akan menjadi embun dikarenakan suhu di sekitar uap air yang lebih rendah dari titik embun air yang ada. Jika suhu udara lebih tinggi maka akan membuat titik embun ini menjadi banyak dan disitulah awan terbentuk.

Penegasan Ulang

Itulah proses pembentukan awan yang menghasilkan hujan atau menurunkan air ke bumi. Jika musim kemarau tiba maka air di bumi akan kembali menguap dan akan menjadi awan lagi dan mengulasi proses terjadinya hujan nantinya.

 

Copyright 2016 - 2019